Alih Generasi

sumber gambar : Erci Jogja

Kepemimpinan selalu menarik untuk dibahas. Kepemimpinan terlalu sayang untuk ditinggalkan. Pepatah mengatakan, meskipun anggotanya banyak tapi kalau kepemimpinannya lemah akan dikalahkan oleh orang yang beranggota sedikit, tetapi kepemimpinannya solid. Seorang pemimpin harus dimunculkan agar sebuah komunitas dapat melakukan gerakan atau kegiatan.

Alih generasi adalah sebuah kepastian. Tidak mungkin seseorang akan terus menerus menjadi pemimpin. Di masa-masa kedinastian atau kerajaanpun, seorang raja pasti menyiapkan penggantinya. Apalagi saat demokrasi semakin mekar dan dijunjung tinggi sebagai sebuah sistim yang terbaik. Pergantian pimpinan atau pengurus adalah sebuah kepastian. Karena warga butuh penyegaran. Komunitas membutuhkan suasana yang baru. Sesuai dengan laju perubahan yang setiap saat pasti berubah.

» Read more

Car Free Day

Car Free Day (CFD) di Klaten telah berumur sekitar 6 tahun. Sebagaimana kota lain, CFD dimaksudkan untuk kegiatan publik tanpa kebisingan kendaraan. Dimungkinkan untuk olah raga dan seni budaya. CFD di pusatkan di Jalan Pemuda yang merupakan jalan protokol. Pejalan kaki adalah yang mendominasi kerumunan, dan diikuti oleh penggemar sepeda. Sepeda motor dan mobil dilarang melintas di jalan satu arah yang membujur utara selatan.

Sebenarnya Klaten termasuk agak terlambat bila dibandingkan dengan kota Yogyakarta dan Surakarta. Mereka telah lama membuka akses jalan untuk kegiatan olah raga dan refreshing, pada jam tertentu. Tak ada kata terlambat, bagi orang yang ingin menggapai sesuatu. Sekarang warga Klaten bebas untuk menggunakan jalur utama sebagai ajang untuk unjuk diri.

» Read more

Idul Fitri Nan Ceria

sumber gambar : antvklik.com

Tradisi Idul Fitri yang telah menasional dapat dipastikan (hanya) milik Indonesia. Di Negara lain, memang ada kebiasaan mudik, seperti di China bila Gong Xi Fat Choi. Mudik adalah milik rakyat. Namun tidak semeriah seperti di Indonesia. Siapapun ikut pulang kampong meskipun mereka tidak beragama Islam. Bahkan ritualnya ikut kecipratan juga. Seperti libur, dagangan laris. Penyelenggara Negara, mulai dari Lurah hingga Presiden harus turun tangan langsung menangani mudik lebaran.

Kebiasaan yang patut disyukuri sebagai forum kekerabatan masal, meski bukan perintah agama, namun tradisi ini telah menyatu dengan ritual agama. Aktifitas masyarakat menjadi semarak. Forum ukhuwah kian meningkat. Membumikan perintah agama kian merata.

» Read more

Kucing

Ahli hadits. Seorang cendekiawan, ulama, dan menjadi guru yang ternama. Dialah Bukhari. Beribu-ribu khadits telah diseleksi, dan dibuang karena sudah tercemar iklim politik, gurita ekonomi, keditaktoran penguasa. “Shahih Bukhari” inilah judul buku karya beliau yang belum tergantikan. Dia manusia biasa. Uniknya penyuka kucing.

Helly Barry, seorang artis kulit hitam mencuat namanya setelah ia berperan dalam filmnya “Cat Women”. Pernah mendapatkan piala Oscar, sebuah pengakuan yang supremasi dalam dunia film. Tidak jelas pasti, mengapa ia mau mengambil peran sebagai seorang wanita yang dapat berubah menjadi seekor kucing. Film Cat Women pun sebenarnya pernah dibuat di Industri Film Mandarin. Bahkan jauh telah diproduksi, sebelum Cat Women-nya Hally Barry.

Cat Stevens. Seorang musisi dari Inggris, yang masuk Islam dan berubah nama menjadi Yusuf Islam, pun tidak tahu menahu, mengapa ia diberi nama “cat: – kucing. Toh pemberian nama oleh orang tuanya pastilah bermaksud baik. Pelantun lagi “Morning Has Broken”, yang sekarang bermukim di Australia, lebih menekuni dakwah. Sekalipun duania tarik suara masih menjadi bagian dari hidupnya.

» Read more

Mengenal Maria Agnesi

Genetika atau keturunan tidak berbanding lurus dengan kecerdasan. Keturunan sangat mungkin untuk kemiripan fisik, tapi bukan pada kepandian, ketrampilan apalagi perilaku. Anak seorang professor belum tentu menjadi orang yang cerdik pandai. Pun demikian anak seorang abang becak tidak linier akan menjadi pengayuh becak.

Andai genetika berlaku hukum perbandingan senilai untuk segala sifat keturunannya, alangkah tidak adilnya dunia ini. Pepatah “siapa menanam, dialah yang mengetam” menjadi pegangan bagi siapapun yang ingin meraih kesuksesan. Berakit-rakit kehulu, beranang-renang ketepian, adalah pepatah yang manjur.

Genetika juga tak mengenal jenis kelamin untuk segala sifat keturunannya. Namun ada pemeo yang belum diuji kebenarannya, bahwa seorang pria mewarisi sifat nalar. Sedangkan wanita lebih cenderung ke ranah perasaan. Suatu ketika pasti ada pengecualiannya. Demikian yang dialami oleh Maria Gaetana Agnesi. Seorang yang dilahirkan sebagai matematikawati.

» Read more

10 Kesalahan Orang Tua terhadap Anak.

sumber gambar : pasarsemarang.com

Membimbing anak, gampang-gampang susah. Atau kalau dibalik susah-susah gampang. Jaman sekarang sudah tentu berbeda dengan saat kita masih kanak-kanak. Perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap psikologi anak. Berikut ini hasil rangkuman tausiyah yang disampaikan oleh Bapak Sadam, S. Ag, yang mengambil dari blognya isdaryanto.

1. Kurang Pengawasan. Robert Billingham menulis “Anak terlalu banyak bergaul dengan lingkungan semu diluar keluarga, dan itu tragedy yang seharusnya diperhatikan oleh orang tua”. Menitipkan anak, atau anak sekolah, kunjungilah secara rutin atau antar dan jemputlah anak bila kegiatan sekolah telah selesai.

» Read more

Terima kasih Blog

Setiap tanggal 27 Oktober, bagi penggemar blog, merupakan ulang tahun blogger. Lahir tepat 27 Oktober 2007, Menkominfo bapak Muhammad Nuh, waktu itu,  mencanangkan hari ulang tahun blogger. Sebuah komunitas dalam dunia tulis menulis yang tersaji dalam dunia maya. Blog tak melulu soal tulis menulis. Gambar, video juga masuk di dalamnya. Bahkan sekarang sedang booming vlog atau blog yang berisi video.

Saya mengenal blog lewat beberapa tulisan, yang dikemudian hari menjadi sahabat. Coretan mereka kadang mampu menggerakkan tangan, pikiran ataupun badan untuk bangkit. Bangkit dari rasa kemalasan, tidak semangat, masa depan tak tampak nyata dll.

» Read more

1 2 3 9