10 Kesalahan Orang Tua terhadap Anak.

sumber gambar : pasarsemarang.com

Membimbing anak, gampang-gampang susah. Atau kalau dibalik susah-susah gampang. Jaman sekarang sudah tentu berbeda dengan saat kita masih kanak-kanak. Perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap psikologi anak. Berikut ini hasil rangkuman tausiyah yang disampaikan oleh Bapak Sadam, S. Ag, yang mengambil dari blognya isdaryanto.

1. Kurang Pengawasan. Robert Billingham menulis “Anak terlalu banyak bergaul dengan lingkungan semu diluar keluarga, dan itu tragedy yang seharusnya diperhatikan oleh orang tua”. Menitipkan anak, atau anak sekolah, kunjungilah secara rutin atau antar dan jemputlah anak bila kegiatan sekolah telah selesai.

» Read more

Terima kasih Blog

Setiap tanggal 27 Oktober, bagi penggemar blog, merupakan ulang tahun blogger. Lahir tepat 27 Oktober 2007, Menkominfo bapak Muhammad Nuh, waktu itu,  mencanangkan hari ulang tahun blogger. Sebuah komunitas dalam dunia tulis menulis yang tersaji dalam dunia maya. Blog tak melulu soal tulis menulis. Gambar, video juga masuk di dalamnya. Bahkan sekarang sedang booming vlog atau blog yang berisi video.

Saya mengenal blog lewat beberapa tulisan, yang dikemudian hari menjadi sahabat. Coretan mereka kadang mampu menggerakkan tangan, pikiran ataupun badan untuk bangkit. Bangkit dari rasa kemalasan, tidak semangat, masa depan tak tampak nyata dll.

» Read more

Ingin Jadi Arsitek? Kemampuan Dasar Hitungan Nomor Dua

Belum lama ini, saya bertemu dengan mantan siswa. Sekarang sudah menjadi arsitek yang cukup handal. Beberapa proyek besar, ia tangani bersama rekan-rekannya. Saat berjumpa terakhir, ia sedang mengerjakan sebuah proyek untuk PLN. Dia termasuk orang yang dipercaya oleh pimpinan proyek dalam setiap pembuatan bangunan. Gedung perkantoran, mall, pasar atau bangunan lain yang berskala besar. Pernah suatu ketika ia presentasi didepan bupati untuk mengerjakan bangunan perkantoran, yang mengharuskan pakai jas. Diakuinya, bahwa ia pertama kalinya pakai jas, seperti memakai baju robot, katanya.

Dulu, sewaktu di sekolah, rasanya dia biasa saja. Tak terlalu istimewa untuk pelajaran matematika. Bahkan tak pernah masuk dalam 10 besar untuk kelas siswa yang berjumlah 40 siswa. Nilai rapot hanya diatas rata-rata sedikit. Pelajaran lainpun setali tiga uang.

» Read more

Deep Purple dan Pola Hidup Penggemar

sumber gambar : uncut.co.uk

Saya mengenal grup music cadas Deep Purple seputar tahun 80-an. Waktu itu masih seumuran SMP. Musik yang saya tahu, saat itu, dan hafal sedikit syairnya adalah Koes Plus, The Mercy’s dan H. Rhoma Irama. Maklum hidup jauh dari kota sebagaisumber informasi.

Penyanyi atau grup music yang berasal dari barat sama sekali belum saya kenal. Saya mengetahui Deep Purple, karena dikenalkan oleh teman saya yang kebetulan pindah dari Solo. Dia kemudian satu kelas sampai lulus SMP.

» Read more

Gazelle Manten

Hampir semua pedagang sepeda kuno di pasar sepeda Pugeran dan dekat Tamansiswa Jogja menyarankan untuk mencari yang merek Gazelle saja ketika awal aku mencari sepeda kuno tahun 2000an dulu. Tahun segitu belum banyak penggemar sepeda kuno, namun ironisnya tidak banyak juga sepeda kuno yang nampak di pasar sepeda. Dari semua Gazelle yang kulihat di pasar sepeda tak ada yang cocok. Baik dari harga, ataupun kondisi dan terlebih ukuran. Umumnya sudah gado-gado atau jika asli harganya sangat tinggi. Alasanku mencari Gazelle adalah beberapa varian sepeda koleksiku kurang terlihat gagah karena ukuran yang nggak sesuai dengan postur tubuhku. Tiga bulan berlalu sia-sia tanpa hasil apapun, hanya membuang uang transport keliling Jawa Timur, DIY, Jateng dan kecurigaan boss karena seringnya aku ijin luar kota.

» Read more

Pola Bilangan dan Ritme Kehidupan

Pembaca pasti tahu barisan ke-10 dari pola bilangan berikut : 2, 5, 8 … Mengapa? Karena barisan bilangan tersebut memiliki pola, yaitu selalu bertambah 3. Demikian pula pada model barisan berikut : 216, 108, 64 … kita akan mengetahui dengan tepat bilangan pada baris ke-8 yaitu 2. Karena pola barisan tersebut, dibagi 2. Memiliki langkah yang selalu tepat dan konstan, dengan mudah kita dapat menangkap untuk peristiwa berikutnya. Bahkan bisa jadi dapat menebak dengan mudah untuk waktu yang akan dating. Semua berpulang pada basic, yaitu pola
Model atau pola barisan matematika tersebut yang sering pula disebut dengan deret.
Barisan angka-angka tersebut bila kita analogika  dengan ritme kehidupan. Ada kesamaan perhitungan didalamnya. Sejak masih kanak-kanak hingga usia dewasa. Step demi step bisa ditebak. Pada usia sekian akan mengalami kejadian seperti apa. Pada umur tertentu seseorang akan mengalami peristiwa tertentu. Karena pada dasarnya ritme hidup manusia bisa diduga.

» Read more

Film Everest Mengajarkan Kehidupan

sumber gambar : seatondevon

Beberapa tahun yang lalu saya pernah membaca buku tentang pendakian gunung tertinggi mount everest di Nepal. Buku itu sejenis catatan jalan seorang penulis. Tepatnya wartawan di sebuah surat kabar. Ia bertutur pengalaman mencapai puncak tertinggi di dunia. Karena seorang wartawan, tulisannya enak dibaca. Gaya turturnya runtut. Sayangnya buku itu cuma aku pinjam di sebuah warung peminjaman buku. Saya pernah mencoba dua kali ke warung tersebut, tapi gagal memperoleh buku itu. Saya juga tak lupa, kalau ke toko buku akan mencari buku tersebut. Hasilnya nihil. Andai saja ada pasti sudah kubeli.
Rasa kecewa karena tidak mendapatkan buku tersebut, sedikit terobati saat ada film Vertical Limit diputar di sebuah stasiun televisi. Meskipun tidak sama, tapi setidaknya pelipur rindu terlunasi. Apalagi beberapa minggu keudian, film tersebut ditayangkan lagi meski stasiun berbeda.

» Read more

1 2 3 9