Si Tukang Omong Di Kelas Sepuluh

Dengan wajah tertunduk, saya mengakui bahwa saya punya banyak kesalahan dan sering menghadapi kegagalan selama berprofesi sebagai guru. Dan kalau guru salah, ada sekian ratus siswa yang mungkin merasakan akibatnya. Salah satu keslahan terbanyak yang pernah saya lakukan adalah : kegagalan menahan diri dari menilai siswa lewat kesan pertama, memberi stereotip tertentu dengan melihat sesuatu yang hanya ada di permukaan, dengan sempitnya ilmu dan dangkalnya pemahaman.

Saya tak bisa ingat lagi semua siswa yang telah saya perlakukan tak adil seperti di atas, namun ada satu nama yang masih melekat : Arlan Soebarna.

Di tempat saya mengajar, sekolah mengadakan evaluasi keseluruhan setiap tiga bulan, yang membahas semua komponensekolah, termasuk kedisiplinan siswa. Tahun lalu, nama Arlan Soebrata dari kelas sepuluh selalu masuk pembahasan. Hampir semua guru mengeluhkan kelakuannya yang membuat suasana belajar jadi tidak “kondusif” (saya letakkan kondusif dalam petik karena maknanya berbeda bagi tiap orang).

» Read more

Mengadili Sistem

Pembahasan KPK akan terus bergulir mengiringi sang waktu berjalan. Antara penguatan dan pelemahan posisi KPK terus disorot. Tampak kedua kubu saling silang pendapat. Meskipun secara de fakto dan de yure, pimpinan KPK yang baru telah mendapat persetujuan dari DPR. Kubu yang berseberangan akan tetap mengungkit cacat pemilihan pimpinan KPK.

Daya dan upaya akan terus dilakukan dari kubu penolak keberadaan pimpinan KPK yang baru. Salah satu jalur yang ditempuh lewat tangan Presiden. Tapi istana tak bisa berbuat apa-apa, karena merestui 10 calon capim yang telah direstui oleh DPR. Jalan lain yang masih ditempuh dengan menggelar demo ataupun perlawanan nitizen lewat media sosial.

KPK itu awalnya cuma ad hoc. Hanya sekedar komisi. DPR saat itu meloloskan lembaga ini karena tuntutan reformasi. Masyarakat memandang bawa kepolisan dan kejaksaan mandul. Bahkan hingga sekarang.

» Read more

Menjaring Tenaga yang Handal

Manusia memiliki dua sisi yaitu fisik dan psikis. Dua sisi ini tidak bisa dipisahkan, dalam keadaan yang normal. Namun dalam kondisi tertentu, psikis dapat bertahan lama. Sementara kondisi fisik sangat tergantung dari umur.

Beberapa waktu yang lalu, saya menulis bagimana cara mendapatkan sumber daya manusia yang handal. Namun kajiannya hanya dibahas masalah kemampuan psikis (soft skill). Kali ini saya mencoba mengupas sedikit, bagaimana cara memperoleh tenaga yang handal dari segi fisik.

Sebuah tujuan akan dapat dicapai dengan memanfaatkan sarana yang efektif dan efisien, manakala menggunakan organisasi. Pengertian organisasi bukan mengacu pada banyaknya orang yang terlibat, namun seberapa besar waktu dan tenaga yang digunakan untuk mencapai tujuan. Disinilah peran SDM dalam mengorganisir potensi yang ada.

» Read more

Apa itu Sagisandro?

Apa itu Sagisandro? Sagisandro makhluk ciptaan JIS – IGI  Propinsi DIY. JIS adalah Jaringan Informasi Sekolah, IGI merupakan Ikatan Guru Indonesia. Sebuah organisasi profesi yang bergerak dalam peningkatan mutu pendidikan. Sagisandro adalah sebuah pelatihan atau workshop untuk pembuatan media pembelajaran berbasis android dan videoscribe.

Di dalam android sendiri, banyak menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang sering digunakan java, pada saat ini banyak tools yang disediakan guna mendukung bahasa didalam membuat aplikasi android antara lain bahasa java namun tidak semua aplikasi android proses pembuatanya menggunakan bahasa pemrograman selain java.

» Read more

Etika dalam Organisasi ERCI

Berorganisasi sejatinya belajar memahami, belajar untuk menjadi dewasa. Tidak ada kepuasan yang langgeng dari sebuah paguyuban bersama. Adanya cuma kepuasan sesaat. Karena manusia tidak akan pernah merasa puas. Kepuasan hanya bisa diperoleh manakala tujuan seketika terpenuhi. Detik berikutnya, orang akan mencari yang lebih tinggi. Sayangnya manusia lupa bahwa untuk mencapai tujuan, dia perlu orang lain, diperlukan kerjasama untuk memperoleh keinginan. Itulah hakekat belajar memahami karakter orang lain, belajar lebih dewasa untuk memahami dirinya sendiri.

» Read more

UKIN (Uji Kinerja) PPG (Program Profesi Guru)

sumber gambar : koleksi pribadi

Semua profesi yang ada di negara Indonesia dituntut untuk menjadi professional. Tidak terkecuali untuk menjadi guru. Karena menjadi guru yang professional pada masa kini sangatlah berbeda. Kompetensi yang harus dicapai tidak sedikit. Bahkan boleh dikatakan kompleks. Salah satu yang harus dipenuhi adalah mengikuti Program Profesi Guru (PPG).

PPG adalah tahap akhir untuk menciptakan guru professional dan menjaga kualitas guru. Dengan uji kinerja dan uji kemampuan, kompetensi guru menjadi terukur dan terarah. Untuk lulus uji kompetensi di akhir program PPG, peserta harus melalui dua tahap yaitu uji pengetahuan dan uji kinerja. Jadi uji kompetensi mengharuskan seluruh pendidikan profesi wajib melalui proses ujian seperti ini sesuai kebijakan dan aturan yang ada.

» Read more

Investasi Diri

sumber gambar : https://www.bernas.id/61469-ketahuilah-investasi-terbaik-dan-paling-menguntungkan-saat-ini.html

Bosan dengan rutinitas, merasa tak berkembang di perusahaan tempat bekerja, dan ujung-ujungnya merasa mentok dengan karier. Itulah “lagu lama” yang diulang-ulang. Anda sendiri mungkin merasakannya, atau setidaknya mendengar teman mengeluh seperti itu. Siapa yang harus disalahkan?

Paling baik, tentu saja, instrospeksi dan koreksi diri: mungkin semua karena kekurangan kita, yang tidak mampu mengembangkan (potensi dan kompetensi) diri sesuai tuntutan perusahaan. Sebab, kalau dipikir-pikir, pastilah tidak ada perusahaan yang berniat menghambat karier karyawannya.

» Read more

1 2 3 11