Birokrasi Istana Keropos

sumber gambar : harianhaluan.com

sumber gambar : harianhaluan.com

Mario Puzo lahir di “Hell’s Kitchen” New York, 15 Oktober 1920. Menulis buku “The Dark Arena” dan The Fortunate Pilgrim”. Dua buku itu diakui sebagai karya yang terbaik. Bahkan kritikus novel, memberi acungan jempul dari buku tersebut. Namun di pasaran jeblok. Tidak laku. Pertanda bahwa karya sastra masih memiliki nilai bias. Meski sang pujangga menyanjung tinggi sebuah novel, bukan berarti laku di pasaran.

Mario Puzo tidak patah arang. Ia pun riset perpustakaan tentang kehidupan imigran Itali di Amerika. Seluk beluk ditelusuri. Tradisi, watak, bahkan postur tubuh diamati dengan seksama. Lahirlah karya tulis “Godfather” tahun 1967. Buku yang dikemudian hari menjadi trilogy, tak disia-siakan oleh sutradara bertangan dingin, Francis Coppola.

» Read more

Khotbah Jum’at

khotib2

Sholat Jum’at dilakukan dalam seminggu satu kali bertepatan dengan hari jum’at. Sholat ini wajib dilakukan oleh setiap muslim. Ada sebagian orang Islam yang menyertakan juga bagi muslimah. Itu masalah keyakinan.

Sebelum sholat jum’at dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan khotbah jum’at. Sholat inilah yang membedakan antara sholat jum’at dengan sholat ‘Idul Fitru maupun ‘Idul Adha. Saat sholat jum’at diawali dengan pelaksanaan khotbah, sedangkan pada sholat ‘Id, khotbah dilakukan setelah pelaksanaan sholat.

Karena khotbah dilakukan terlebih dahulu sebelum pelaksanaan sholat jum’at, maka seorang khotib harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Khotbah bukanlah kultum atau pengajian. Khotbah adalah doktrin. Sehingga pelaksanaannya diatur oleh Islam.

» Read more

Deep Purple

deep purple

Saya mengenal grup music cadas Deep Purple seputar tahun 80-an. Waktu itu masih seumuran SMP. Musik yang saya tahu, saat itu, dan hafal sedikit syairnya adalah Koes Plus, The Mercy’s dan H. Rhoma Irama. Maklum hidup jauh dari kota sebagai sumber informasi.

Penyanyi atau grup music yang berasal dari barat sama sekali belum saya kenal. Saya mengetahui Deep Purple, karena dikenalkan oleh teman saya yang kebetulan pindah dari Solo. Dia kemudian satu kelas sampai lulus SMP.

Mulanya terasa asing mendengarkan music yang tidak beraturan. Tapi saya paksakan di telinga, sebagai salah indikasi orang yang gaul dan mengikuti perkembangan jaman. Yang penting ramai dan keras. Saat lagu diputar lewat tape, saat itu masih berbentuk cassette, ada orang bertanya, “lagunya siapa musiknya bagus?” saya jawab “casettenya teman saya, nih… baca sendiri judulnya.”

» Read more

Jadikan Laboratorium Tak Sekedar Pelengkap

koleksi pribadi

koleksi pribadi

Dalam pembelajaran MIPA, Bahasa, TIK  khususnya, pelajaran tidak hanya disampaikan dalam bentuk materi yang bersifat teoritis. Penanaman sikap, mengasah penalaran dan mampu bekerjasama dengan kelompok mestinya diberikan kepada siswa. Karena merupakan kewajiban guru terhadap siswa.

Pembelajaran yang menggunakan sarana laboratorium sangat menunjang keberhasil seorang siswa dalam mencapai target yang diinginkan oleh kurikulum. Guru sebagai fasilitator memanfaatkan laboratorium sebagai sarana interaksi siswa yang ingin mengetahui segala sesuatu dengan jalan percobaan. Demikian pula, siswa juga mendapatkan pengalaman belajar yang lain yaitu dengan bekerjasama dengan orang lain lewat kelompok belajar.

» Read more