Seorang Manajer jangan sampai Dibohongi Anak Buah

koleksi pribadi

Sebagai seorang manajer, Anda sudah pasti dibekali beberapa kemampuan untuk mengetahui dan menilai karayawan. Penilaian yang digunakan berdasarkan standar yang berlaku, bukan atas dasar suka atau tidak suka. Sebab organisasi yang akan dibangun berada diantara oraganisasi lainnya yang sejenis, dan semuanya ingin menuju ke puncak. Padahal juara hanya satu. Oleh karenanya persaingan tak bisa dihindari.

Ditengah maraknya persaingan yang semakin ketat dan kompetitip, sebagai manajer tidak boleh main-main dalam menentukan posisi seseorang terhadap suatu pekerjaan. Olehkarenanya, manajer dengat tingkat jam terbang yang lebih banyak, biasanya akan membawa sebuah organisasi dengan bendera berkibar.

» Read more

Mendinamiskan Organisasi

Beberapa hari yang lalu saya sempat membesuk tante saya, yang opname di rumah sakit Sardjito setelah sebelumnya selama satu minggu mondok di rumah sakit umum wonosobo. Sebagimana biasanya, orang terprovokasi oleh omongan orang lain, bahwa rumah sakit Sardjito adalah salah satu rumah sakit rujukan. Selama hampir satu minggu tidak ada perkembangan yang berarti, om saya terprovokasi juga oleh kabar dari orang lain, dibawalah pasien (tante) ke Yogyakarta dengan tujuan rumah sakit Sardjito.

Tiga malam berturut-turut, saya menyempatkan diri membesuk. Saya juga bisa bertemu dengan saudara sesama trah dari mbah saya. Sudah barang tentu kesenangan yang muncul dari hati saya, karena lebaran kemarin tak sempat bersua dengan mereka.

» Read more

Piagam Madinah dan Kepemimpinan

Konsep penulisan Piagam Madinah lasung dari Nabi Muhammad saw. Piagam Madinah merupakan perjanjian antar masyarakat yang hidup di Madinah (dahulu bernama Yatsrib). Pertikaian antar sukulah yang menyebabkan perjanjian ini lahir. Utamanya Bani ‘Aus dan Bani Khazraj.

Dalam catatan sejarah, ada 4 kelompok besar masyarakat yang menghuni Madinah saat itu, yaitu :

Kaum Muhajirin : kelompok masyarakat Mekkah yang hijrah ke Madinah

Suku Anshar : penduduk pribumi

» Read more

Pengangkatan Kepala Sekolah

Sebagai seorang yang selalu mengikuti perkembangan informasi, saya merasa senang Kemendiknas mengeluarkan keputusannya yang membicarakan masalah penugasan guru sebagai kepala sekolah. Surat yang ditungkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas), bernomor 28 tahun 2010 adalah ujud dari regulasi Permen No. 13 Tahun 2007 tentang persyaratan kualifikasi dan kompetensi kepala sekolah. Tanpa mengesampingkan isi dari dua peraturan itu, paling tidak itikad baik kemendiknas telah mereformasi aturan yang dibuat sendiri.

Sebuah kepedulian untuk selalu berubah, sebagai ikhtiar tuntutan jaman. Pernyataan atau aturan bila dikeluarkan, imbasnya pastilah menemui pro dan kontra. Bagi yang setuju, mereka memandang akan sebuah harapan keberadaan sosok kepala sekolah yang memiliki kualifikasi dan kemandirian. Kualifikasi yang telah diukur dengan tingkat kompetensi tertentu. Sedangkan kemandirian adalah sikap seorang kepala sekolah yang tidak tunduk dengan kepentingan-kepentingan yang akan meruntuhkan kewibawaan pendidikan.

» Read more

Stress

Galau, sedih, gembira adalah efek dari stress. Tidak pandang umur, jabatan ataupun suku. Stress menghinggapi semua manusia. Ada juga yang bilang, binatangpun bisa terserang stress. Masih hangat dalam ingatan kita, beberapa ikan lumba-lumba sengaja mendamparkan diri di bibir pantai. Disinyalir, ikan lumba-lumba stress menghadapi keganasan ikan hiu untuk dimangsa.

Disiplin ilmu yang membahas perihal stress, memang belum lama bila dibandingkan dengan umur manusia. Qabil, anak Adam yang bersaudara dengan habil bisa terserang stress. Qabil tidak menerima keputusan kedua orangtuanya untuk dijodohkan dengan Lubuda. Ia tetap menginginkan Iqlima yang telah dijodohkan dengan Habil. Karena tidak bisa menerima kenyataan, Qabilpun membunuh Habil. Hanya untuk mendapatkan perempuan dambaan. Stress dapat menyebabkan pembunuhan.

» Read more

10 Kesalahan Orang Tua terhadap Anak

Membimbing anak, gampang-gampang susah. Atau kalau dibalik susah-susah gampang. Jaman sekarang sudah tentu berbeda dengan saat kita masih kanak-kanak. Perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap psikologi anak. Berikut ini hasil rangkuman tausiyah yang disampaikan oleh Bapak Sadam, S. Ag, yang mengambil dari blognya isdaryanto.

1. Kurang Pengawasan. Robert Billingham menulis “Anak terlalu banyak bergaul dengan lingkungan semu diluar keluarga, dan itu tragedy yang seharusnya diperhatikan oleh orang tua”. Menitipkan anak, atau anak sekolah, kunjungilah secara rutin atau antar dan jemputlah anak bila kegiatan sekolah telah selesai.

» Read more

Menggagas Enterprenur di Sekolah

sumber gambar : youtube.com

sumber gambar : youtube.com

Mencermati penuturan Prof. Dr. Ing. Imam Robandi dalam forum (kaget) kepala sekolah di Kota Yogyakarta, menarik untuk disimak. Saya sebutkan kaget karena memang tidak direncanakan secara matang. Satu dan lain hal kesibukan beliau, maka saat lawatan ke Yogyakarta tak disia-siakan  oleh kepala sekolah Muhammadiyah se Yogyakarta.

Salah satu yang saya cermati adalah, sekolah mesti memiliki naluri berdagang. Kata dagang lebih tepat dikatakan jualan, sangat tidak lazim bila yang melakukan lembaga pendidikan. Pendidikan, bagi sebagian orang masih merujuk pada institusi sebagai wahana transfer nilai dan ilmu. Sangat jauh bila bersentuhan dengan penjualan. Namun kata pak Robandi, kalau sekolah ingin eksis dilingkungan masyarakat salah satu yang harus dilakukan dengan berjulan.

» Read more

1 2 3 8