Mendidik adalah Pilihan

sumber gambar : sahabatyatim.com

Ny Yayah Komariah selalu setia mendampingi kelima bila mereka belajar. Topik yang dibicarakan adalah suka-suka, tergantung keinginan mereka. Namun yang paling seru dan sering dibicarakan adalah pada mata pelajaran Matematika. Hasan yang baru berumur 7 tahun, mempunyai cita-cita menjadi astronot dan suatu saat ingin ke Planet Mars. Vida, sang kakak ingin menjadi guru. Sungguh mulia harapan mereka. Ruangan depan yang berukuran 3 x 3 menjadi arena untuk memacu diri, agar tidak kalah dengan teman-teman yang sempat mengenyam di bangku sekolah. Itulah kisah yang saya nukilkan pada buku Home Schooling terbitan kompas, 2007.

» Read more

Membangun Pendidikan Karakter

Disinyalir perjalanan bangsa Indonesia sedang menuju jurang kenistaan. Pondasi dasar dasar berbangsa dan bernegara tidak lagi menjadi pedoman utama. Pancasila dan Undang Undang Dasar tahun 1945, hanya dibaca secara formal pada waktu seremonial. Upacara bendera, rapat kerja, dan pertemuan formal.

Bencana alam, menjadi berita sehari-hari. Anehnya, menurut beberapa ahli, bencana alam disebabkan karena ulah manusia sendiri. Tawuran antar sekolah, antar kampung, antar suku. Lebih mengenaskan lagi, pertentangan antar lembaga Negara. Saling lempar tugas, antara atasan dan bawahan.

Ada 8 tanda-tanda sebuah masyarakat yang akan mengalami kebangkrutan.

» Read more

Kesulitan Belajar : Kenali Penyebabnya

sumber gambar : koleksi pribadi

Sebenarnya banyak anak-anak yang tidak bodoh. Mereka cerdas sesuai dengan bidangnya masing-masing. Kalau ada orang yang mengatakan bahwa anak tersebut tidak pandai, mungkin dia melihat hanya dari satu sisi saja. Orang pandai tidak hanya lugas dalam ilmu pengetahuan. Ia juga cekatan dalam berinteraksi dengan manusia dan lingkungan. Banyak ukuran untuk mendeteksi bahwa seseorang bisa dikatakan pandai.

Justru yang sering terjadi, kita tidak menyediakan cukup lahan untuk anak-anak bisa berkembang sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing. Selain itu, banyak orang tua dan guru tidak mampu menyembuhkan kala anak menghadapi kesulitan belajar. Situasi ini akan menambah rentetan mengkatagorikan anak yang dikatagorikan tidak pandai. Mestinya sebagai orang tua, khususnya guru mampu mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi oleh anak.

» Read more

Penilaian Abad 21

Kita sepakat bahwa model soal pilihan ganda adalah model yang paling jelek. Karena pilihan ganda mengajarkan kepada anak didik tidak berpikir kreatif. Pilihan ganda menuntun siswa untuk berperilaku gambling. Model soal ini mentradisikan siswa hanya memilih satu diantara 4 atau lima jawaban yang tersedia.

Pilihan di atas benar untuk keadaan tertentu, tapi tidak sepenuhnya salah untuk situasi tertentu pula. Pilihan ganda dapat digunakan manakala peserta test melibatkan orang banyak. Sehingga cara penilaian lebih efektif dibanding dengan menggunakan model uraian. Validitas soal pilihan ganda juga tidak kalah dibanding dengan jenis uraian.

Setiap butir soal dianalisis dengan menggunakan instrumen tertentu, yang sebelumnya juga telah diukur indikator, kompetensi dasar, dan hal-hal lain yang memenuhi syarat cara pembuatan soal pilihan ganda.

» Read more

Pengolahan Data : Hasil Main Survey AKSI 2019

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bekerja sama dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) terus berupaya untuk meningkatkan Pendidikan. Permendikbud Nomor 4 Tahun 2018 yang berisi tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar menunjukkan sikap kepedulian terhadap Pendidikan.  Bambang Suryadi, sebagai ketua BSNP menilai bahwa “UNBK telah terbukti efektif meningkatkan indeks integritas dalam pelaksanaan UN. Tantangan kita berikutnya adalah meningkatkan prestasi dan capaian dalam UN. Untuk itu perlu ada perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran,”

Lebih jauh, Muhajir Effendy selaku mengungkapkan bahwa “Secara substantif kita meningkatkan kualitas soal ujian, baik ujian nasional maupun ujian sekolah berstandar nasional, yaitu dengan memasukkan secara bertahap standar yang disebut High Order Thinking Skill (HOTS). Kita juga sudah latih guru-guru untuk dapat membuat soal dengan standar HOTS,”

» Read more

Pembelajaran Matematika di Era 4.0

Ikan tuna tak pernah berdiam diri apalagi hanyut tertelan aliran air sungai. Tuna selalu menantang arus. Bahkan sesekali berloncatan. Tak heran orang selalu berburu ikan tuna. Selain gerakannya lincah dan gesit, daging tuna enak dirasa.

Begitulah ibarat profesi seorang guru. Gerakannya tidak stagnan. Berdiam diri menunggu perintah. Guru harus berburu. Menunaikan tugasnya sesuai dengan ikrar saat di wisuda sebagai seorang pengajar. Mengabdi itu harus mencari seuatu yang baru, yang mutakhir, sesuai dengan isyu-isyu kekinian. Energi tak terbuang percuma. Energi itu ibarat minyak yang memasok ke hulu api agar menyala sepanjang masa.

Sebagai ungkapan ucapan terima kasih, seorang guru harus sudah familier dengan Teknologi Informasi (TI). Perkembangan TI yang sejalan dengan deret geometri harus dikejar meskipun berjalan tertatih menapaki deret arimatika. Pelan tapi pasti bergerak, akan lebih baik bila dibandingkan dengan berlari tapi setapak demi setapak. Kontinuitas itulah yang diutamakan.

» Read more

Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah


Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah bukanlah organisasi formal. Keduanya tidak sama kedudukannya dengan Dinas Pendidikan. Jangankan orang tua, bupati atau walikota, masih banyak yang belum mampu membedakan antara Dewan Pendidikan, Komite Sekolah dan Dinas Pendidikan. Dewan pendidikan kota Yogyakarta seakan-akan seperti Dinas Pendidikan yang berada di bawah struktur pemerintahan dibawah bupati/walikota. Padahal posisi Dewan Pendidikan sebenarnya sejajar dengan bupati/walikota dan Dewan Perwakilan Rakyat.

Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah memang tidak mempunyai peran sebagai excecuting agency. Tidak seperti Dinas Pendidikan yang memang mempunyai fungsi pelaksanaan urusan pendidikan. Oleh karena Dewan Pendidikan tidak memiliki peran dalam urusan pelaksanaan inilah, maka Dewan Pendidikan dipandang sebagai organisasi tak bergigi.

» Read more

1 2 3 14