Menjadi Simpatik dengan Komunikasi

Menjadi simpatik tidak datang seketika. Simpatik dibangun sejak dini dengan landasan dasar “tidak meremehkan orang lain”. Kunci ini manjur dalam setiap pergaulan. Dengan siapapun, kapanpun dan dimanapun. Wajah simpatik yang alami datang dari hati, karena menghormati orang lain.
Dengan gestur tubuh yang sipatik, sebenarnya orang lain sudah menaruh hormat kepada kita. Apalagi bila dibarengi dengan tutur kata yang menenteramkan. Bertambahlah rasa empatinya. Berkomunikasi juga perlu latihan secara terus-menerus. Tak mengenal finish. Karena komunikasi menjalin kebersamaan dalam kesetaraan.

» Read more

Menjual Kepercayaan

koleksi pribadi

koleksi pribadi

Kegiatan rutinitas pagi, siang hingga malam tiap orang berbeda. Masing-masing punya kesibukan tersendiri. Demikian pula halnya dengan saya sendiri. Kegiatan rutin yang selalu berulang kadang lupa ada momen tertentu yang mestinya dibagi kepada orang lain. Pagi ini, aktifitas pagiku sarapan diseputar Lempuyangan Yogyakarta.
Tersebab karena kebiasaan, pandangan yang yang semula biasa saja tiba-tiba ada sekelebat pandangan sehingga saya harus mengabadikan suasana salah satu pom bensin. Padahal kereta api lali lalang yang diselingi dengan suara pluit dan horn. Cukup memekakkan telinga.
Lokasinya di seputar Lempuyangan, tepatnya  sebelah timur Stasiun Kereta Api. Berhadapan dengan kantor DPD Golkar Kota Yogyakarta atau Warung Ijo langgananku. Warung hijau yang legendaris menyediakan makanan tradisonal. Lokasinya cukup  luas. Fasilitas pendukung cukup tersedia. Dengan kode 41 menandakan bahwa usaha menjual bahan bakar minyak tersebut milik pemerintah.

» Read more

Peningkatan Kualitas dengan AMT

gambar : koleksi pribadi

gambar : koleksi pribadi

Perlukah motivasi diberikan dalam dunia pendidikan? Tentu saja sangat perlu. Dalam setiap kebijakan yang dibuat oleh stake holder pasti tersisip kalimat yang tersurat ataupun yang tersirat tentang motivasi. Apalagi setiap guru yang akan mengajar diwajibkan untuk memberi motivasi kepada siswanya. Mengapa demikian? Karena untuk meraih prestasi. Apalagi yang akan diraih dalam pendidikan kalau bukan prestasi?

Dari waktu ke waktu, lembaga pendidikan selalu meningkatkan kinerja dan mutu pendidikan. Berbagai carapun dilakukan untuk memotivasi setiap insan pendidikan.  Berbagai upaya dilakukan untuk meraih prestasi yang optimal. Salah satu cara yang dilakukan dengan mengadakan pelatihan motivasi dengan berbagai variasinya. Ada Achievement Motivation Training (AMT), ada out bond ada pula Emitional Spriritual Quotion (ESQ).

» Read more

Kembalikan Jati Diri RT dan RW

Diselingi cemilan, pembicaraan rencana kerja bakti renovasi jalan kampung, menemui jalan nyaris buntu karena tahapan pembuatan anggaran. Kacang godog menjadi menu utama pada setiap pertemuan RT dihelat. Tahu pong, penganan renyah lainnya menjadi music pengiring  pembicaraan yang cenderung tanpa arah dari setiap warga bila saat berkumpul. Arisan, tetangga yang akan punya gawe, rehab rumah adalah salah satu sarana komunikasi dan area berkumpulnya anggota masyarakat. Walaupun setiap hari bersua, namun ngobrol tak kan pernah habis dikupas. Kenikmatannya menjadi orang dikampung seperti ini. Semua lebur, tanpa pembatas status sosial. Banyolan seketika bisa meletup, menawarkan lumernya otak yang telah diperas beberapa hari.

RT (rukun tetangga) adalah sebuah komunitas ciptaan pendahulu kita. Sebuah sarana budaya yang adi luhung sebagai perekat masyarakat. Tidak ada yang mengetahui secara persis kapan RT muncul pertama kali. RT bukan merupakan pembagian administrasi dari kelurahan, namun pembentukannya berdasarkan atas musyawarah mufakat dari masyarakat setempat. Pembagian RT juga tidak mengaju pada banyaknya keluarga atau berdasarkan demografi.

» Read more

Empati dan Motivasi

oleh : Hernowo

sumber gambar : rumahfilsafat.com

sumber gambar : rumahfilsafat.com

Kebermaknaan hidup saya dapat tampil secara luar biasa karena saya memiliki dua kekayaan emosi: empati dan motivasi. Empati berkaitan dengan kehidupan bersama, kehidupan yang melibatkan seluruh manusia di muka bumi ini; sementara motivasi berkaitan dengan diri-lebih-dalam (inner self) masing-masing orang. Saya merasakan, betapa akan sangat kering kerontang dan membosankannya hidup jika tidak disentuh oleh empati dan motivasi. Saya juga meyakini–sebagaimana ini diyakini oleh Eric Jensen, penulis Brain-Based Learning–bahwa hanya emosi yang dapat memberi arti.

» Read more

Kecakapan Hidup

WB023131

Kehadiran manusia dalam komunitas bermasyarakat tidak sekedar berupa ujud badan atau fisik semata. Hidup dalam bermasyarakat artinya selalu berperan aktif dalam setiap menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat itu sendiri. Karena gerak masyarakat dinamis, tak jarang persoalan yang timbul tidak sedikit. Setiap saat hamper ditemua permasalahan yang bersinggungan dengan orang lain dan bahkan justru masuk dalam lingkaran yang pelik.

Oleh karena itu, menyelesaikan pergolakan dalam masyarakat tidak bisa diselesaikan hanya bermodalkan waktu yang cepat, apalagi hanya dibekali ketrampilan yang sederhana. Diperlukan orang yang trampil dan berpengalaman. Pendidikan sejak dini sangat diperlukan untuk difungsikan sebagai individu yang siap dalam menata pergaulan dengan lingkungan.

» Read more

Waktu

oleh : Bondan Winarno

WAKTU ADALAH SUATU SUMBER DAYA YANG PERLU DIKELOLA.

ORANG INDONESIA DINILAI SEBAGAI BANGSA YANG TIDAK

MENGHIRAUKAN KETERBATASAN DAN KEKUATAN WAKTU.

WAKTU SELALU BERBEDA DENGAN JANJI. (KI)

be a clock watcher be a good manager of time(Louis B. Lundborg)

MUNGKIN Anda tidak kenal Almarhum Lundborg, seorang bijak yang banyak menulis tentang etika manajemen. Ketika memimpin Bank of America, Lundborg-lah yang meluncurkan VISA suatu sistem universal untuk pembayaran melalui bank.

Waktu memang suatu sumber daya yang perlu dikelola. Orang Indonesia sudah terlalu lama diejek sebagai manajer waktu yang buruk.

» Read more

1 2 3 7