Investasi Diri

sumber gambar : pakarinvestasi.com

Bosan dengan rutinitas, merasa tak berkembang di perusahaan tempat bekerja, dan ujung-ujungnya merasa mentok dengan karier. Itulah “lagu lama” yang diulang-ulang. Anda sendiri mungkin merasakannya, atau setidaknya mendengar teman mengeluh seperti itu. Siapa yang harus disalahkan?

Paling baik, tentu saja, instrospeksi dan koreksi diri: mungkin semua karena kekurangan kita, yang tidak mampu mengembangkan (potensi dan kompetensi) diri sesuai tuntutan perusahaan. Sebab, kalau dipikir-pikir, pastilah tidak ada perusahaan yang berniat menghambat karier karyawannya.

» Read more

Belanja

sumber gambar : merdeka.com

oleh : Hermawan Kertajaya

Ini adalah The Buzzword of Today di dunia pemasaran. Saya belum menemukan terminologi yang tepat dan pas dalam bahasa kita, tanpa kata-kata itu kehilangan makna. Saya pikir, apa salahnya untuk sementara menggunakan kata-kata tersebut supaya bisa menghayati maknanya. Sebab, itulah gejala yang memang terjadi saat ini.

Kini konsumen makin pintar menilai benefit yang ditawarkan dibandingkan dengan harga yang harus mereka bayar. Konsumen Jepang, misalnya, yang selama bertahun-tahun mau membayar harga lebih tinggi utnuk produk yang sama, sekarang sudah tidak mau lagi. Merekamenuntut kualitas tinggi dengan harga yang wajar. Runtuhnya bubble economy merupakan indikator bahwa mereka tidak mau lagi membeli produk yang sama dengan banyak ekstra-yang sebenarnya tidak mereka butuhkan-dengan harga tinggi. Mereka jadi sadar bahwa dengan begitu, nilai sebenarnya yang mereka terima rendah.

» Read more

Menjadi Konsumen yang Cerdas

Sudah sering, bahkan terlalu sering mendengar keluhan dari konsumen yang dikecewakan oleh pihak produsen (toko, terutama yang menerapkan pembayaran dengan sistim mesin). Mereka mengeluhkan harga yang tertera di label berbeda dengan harga yang ada di kasir. Harga pasti lebih mahal. Mereka inilah yang teliti dalam membeli. Jumlahnya lebih sedikit dari pembeli yang lain. Bagi yang kurang teliti, terkadang uang kembalian tidak pernah dihitung. Langsung masukkan ke saku atau dompet.

» Read more

Fluktuatif Ekonomi

Membaca status face booknya Prayitno Ramelan selalu menarik. Beliau adalah seorang pensiunan Angkatan Udara bergelar Marsda TNI Purna. Seorang pengamat politik, terutama masalah intelijen. Topik yang beliau angkat lebih banyak bidang politik ditinjau dari sisi intelijen. Saya kenal dengan beliau lewat sosial media terutama jalur literasi : kompasiana. lebih jauh tentang beliau, baca saja di http://ramalanintelijen.net/profile. Berikut ini salah satu tulisannya.

Tadi pagi Pray dan team mengundang Dr. Aviliani, seorang pakar Ekonomi untuk berdiskusi masalah kondisi perekonomian Indonesia yg akhir2 ini dikhawatirkan oleh beberapa pihak akan memburuk, dengan indikasi terjadinya gejolak nilai tukar rupiah terhadap US dolar.

Dr. Aviliani SE, MSi adalah profesional dan ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Sekretaris Komite Ekonomi Nasional. Ia juga menjabat sebagai ekonom INDEF.

Dalam intelstrat, komponen ekonomi harus terus dimonitor, karena memburuknya perekonomian akan berpengaruh thd stabilitas polkam. Fakta mencatat, penyebab turunnya Pak Harto dan Gus Dur terutama disebabkan pengaruh negatif perekonomian Indonesia saat itu. Intelstrat terus melakukan pulbaket, juga dari penjelasan Menku di DPR RI.

» Read more

Manajemen Partisipatif

Rapat kerja, Musyawarah Daerah (Musyda) atau rapat-rapat lain yang semakna, tentu memiliki tujuan yang mulia nan baik. Itikadnya adalah mengevaluasi kinerja yang telah dilakukan dan merancang kegiatan berikutnya. Sasarannya agar sekelompok orang yang menjadi obyek garapan menjadi lebih baik.

Dalam musyawarah, tidak hanya keputusan yang menjadi perhatian utama, namun bagaimana sebuah keputusan dapat direalisasikan sesuai dengan harapan. Oleh karenanya pembagian tugas menjadi sangat penting untuk mengurai hasil keputusan.

» Read more

Seorang Manajer jangan sampai Dibohongi Anak Buah

koleksi pribadi

Sebagai seorang manajer, Anda sudah pasti dibekali beberapa kemampuan untuk mengetahui dan menilai karayawan. Penilaian yang digunakan berdasarkan standar yang berlaku, bukan atas dasar suka atau tidak suka. Sebab organisasi yang akan dibangun berada diantara oraganisasi lainnya yang sejenis, dan semuanya ingin menuju ke puncak. Padahal juara hanya satu. Oleh karenanya persaingan tak bisa dihindari.

Ditengah maraknya persaingan yang semakin ketat dan kompetitip, sebagai manajer tidak boleh main-main dalam menentukan posisi seseorang terhadap suatu pekerjaan. Olehkarenanya, manajer dengat tingkat jam terbang yang lebih banyak, biasanya akan membawa sebuah organisasi dengan bendera berkibar.

» Read more

Mendinamiskan Organisasi

Beberapa hari yang lalu saya sempat membesuk tante saya, yang opname di rumah sakit Sardjito setelah sebelumnya selama satu minggu mondok di rumah sakit umum wonosobo. Sebagimana biasanya, orang terprovokasi oleh omongan orang lain, bahwa rumah sakit Sardjito adalah salah satu rumah sakit rujukan. Selama hampir satu minggu tidak ada perkembangan yang berarti, om saya terprovokasi juga oleh kabar dari orang lain, dibawalah pasien (tante) ke Yogyakarta dengan tujuan rumah sakit Sardjito.

Tiga malam berturut-turut, saya menyempatkan diri membesuk. Saya juga bisa bertemu dengan saudara sesama trah dari mbah saya. Sudah barang tentu kesenangan yang muncul dari hati saya, karena lebaran kemarin tak sempat bersua dengan mereka.

» Read more

1 2 3 9