Etika dalam Organisasi ERCI

Berorganisasi sejatinya belajar memahami, belajar untuk menjadi dewasa. Tidak ada kepuasan yang langgeng dari sebuah paguyuban bersama. Adanya cuma kepuasan sesaat. Karena manusia tidak akan pernah merasa puas. Kepuasan hanya bisa diperoleh manakala tujuan seketika terpenuhi. Detik berikutnya, orang akan mencari yang lebih tinggi. Sayangnya manusia lupa bahwa untuk mencapai tujuan, dia perlu orang lain, diperlukan kerjasama untuk memperoleh keinginan. Itulah hakekat belajar memahami karakter orang lain, belajar lebih dewasa untuk memahami dirinya sendiri.

» Read more

UKIN (Uji Kinerja) PPG (Program Profesi Guru)

sumber gambar : koleksi pribadi

Semua profesi yang ada di negara Indonesia dituntut untuk menjadi professional. Tidak terkecuali untuk menjadi guru. Karena menjadi guru yang professional pada masa kini sangatlah berbeda. Kompetensi yang harus dicapai tidak sedikit. Bahkan boleh dikatakan kompleks. Salah satu yang harus dipenuhi adalah mengikuti Program Profesi Guru (PPG).

PPG adalah tahap akhir untuk menciptakan guru professional dan menjaga kualitas guru. Dengan uji kinerja dan uji kemampuan, kompetensi guru menjadi terukur dan terarah. Untuk lulus uji kompetensi di akhir program PPG, peserta harus melalui dua tahap yaitu uji pengetahuan dan uji kinerja. Jadi uji kompetensi mengharuskan seluruh pendidikan profesi wajib melalui proses ujian seperti ini sesuai kebijakan dan aturan yang ada.

» Read more

Investasi Diri

sumber gambar : https://www.bernas.id/61469-ketahuilah-investasi-terbaik-dan-paling-menguntungkan-saat-ini.html

Bosan dengan rutinitas, merasa tak berkembang di perusahaan tempat bekerja, dan ujung-ujungnya merasa mentok dengan karier. Itulah “lagu lama” yang diulang-ulang. Anda sendiri mungkin merasakannya, atau setidaknya mendengar teman mengeluh seperti itu. Siapa yang harus disalahkan?

Paling baik, tentu saja, instrospeksi dan koreksi diri: mungkin semua karena kekurangan kita, yang tidak mampu mengembangkan (potensi dan kompetensi) diri sesuai tuntutan perusahaan. Sebab, kalau dipikir-pikir, pastilah tidak ada perusahaan yang berniat menghambat karier karyawannya.

» Read more

Namanya Audrey

Namanya Audrey. Masih duduk di bangku SMP. Belum genap 17 tahun. Mestinya ia sekarang masih ceria. Sedang senang-senangnya menikmati masa remaja dengan berbagai macam kegiatan ala anak-anak. Audrey sedang tergolek di rumah sakit. Merasakan sakit akibat perlakuan pengeroyokan sekelompok siswa yang melukai dirinya. Hari demi hari ia lewati dengan penuh luka.
Di Pontianak, Kalimantan Barat, saat ini baru dinaungi mendung kedukaan.  Utamanya orang tua. Mereka cemas menghadapi peristiwa yang sangat menyayat hati. Pola asuh orangtua sudah melenceng jauh dari norma dan fitrah. Kekhawatiran semakin memuncak, bahwa perilaku berandal tak hanya didominasi oleh anak putra. Remaja putripun mempunyai sifat kebengalan, yang setara dilakukan seorang kriminal.

» Read more

3 Perubahan Besar

Berubah itu fitrah. Sebagaimana umur yang setiap saat berubah. Rambut yang semula hitam, lalu memutih. Raga yang dulu kekar, sekarang sudah mulai merapuh.

Berubah itu sunatullah, yang selalu berjalan atas kehendak-Nya. Garis-garis kejadian tak pernah luput dari perhatian sang Khalik. Namun, perubahan bisa diatur dan diantisipasi. Karena sesungguhnya perubahan itu adalah keinginan dari manusia sendiri.

Saat ini, perubahan teknologi amat kencang. Bahkan mempredisipun terkadang menemui kesulitan. Perubahan teknologi tidak bisa diduga. Hampir setiap detik selalu ada perubahan. Perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi perubahan pada gaya hidup.

» Read more

Peluang

BANYAK ORANG MENGANGGAP PELUANG SEBAGAI SESUATU YANG TIDAK NYATA. TETAPI ADA JUGA ORANG, SEPERTI PAK SADI DARI LAMONGAN, SURABAYA, MELIHAT PELUANG SEBAGAI SESUATU YANG NYATA. PELUANG MENJANJIKAN KEMUNGKINAN-KEMUNGKINAN.

                  oleh : Bondan Winarno

if you run, you might lose

if you don’t run

you are guaranteed to lose

(Jesse Jackson)

JESSE Jackson adalah seorang Amerika berkulit hitam. Banyak orang menyemangati pendeta ini agar ikut berkampanye memperebutkan kursi empuk di Oval Office. Dan ia memang lantas dipilih sebagai wakil Partai Demokrat. Huh? Seorang berkulit hitam legam bakal menjadi presiden Amerika Serikat? Seorang berkulit putih saja diragukan keberhasilannya hanya karena ia bernama Lee Iacocca – nama yang berbau spaghetti.

Lalu, adakah peluang buat Jesse? Peluangnya memang kecil. Tetapi peluang kecil bukan berarti tidak ada peluang. Sejarah telah membuktikan banyak.

» Read more

My Entertainment

Berikut ini tulisan dari ananda Okta Widi Ramadhani dan Sabrina Dira Elena siswa kelas VIIB tentang pengalaman mereka mengelola jualan makanan ringan dan aneka ragam minuman ringan, pada acara Market Day.

Hari pertama, Jum’at 18 Januari 2019 (pulang sekolah. Sore itu, kami bertujuh berkumpul di rumah Bima, akan berbelanja guna kebutuhan Market Day di sekolah. Kami pergi ke Pamela untuk membeli tepung, minyak, saos, dan kecap. Barang-barang kebutuhan rumah tangga untuk masak. Setelah berbelanja, kami kembali ke rumah Bima untuk menaruh barang belanjaan. Usai menaruh barang kami pergi ke teman Inshari untuk berbelanja makroni, bumbu, mayones, dll. setelah semua kebutuhan tertunaikan kami pulang ke rumah masing-masing.

» Read more

1 2 3 10