Menjaring Tenaga yang Handal

Manusia memiliki dua sisi yaitu fisik dan psikis. Dua sisi ini tidak bisa dipisahkan, dalam keadaan yang normal. Namun dalam kondisi tertentu, psikis dapat bertahan lama. Sementara kondisi fisik sangat tergantung dari umur.

Beberapa waktu yang lalu, saya menulis bagimana cara mendapatkan sumber daya manusia yang handal. Namun kajiannya hanya dibahas masalah kemampuan psikis (soft skill). Kali ini saya mencoba mengupas sedikit, bagaimana cara memperoleh tenaga yang handal dari segi fisik.

Sebuah tujuan akan dapat dicapai dengan memanfaatkan sarana yang efektif dan efisien, manakala menggunakan organisasi. Pengertian organisasi bukan mengacu pada banyaknya orang yang terlibat, namun seberapa besar waktu dan tenaga yang digunakan untuk mencapai tujuan. Disinilah peran SDM dalam mengorganisir potensi yang ada.

» Read more

Apa itu Sagisandro?

Apa itu Sagisandro? Sagisandro makhluk ciptaan JIS – IGI  Propinsi DIY. JIS adalah Jaringan Informasi Sekolah, IGI merupakan Ikatan Guru Indonesia. Sebuah organisasi profesi yang bergerak dalam peningkatan mutu pendidikan. Sagisandro adalah sebuah pelatihan atau workshop untuk pembuatan media pembelajaran berbasis android dan videoscribe.

Di dalam android sendiri, banyak menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang sering digunakan java, pada saat ini banyak tools yang disediakan guna mendukung bahasa didalam membuat aplikasi android antara lain bahasa java namun tidak semua aplikasi android proses pembuatanya menggunakan bahasa pemrograman selain java.

» Read more

Etika dalam Organisasi ERCI

Berorganisasi sejatinya belajar memahami, belajar untuk menjadi dewasa. Tidak ada kepuasan yang langgeng dari sebuah paguyuban bersama. Adanya cuma kepuasan sesaat. Karena manusia tidak akan pernah merasa puas. Kepuasan hanya bisa diperoleh manakala tujuan seketika terpenuhi. Detik berikutnya, orang akan mencari yang lebih tinggi. Sayangnya manusia lupa bahwa untuk mencapai tujuan, dia perlu orang lain, diperlukan kerjasama untuk memperoleh keinginan. Itulah hakekat belajar memahami karakter orang lain, belajar lebih dewasa untuk memahami dirinya sendiri.

» Read more

UKIN (Uji Kinerja) PPG (Program Profesi Guru)

sumber gambar : koleksi pribadi

Semua profesi yang ada di negara Indonesia dituntut untuk menjadi professional. Tidak terkecuali untuk menjadi guru. Karena menjadi guru yang professional pada masa kini sangatlah berbeda. Kompetensi yang harus dicapai tidak sedikit. Bahkan boleh dikatakan kompleks. Salah satu yang harus dipenuhi adalah mengikuti Program Profesi Guru (PPG).

PPG adalah tahap akhir untuk menciptakan guru professional dan menjaga kualitas guru. Dengan uji kinerja dan uji kemampuan, kompetensi guru menjadi terukur dan terarah. Untuk lulus uji kompetensi di akhir program PPG, peserta harus melalui dua tahap yaitu uji pengetahuan dan uji kinerja. Jadi uji kompetensi mengharuskan seluruh pendidikan profesi wajib melalui proses ujian seperti ini sesuai kebijakan dan aturan yang ada.

» Read more

Investasi Diri

sumber gambar : https://www.bernas.id/61469-ketahuilah-investasi-terbaik-dan-paling-menguntungkan-saat-ini.html

Bosan dengan rutinitas, merasa tak berkembang di perusahaan tempat bekerja, dan ujung-ujungnya merasa mentok dengan karier. Itulah “lagu lama” yang diulang-ulang. Anda sendiri mungkin merasakannya, atau setidaknya mendengar teman mengeluh seperti itu. Siapa yang harus disalahkan?

Paling baik, tentu saja, instrospeksi dan koreksi diri: mungkin semua karena kekurangan kita, yang tidak mampu mengembangkan (potensi dan kompetensi) diri sesuai tuntutan perusahaan. Sebab, kalau dipikir-pikir, pastilah tidak ada perusahaan yang berniat menghambat karier karyawannya.

» Read more

Namanya Audrey

Namanya Audrey. Masih duduk di bangku SMP. Belum genap 17 tahun. Mestinya ia sekarang masih ceria. Sedang senang-senangnya menikmati masa remaja dengan berbagai macam kegiatan ala anak-anak. Audrey sedang tergolek di rumah sakit. Merasakan sakit akibat perlakuan pengeroyokan sekelompok siswa yang melukai dirinya. Hari demi hari ia lewati dengan penuh luka.
Di Pontianak, Kalimantan Barat, saat ini baru dinaungi mendung kedukaan.  Utamanya orang tua. Mereka cemas menghadapi peristiwa yang sangat menyayat hati. Pola asuh orangtua sudah melenceng jauh dari norma dan fitrah. Kekhawatiran semakin memuncak, bahwa perilaku berandal tak hanya didominasi oleh anak putra. Remaja putripun mempunyai sifat kebengalan, yang setara dilakukan seorang kriminal.

» Read more

3 Perubahan Besar

Berubah itu fitrah. Sebagaimana umur yang setiap saat berubah. Rambut yang semula hitam, lalu memutih. Raga yang dulu kekar, sekarang sudah mulai merapuh.

Berubah itu sunatullah, yang selalu berjalan atas kehendak-Nya. Garis-garis kejadian tak pernah luput dari perhatian sang Khalik. Namun, perubahan bisa diatur dan diantisipasi. Karena sesungguhnya perubahan itu adalah keinginan dari manusia sendiri.

Saat ini, perubahan teknologi amat kencang. Bahkan mempredisipun terkadang menemui kesulitan. Perubahan teknologi tidak bisa diduga. Hampir setiap detik selalu ada perubahan. Perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi perubahan pada gaya hidup.

» Read more

1 2 3 11