Sri Hartini tak Sendirian

sumber gambar : news.liputan6.com

sumber gambar : news.liputan6.com

Bupati Klaten Sri Hartini yang sekarang dalam masa menghadapi pengadilan tipikor tak sendirian. Masih banyak kolega yang bernasib sama. Sama jabatannya, sama nasibnya. Beliau didakwa atas dasar penyalahgunaan jabatan sebagai seorang nomor satu di Kabupaten Klaten. Bermain-main dengan kewenangan yang ia sandang, mengakibatkan terkena oparasi tangkap tangan oleh komisi anti rusuah.

Dalam keterangan di hadapan majelis hakim dan jaksa penuntut umum (JPU) yang diketuai Afni Carolina, Nina memberikan pengakuan yang menghebohkan. Perempuan yang juga menjadi ajudan Sri Hartini saat terdakwa menjabat sebagai Wakil Bupati Klaten itu mengaku suap jual beli jabatan di lingkungan Pemkab Klaten merupakan hal yang biasa.

» Read more

Menikmati Kehidupan

kehidupan

Dimanakah sekarang Anda berada? Di kantor, kampus, taman, atau sedang di rumah? Bahkan mungkin Anda sedang dalam perjalanan? Dimanapun saat ini Anda berada, pertanyaan berikut : enjoykah Anda? Ya. Menikmati aktifitas mestilah harus rasa enjoy, tanpa paksaan, tidak juga merasa tertekan.

Aktifitas yang rutin kita kerjakan merupakan keharusan. Loh kok bisa? Ya. Bekerja adalah kewajiban. Kuliah merupakan keharusan bagi mahasiswa. Sekolah juga kewajiban bagi siswa. Istirahat, bersantai, olahraga, nonton pertunjukan, apakah bukan suatu kewajiban? Tentu iya. Istirahat adalah saat meregangkan otot dan pikiran. Tidak mungkin bekerja secara terus menerus. Ada hak otak dan otot untuk relaksasi, sekalipun hati berkata “lanjutkan”.  Olahraga adalah sarana yang tepat membakar kalori. Kalori yang tertanam harus kita enyahkan, bila kolesterol ingin lenyap. Bermain musik adalah sarana untuk meredakan pikiran. Bermusik adalah mengembangkan apresiasi sekaligus mempertajam inspirasi. Semua kegiatan di atas bisa dirasakan manfaatnya, tergantung seberapa besar kita bisa menyerap kenikmatan hidup.

» Read more

Mengembangkan Jaringan Alumni

IMG-20170524-WA0142

Saya mulai mengajar di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta sejak tahun 1991. Dari tahun itu hingga kini masih krasan di tempat yang sama. Karena memang belum ada yang memindahkan. Lokasinya saat itu masih di jalan Sultan Agung no. 14, tepat di depan gedung bioskop Permata yang sekarang sudah lenyap.

Sekolah sudah masuk pagi hari. Konon sebelumnya masuknya siang hari karena memang belum memiliki gedung. Jumlah kelas seluruhnya ada 9 kelas dan berada di kelas bekas SMP Muhammadiyah 2 (putri). Gedung tersebut masih satu lokasi dengan kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Termasuk tipe bangunan lama. Konon kabarnya, saat masih di jaman kompeni, salah satu ruangannya dipakai untuk kamar mayat londo yang meninggal.

» Read more

Komunikasi

Kebudayaan dibentuk dikarenakan ada komunikasi, ada dialog antar person dalam koloni. Hubungan antar manusia bisa berjalan disebabkan karena ada saling pengertian. Tidak mungkin manusia membentuk masyarakat tanpa ada saling tegur sapa yang efektif. Dalam pengertian lebih luas lagi, pergaulan antar sesama bisa berjalan dengan lancar, karena satu dengan lainnya sudah saling mengetahui maksud dan tujuan, apa yang menjadi keinginan masing-masing orang. Misalnya, bila saya berpapasan dengan sesorang, maka saya akan mengatakan “hai”, “met pagi”, “mo kemana? “udah makan lom?’ Dst. Orang yang saya ajak berbicarapun akan menjawab sesuai dengan maksud dan tujuan saya. Dialog yang terjadi antara dua orang atau lebih, akan nyambung bila masing-masing telah mengetahui inti dari bahan obrolannya. Dengan demikian maka komunikasi dalam lingkungan yang setara akan berjalan efektif.

» Read more

Olyq dan Olympicad Bersatulah

unnamed

Olympicad, mungkin dari sebagaian pembaca baru membaca. Mengapa bukan olympiade yang sudah tenar terutama di kalangan akademisi. Olympiade adalah ajang kompetisi untuk mengukur kecerdasan, terutama dalam bidang sains. Namun akhir-akhir ini merambah ke bidang yang lain. Seperti sejarah, budaya dan sosial lainnya. Bahkan keagamaan juga memakai olympiade. Lalu apa hubungannya dengan olympicad.

» Read more

Menggapai Kesuksesan

Tembong Prasetyo menyetakan bahwa ada 7 (tujuh) langkah yang dapat kamu terapkan untuk dirimu dalam mengejar cita-cita karier di masa depan. Langkah-langkah itu antara lain :

Berpikir Positif

Jika ingin sukses, seseorang harus berani untuk menghilangkan pemikiran-pemikiran negatif dalam melihat kenyataan di sekitarnya. Dengan berpikir positif, seseorang akan mempunyai semangat yang kuat untuk menikmati kehidupan. Dengan berpikir positif, seseorang juga akan selalu mengambil hikmah dari segenap kejadian demi kesuksesan pencapian kariernya di masa depan.

Memiliki Kreativitas

Kesuksesan akan diraih sesorang apabila ia kreatif dalam menjalani kehidupan. Masa remaja merupakan masa yang menuntut kreativitas penuh. Oleh karena itu, hal yang terpenting yang dilakukan adalah mengasah kreativitas agar dapat berprestasi semaksimal mungkin.

» Read more

Berani Selenggarakan UNBK


20170308_112053

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mudah-mudahan pertama kali digulirkan. Penyelenggara tidak mungkin akan berani melaksanakan tanpa ada persiapan yang matang terutama sesi latihan. Sudah beberapa kali dilakukan uji coba, terutama untuk kesiapan sarana pendukung. Diantaranya ruang, listrik, hardware (komputer, laptop), teknisi dan panitia itu sendiri.

Saya baru pertama kali memenuhi tugas menjadi pengawas uji coba UNBK, setelah sebelumnya juga dilaksanakan uji coba yang serupa. Kali ini sekolah saya mengambil lokasi di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Di sekolah kami belum memenuhi syarat untuk menyelenggarakan sendiri, terutama ruangan yang representatif untuk kegiatan tersebut. Dari pengamatan sekilas yang saya alami ada beberapa catatan, apabila UNBK dilaksanakan secara mandiri

» Read more

1 2 3 6