Guru Softener

sumber gambar : kompasiana.com

sumber gambar : kompasiana.com

Beberapa hari yang lalu, saya mampir ke tempat teman. Dia rupanya sedang mempersiapkan presentasi untuk diskusi dengan rekan-rekannya. Saya cukup tertarik pada sub bagian makalah, yaitu guru itu kalau membersihkan harus pakai softener.

Karena kata “softener “ cukup memikat, sayapun lantas menyusuri huruf demi huruf. Kali ini saya bagikan kepada pembaca.

Smile

Senyum harus selalu dikulum oleh seorang guru setiap saat dan dimanapun berada. Masuk kelas membawa wajah yang cemberut tak membawa berkah. Siswapun tidak akan merespon materi yang diberikan, meskipun pelajarannya amat penting lagian bagus.

» Read more

Empati dan Motivasi

oleh : Hernowo

sumber gambar : rumahfilsafat.com

sumber gambar : rumahfilsafat.com

Kebermaknaan hidup saya dapat tampil secara luar biasa karena saya memiliki dua kekayaan emosi: empati dan motivasi. Empati berkaitan dengan kehidupan bersama, kehidupan yang melibatkan seluruh manusia di muka bumi ini; sementara motivasi berkaitan dengan diri-lebih-dalam (inner self) masing-masing orang. Saya merasakan, betapa akan sangat kering kerontang dan membosankannya hidup jika tidak disentuh oleh empati dan motivasi. Saya juga meyakini–sebagaimana ini diyakini oleh Eric Jensen, penulis Brain-Based Learning–bahwa hanya emosi yang dapat memberi arti.

» Read more

Uang Sekolah

sumber gambar : mommiesdaily.com

sumber gambar : mommiesdaily.com

Organisasi atau Lembaga tanpa keuangan sama saja dengan sekelompok orang yang berkumpul tanpa arah. Padahal organisasi adalah sekumpulan orang yang memiliki itikad dan tujuan yang sama. Demikian pula sebaliknya, hartanya melimpah tapi tanpa memiliki tujuan, jadilah harta yang menganggur. Ekonom bilang sia-sia.

Sekolah memiliki tujuan. Arah yang akan dicapai telah disepakati bersama. Oleh karenanya menggerakkan sekolah mesti dengan uang, meskipun tidak harus banyak. Dengan uang yang dimiliki, maka tujuan yang hendak dicapai akan terasa ringan karena segala kegiatannya dapat tercukupi.

» Read more

Buku Murah tapi Tidak Murahan

sumber gambar : rifdoisme

sumber gambar : rifdoisme

Beruntunglah saya mendapatkan buku “Kuntowijoyo : Karya dan Dunianya” yang ditulis oleh Wan Anwar. Buku ini saya peroleh dalam sebuah rak obral disebuah toko buku. Dengan harga sepuluh ribu, tapi yang saya dapatkan sebuah tabir yang terbuka, yang selama ini hanya mengendap di angan-anganku. Penulis yang juga seorang sastrawan membongkar isi buku dengan cara melakukan studi referensi. Jadilah saya baru tahu, isi buku-buku Kuntowijoyo (terutama novelnya) yang selama ini hanya sebatas membaca saja.

» Read more

Kecakapan Hidup

WB023131

Kehadiran manusia dalam komunitas bermasyarakat tidak sekedar berupa ujud badan atau fisik semata. Hidup dalam bermasyarakat artinya selalu berperan aktif dalam setiap menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat itu sendiri. Karena gerak masyarakat dinamis, tak jarang persoalan yang timbul tidak sedikit. Setiap saat hamper ditemua permasalahan yang bersinggungan dengan orang lain dan bahkan justru masuk dalam lingkaran yang pelik.

Oleh karena itu, menyelesaikan pergolakan dalam masyarakat tidak bisa diselesaikan hanya bermodalkan waktu yang cepat, apalagi hanya dibekali ketrampilan yang sederhana. Diperlukan orang yang trampil dan berpengalaman. Pendidikan sejak dini sangat diperlukan untuk difungsikan sebagai individu yang siap dalam menata pergaulan dengan lingkungan.

» Read more