Menabung atau Hutang

uang]

koleksi pribadi

Dunia perbankan mengalami perkembangan yang cukup tajam. Walaupun dekade yang lalu Indonesia diterjang krisis ekonomi. Perlahan tapi pasti, perjalanan bank di tanah air semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat. Modal utama pengelolaan keuangan lewat lembaga resmi seperti bank memang dari kepercayaan masyarakat.

Bank syariah, yang kemunculannya kurang mendapat respon, ternyata bisa membuktikan bahwa biduk keuangannya tidak terimbas badai krisis ekonomi. Hal ini menambah kepercayaan masyarakat terhadap bank di tanah air. Meski lembaga keuangan yang ilegalpun bermunculan, kehadiran bank syariah memberi tawaran tersendiri di antara problem keuangan yang dihadapi masyarakat.

» Read more

Merenda Pakaian Tuhan

Tiga fungsi utama pakaian adalah melindungi tubuh agar sehat, menutupi kekurangan agar tidak terlihat orang lain, dan memperindah penampilan agar terlihat nyaman memesona. Begitlah Al-Qur’an mengibaratkan pasangan suami istri dengan pakaian. Sufajkan pakaian kita berfungsi sebagaimana harusnya?

Betapa indah ketika al Qur’an menggunakan perlambang pada soal pasangan suami-istri. Al Qur’an menyebut pasangan suami-istri laksana pakaian. “…..mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu pun pakaian bagi mereka….” Secara sederhana, ayat ini dapat dipahami bahwa sang suami menjadi pakaian bagi sang istri, begitu juga sebaliknya. Tentu saja penggunaan simbol ini bukan tanpa tanpa maksud.

» Read more

Kebudayaan Jawa dalam Pusaran Arus Globalisasi

dokumen pribadi

dokumen pribadi

“Ngono yo ngono ning ojo ngono”, “alon-alon waton klakon”, “wong urip mung sawang sinawang” adalah beberapa kosa kata yang sudah mulai dilupakan oleh generasi muda. Mereka lebih mengenal kalimat “time is money”, “I love you”, “mensana incorpore sano”. Kosa kata dalam bahasa Jawa yang sarat makna dalam kehidupan sudah mulai terkikis dalam arus globalisasi. Kehadiran budaya asing bagaikan air bah yang tidak mungkin dapat dibendung. Siapapun yang masih mampu merasakan denyut kehidupan, pasti  akan menghirup budaya globalisasi.

Laju modernisasi semakin merajalela karena pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya teknologi informasi. Di satu sisi laju informasi sangat terasa manfaatnya, namun di pihak lain teknologi informasi bagaikan sebuah pisau tajam yang akan menghujam di ulu hati, sehingga manusia terkapar dan hanyut dalam pusaran modernisasi. Ia bagaikan sebuah buih yang terus diombang-ambingkan dalam gelombang kehidupan. Manusia yang demikian tidak ubahnya seperti robot yang telah diprogram untuk melaksanakan keinginan orang lain.

» Read more

Melawan Teknologi dengan Budaya

sumber gambar : komarudinmz.blogspot

sumber gambar : komarudinmz.blogspot

Dalam duel yang benar, mestinya satu lawan satu. Enam lawan enam, sebelas lawan sebelas. Itu baru imbang. Adil. Dalam perang tidak ada aturan yang menyebutkan harus seimbang (jumlah) dari dua kubu yang bertikai. Kalau jaman dahulu, semakin banyak pasukan yang dimiliki, semakin besar kemungkinan untuk meraih kemenangan. Namun strategi ini tidak berlaku bagi orang yang mau berfikir. Jumlah pasukan lebih sedikit namun tangguh dan memakai stategi lebih banyak memperoleh kemenangan.

Tradisi perang ternyata tidak hanya milik dunia kemiliteran. Politik, ekonomi, budaya dan teknologi juga mengenal istilah perang. Bahkan lebih dahsyat. Bukan otot yang bermain tapi otak. Intrik politik sudah jamak kita ketahui kala memperebutkan kekuasaan. Perang budaya harus dilakukan karena ingin mendapatkan pengaruh. Apalagi ekonomi, yang sumber energi dan alam semakin menyempit.

» Read more

Surat Buat Andy F Noya

sumber gambar : kartun.inilah.com

sumber gambar : kartun.inilah.com

Saya sebenarnya sangat jarang menulis surat. Saat masih sekolah, saya hampir tidak pernah membuat surat ijin maupun surat tidak masuk karena sakit. Dalam pelajaran Bahasa Indonesiapun saya jarang menerima materi pelajaran tentang membuat surat. Pernah sekali atau dua kali membuat surat untuk mengungkap isi hati saya kepada orang lain. Karena isinya tidak jelas, suratpun tak terbalas. Sehingga praktis, sampai sekarang saya sangat jarang membuat surat. Kalau di kantor memang sering membuat surat. Demikian pula sewaktu saya dipercaya menjadi sebuah organisasi masyarakat. Namun, itu semua adalah surat dinas. Surat dinas itu seperti template. Cuma diganti waktu dan tempat saja.

Kali ini, saya akan mencoba membuat surat permohonan yang saya tujukan kepada Bapak Andy F Noya, pengasuh acara Kick Andy yang tersohor itu.

» Read more

Menyebarkan Virus

Dalam sebuah penelitian di laboratorium didapat bahwa virus berkembang

menjadi dua kalinya setiap 20 menit. Bila mula-mula ada 10 virus,

berapa jumlah virus yang terjadi setelah 3 jam.

Tulisan diatas adalah salah satu soal matematika yang tertera dalam tes pendalaman materi dalam rangka menghadapi ujian nasional. Tes tersebut dilaksanakan untuk mengetahui tingkat daya serap terhadap materi pelajaran. Dari 40 soal yang diujikan, ada beberapa soal yang oleh siswa dianggap momok. Satu diantaranya adalah soal diatas. Sulit katanya.

Soal itu termasuk materi barisan bilangan. Disamping barisan bilangan, materi bunga dan bank juga dianggap sukar. Padahal kalau menerima bunga senengnya bukan main. Mengapa kalau berhitung bunga malah jadi bingung? Kalau dikatagorikan, barisan bilangan masuk dalam keluarga aritmatika. Berbeda dengan geometri atau aljabar. Aritmatika tergolong hitungan. Bahkan aritmatika bisa kita jumpai dalam persoalan sehari-hari. Prinsipnya cuma penjumlahan atau pengurangan. Perkalian dan pembagian hanya pengembangan dari bentuk penjumlahan dan pengurangan.

» Read more

Hidup Hemat

sumber gambar : bmtnurulislam.com

sumber gambar : bmtnurulislam.com

Tidak mudah mengendalikan harta yang kita miliki. Saat berlimpah, nafsu ingin semua dimiliki menjadi ranah yang dominan. Karena pada dasarnya manusia itu rakus. Lebih rakus dari seekor semut yang membawa makanan melebihi dari tubuhnya sendiri. Hidup mewah mendekati hedonisme justru menjadi kebanggaan. Saat memiliki manusia lebih kikir dari seekor binatang yang paling kikir. Entah apa nama binatang itu.

Karenanya manusia diberi otak dan hati agar dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Otak untuk menalar, untuk apa harus memiliki barang. Bergunakah untuk pribadi? Adakah sisi kepemilikan barang itu jika dinikmati orang lain? Dan yang penting kemampuan membelinya.

» Read more

1 2