Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah


Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah bukanlah organisasi formal. Keduanya tidak sama kedudukannya dengan Dinas Pendidikan. Jangankan orang tua, bupati atau walikota, masih banyak yang belum mampu membedakan antara Dewan Pendidikan, Komite Sekolah dan Dinas Pendidikan. Dewan pendidikan kota Yogyakarta seakan-akan seperti Dinas Pendidikan yang berada di bawah struktur pemerintahan dibawah bupati/walikota. Padahal posisi Dewan Pendidikan sebenarnya sejajar dengan bupati/walikota dan Dewan Perwakilan Rakyat.

Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah memang tidak mempunyai peran sebagai excecuting agency. Tidak seperti Dinas Pendidikan yang memang mempunyai fungsi pelaksanaan urusan pendidikan. Oleh karena Dewan Pendidikan tidak memiliki peran dalam urusan pelaksanaan inilah, maka Dewan Pendidikan dipandang sebagai organisasi tak bergigi.

» Read more

Pengembangan Kontens Berbasis Web

Usia 8 Tahun bukanlah tua, bahkan terlalu muda bagi sebuah institusi berskala Nasional dan Internasional. Apalagi institusi yang memiliki tanggung jawab yang sangat besar dan berat. Mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebuah kalimat yang dahsyat. Meskipun negara ini sudah berumur 74 tahun, namun membuat rakyat cerdas tak mengenal kata usai.

Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemdikbud) telah meluncurkan Rumah Belajar. Sebuah web yang menjadi salah satu pilar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Web tersebut harus selalu dirawat dan dikembangkan, sehingga mudah dipakai oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja.

» Read more

Lesson Study

Lesson study adalah sebauh ilmu yang mempelajari bagaimana mengajar. Menyampaikan informasi kepada siswa yang disesuaikan dengan kondisi riil di kelas. Pelaksanaan Lesson Study (LS) tidak boleh sendiri. Ini harus dibantu dengan teman yang lain, lebih simpelnya kolaborasi. Sistem kolaborasi ini yang menjadi salah satu tonggak abad ke-21

Materi yang disampikan oleh Dr. Sugiman menarik untuk dikaji lebih dalam dalam komunitas tertentu. Meskipun di daerah yang sama, belum tentu antar sekolah memiliki kesamaan. Karena setiap lembaga pendidikan memiliki ciri khas dan karakter tersendiri. Sangat tepat dijadikan salah satu model untuk mencari pembelajaran.

» Read more

kalkulator

sumber gambar : pugam.com

Orang bilang sebagai mesin hitung. Kalkulator sangat membantu dalam melakukan perhitungan. Kejadian yang semula dilakukan secara manual, memakan waktu dan tenaga. Dengan adanya kalkulator pekerjaan hitung menghitung menjadi lebih ringan. Lebih efisien dan efektif.

Kalkulator sebagai hasil dari teknologi belum banyak dimanfaatkan dalam
dunia pendidikan, khususnya penggunaannya sebagai alat bantu. Salah satu sebabnya adalah masih banyaknya pendapat yang pro dan kontra mengenai dampak penggunaan kalkulator terhadap ketrampilan berhitung siswa.
Sekarang kalkulator masih lebih banyak dipakai dari segi kepraktisan. Petugas statistik, pedagang, bendahara dll. Penggunaan kalkulator dalam proses belajar mengajar masih dibayangi rasa takut karena termakan mitos. Masih banyak orang tua yang menyangsikan penggunaan kalkulator dalam pelajaran. Mitos itu hanyalah bayangan, yaitu sebuah kisah yang berlatar belakang masa lalu namun mengandung kebenaran. Mitos seperti ini berkebalikan semangat keilmuan. Ciri keilmuan adalah mengungkap fakta yang sebenarnya.

» Read more

Budaya Prestasi

“Setiap prestasi dibangun melalui usaha dan kerja keras, mustahil kita meraih prestasi dengan bermalas-malasan.” Demikian salah satu intisari dari pidato Mendiknas, Muhammad Nuh, pada acara Silaturahmi dan Penyerahan Penghargaan bagi Siswa, Guru, Dosen, dan Tenaga Kependidikan yang berprestasi.

Begitulah. Sebuah kalimat yang menyentuh. Patut untuk direnungkan. Budaya prestasi adalah merupakan bagian dari budaya keunggulan. Mereka mengejar keunggulan karena mereka sangat butuh. Orang yang membutuhkan sesuatu, pasti akan mengusahakan dengan sekuat tenaga. Tak beda jauh dengan prestasi. Mereka mengejar prestasi tak hanya kebutuhan, tapi ekspresi, pengakuan.

Prestasi adalah hasil yang telah dicapai dari aktivitas yang telah dilakukan atau dikerjakan oleh seseorang atau komunitas. Marilah kita urai satu persatu, hal-hal yang dibangun dan dibudayakan dalam rangka memupuk mentalitas berkompetisi dan berprestasi.

» Read more

Untuk Anak Kita Kelak

Setelah Ujian Nasional (UN) tertunaikan, langkah berikut menggapai pendidikan yang lebih tinggi. Belajar tak pernah mengenal titik. Selalu tanda koma setelah huruf terakhir. Kata berantai menjadi kalimat. Kalimat berkelindan menjelma jadi sebuah paragraf. Lembaran selalu tersedia, andai mau membuka.Ilmu tak kan mungkin habis diserap. Pena tak kan mungkin kering untuk menorahkan satu-dua huruf dan angka.

Bulan Maret hingga Mei, adalah bulan perjuangan. Minggu demi minggu yang menyesakkan. Di bulan-bulan tersebut kata evaluasi menjadi senjata bagi setiap yang menggunakan. Berpuluh-puluh catatan harus dibongkar lagi demi mendapatkan ingatan.

Saat ini tak ada bedanya dengan dengan waktu tahun lalu, maupun masa depan. Bahkan ada sekolah yang rela untuk mendatangi rumah siswa sejak bulan Januari. Ujian menjadi kata yang sakral bagi seorang siswa yang mampu menatap masa depannya sendiri. Ujian ibarat batu terakhir untuk meloncat ke arena yang baru.

» Read more

Memperbaiki dan Memotivasi

Predator sexual marak lagi. Bahkan masyarakat tidak segan menengarai kekerasan seksual terhadap anak sudah masuk ke katagori siaga satu. Media asing menulis bahwa Indonesia merupakan Negara dengan tingkat pedofilia paling tinggi di Asia. Setelah kasus Jakarta International School beberapa tahun lalu, berturut-turut terungkap kisah Andri Sobari alias emon, tragedi karyawan taman kanak-kanak di Surabaya, kini muncul lagi seorang guru yang tega gaghi siswi SD.

Secara medis, luka akibat kekerasan seksual dapat disembuhkan dalam waktu relatif cepat. (Dalam kasus tertentu penyakit yang ditimbulkan tahap penyembuhannya memerlukan waktu yang lama). Secara psikologis, dampak dari kekerasan seksual terhadap anak perlu waktu yang lama. Bisa jadi untuk waktu yang akan datang, korban kekerasan ini justru menjadi aktor utama (predator).

» Read more

1 2 3 13