Virtual

sumber gambar : thenextweb.com

sumber gambar : thenextweb.com

Suatu kali, teman saya pernah cerita. Kakeknya adalah orang sakti, demikian pengakuannya. Suatu hari dia sedang duduk santai bersama kakeknya di sebuah kamar tua yang minim ventilasi, agak pengap. Sebagai pelengkap ada hidangan penganan dan minuman teh hangat secukupnya. Dalam keasyikan sang kakek bercerita, tiba-tiba muncul pisang rebus ditengah ketela rebus yang terhidang dalam piring. Aneh. Padahal tidak orang yang menyuguhkan, nenek sekalipun.

Terpaksa cerita dihentikan. Kakek membuka pisang, namun tidak dimakan. Hanya senyuman yang muncul disudut bibir. Kakekpun mengatakan kepada temanku, bahwa baru saja beliau mendapat pesan dari temannya di daerah Kediri. Tidak diberitahu apa isi pesan itu. Itulah komunikasi yang dibangun oleh kakek sahabat saya dengan karib yang jaraknya cukup berjauhan. Ilmu apakah yang digunakan untuk mengirim pesan tadi? Lewat media apa, sehingga pisang rebus bisa terkirim?

» Read more

Nilai Kepribadian

sumber gambar : koran-jakarta.com

sumber gambar : koran-jakarta.com

Dalam setiap aktifitas, apalagi dalam bekerja, kita pasti dinilai oleh orang lain. Sebagai karyawan akan dinilai oleh atasan. Dosen akan dinilai rektor atau tim penilai. Guru dinilai oleh kepala sekolah. Pedagang akan dinilai oleh pelanggan. Penilaian ini tak lepas dari pengalaman dan kesukaan hati. Tingkah laku atau kepribadian seseorang ada kalanya sama, mirip atau bahkan kontra dengan kepribadian kita. Menilai atau memandang tak pernah lepas dari kehidupan sebagai cermin kapan kita bergerak pada saat tertentu dan kapan kita diam pada saat tertentu pula.

» Read more

Kecakapan Hidup

sumber gambar : in.explara.com

sumber gambar : in.explara.com

Kehadiran manusia dalam komunitas bermasyarakat tidak sekedar berupa ujud badan atau fisik semata. Hidup dalam bermasyarakat artinya selalu berperan aktif dalam setiap menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat itu sendiri. Karena gerak masyarakat dinamis, tak jarang persoalan yang timbul tidak sedikit. Setiap saat hamper ditemua permasalahan yang bersinggungan dengan orang lain dan bahkan justru masuk dalam lingkaran yang pelik.

Oleh karena itu, menyelesaikan pergolakan dalam masyarakat tidak bisa diselesaikan hanya bermodalkan waktu yang cepat, apalagi hanya dibekali ketrampilan yang sederhana. Diperlukan orang yang trampil dan berpengalaman. Pendidikan sejak dini sangat diperlukan untuk difungsikan sebagai individu yang siap dalam menata pergaulan dengan lingkungan.

» Read more

Ulumul Qur’an

ulumulMinggu lalu, saya mengantar anak ke toko buku sosial agensi yang berada disebelah timur Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta. Memang selama ini anak dan istri lebih senang membeli buku di sosial agensi. Karena koleksi bukunya cocok dengan yang diharapkan. Saya sendiri senang ke gramedia, atau kalau ada pameran buku.

Setelah buku terpilih dan membayar dengan harga yang tertera, kami lantas meninggalkan toko buku. Tepat di pintu keluar, saya melihat salah satu karyawan sedang membaca jurnal. Bukunya lebar. Bentuk dan kemasannya mirip dengan jurnal Ulumul Qur’an. Karena penasaran, sayapun bertanya langsung kepada karyawan tadi. Benar saja, buku jurnal Ulumul Qur’an.

» Read more

Khotbah Jum’at (1)

Hadirin sidang jum’at yang dimuliakan Allah

Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga pada siang hari ini, kita masih diberi kesempatan untuk mengagungkan asma Allah, mengingat Allah, memenuhi panggilan Allah, dalam majelis yang sangat mulia yaitu melaksanakan ibadah sholat jum’at. Seminggu sekali kita asah kembali kadar keimanan kita, seminggu sekali kita isi ruhani  dengan mendengarkan bimbingan rasul dan jalan yang telah ditetapkan oleh Allah swt.

Saya berdiri disini selaku khotib, untuk mengingatkan kepada diri kami pribadi dan jama’ah yang berbahagia, untuk selalu meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah, yaitu dengan selalu menjalankan perintah Allah dan meninggalkan segala larangan-larangan Allah.  Sholawat serta salam semoga selalu terlimpahkan kepada kekasih Allah junjungan kita nabi besar Muhammad saw. Kepada sahabat-sahabatnya, keluarga dan juga kaumnya sampai akhir zaman nanti.

» Read more

5 Peran Guru

Mengenyam pendidikan di abad-21 sangat berbeda dengan masa sebelumnya. Teknologi informasi sangat berperan dalam alih budaya yang semakin cepat. Era digital menuntut setiap orang untuk berpikir cepat dan tepat.
Cepat saja tidak mungkin. Bisa salah sasaran. Andai salah sasaran, dan tidak mampu memperbaiki, ia akan semakin tersesat. Jauh dari jalan yang mestinya ia tempuh.

» Read more

1 2 3 28