Khotbah Jum’at (1)

Hadirin sidang jum’at yang dimuliakan Allah

Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga pada siang hari ini, kita masih diberi kesempatan untuk mengagungkan asma Allah, mengingat Allah, memenuhi panggilan Allah, dalam majelis yang sangat mulia yaitu melaksanakan ibadah sholat jum’at. Seminggu sekali kita asah kembali kadar keimanan kita, seminggu sekali kita isi ruhani  dengan mendengarkan bimbingan rasul dan jalan yang telah ditetapkan oleh Allah swt.

Saya berdiri disini selaku khotib, untuk mengingatkan kepada diri kami pribadi dan jama’ah yang berbahagia, untuk selalu meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah, yaitu dengan selalu menjalankan perintah Allah dan meninggalkan segala larangan-larangan Allah.  Sholawat serta salam semoga selalu terlimpahkan kepada kekasih Allah junjungan kita nabi besar Muhammad saw. Kepada sahabat-sahabatnya, keluarga dan juga kaumnya sampai akhir zaman nanti.

» Read more

Les 1

1.Semua siswa dalam suatu kelas gemar Matematika atau IPA. Jika 22 anak gemar Matematika, 33 anak gemar IPA, dan 11 orang anak gemar kedua-duanya, maka jumlah anak dalam kelas itu adalah….

2. Penderita hypertensi  maupun diabetes yang dirawat di sebuah rumah sakit sebanyak 56 orang, 30 orang menderita hypertensi, 7 orang menderita hypertensi dan juga diabetes. Banyak orang yang hanya menderita diabetes adalah … .

3. Diberikan fungsi g(x) = 2x – 7. Jika range dari domain p adalah 9, maka nilai p = . . .

4. Banyak pemetaan dari himpunan Q ke himpunan P adalah 36. Bila n(P) = 6, maka n(Q) = . . . .

5. Gradien garis CD yang melalui C(–2,–5) dan D(2, 3) adalah . . . .

6. Jika x dan y  adalah penyelesaian dari 2x + 6y = 10 dan 4x – 5y = 3, maka nilai 4x – y adalah ….

7. Diberikan fungsi g(x) = ax + b. jika g(3) = 6 dan g(2) = 5, maka nilai dari a – b adalah . . .

8. Tentukan Persamaan garis yang tegak lurus dengan sumbu y dan melalui titik (–5, 4) adalah . .

9. Umur Ado 7 tahun lebih muda dari umur boy. Jumlah umur mereka adalah 43 tahun. Tentukan umur mereka masing-masing.

10. Diketahui luas suatu persegi sama dengan luas suatu persegi panjang. Jika keliling persegi panjang 26 cm, sedangkan panjangnya 5cm lebih panjang dari lebarnya, maka keliling persegi panjang tersebut   adalah … cm.

5 Peran Guru

Mengenyam pendidikan di abad-21 sangat berbeda dengan masa sebelumnya. Teknologi informasi sangat berperan dalam alih budaya yang semakin cepat. Era digital menuntut setiap orang untuk berpikir cepat dan tepat.
Cepat saja tidak mungkin. Bisa salah sasaran. Andai salah sasaran, dan tidak mampu memperbaiki, ia akan semakin tersesat. Jauh dari jalan yang mestinya ia tempuh.

» Read more

Menjadi Simpatik dengan Komunikasi

Menjadi simpatik tidak datang seketika. Simpatik dibangun sejak dini dengan landasan dasar “tidak meremehkan orang lain”. Kunci ini manjur dalam setiap pergaulan. Dengan siapapun, kapanpun dan dimanapun. Wajah simpatik yang alami datang dari hati, karena menghormati orang lain.
Dengan gestur tubuh yang sipatik, sebenarnya orang lain sudah menaruh hormat kepada kita. Apalagi bila dibarengi dengan tutur kata yang menenteramkan. Bertambahlah rasa empatinya. Berkomunikasi juga perlu latihan secara terus-menerus. Tak mengenal finish. Karena komunikasi menjalin kebersamaan dalam kesetaraan.

» Read more

Menjual Kepercayaan

koleksi pribadi

koleksi pribadi

Kegiatan rutinitas pagi, siang hingga malam tiap orang berbeda. Masing-masing punya kesibukan tersendiri. Demikian pula halnya dengan saya sendiri. Kegiatan rutin yang selalu berulang kadang lupa ada momen tertentu yang mestinya dibagi kepada orang lain. Pagi ini, aktifitas pagiku sarapan diseputar Lempuyangan Yogyakarta.
Tersebab karena kebiasaan, pandangan yang yang semula biasa saja tiba-tiba ada sekelebat pandangan sehingga saya harus mengabadikan suasana salah satu pom bensin. Padahal kereta api lali lalang yang diselingi dengan suara pluit dan horn. Cukup memekakkan telinga.
Lokasinya di seputar Lempuyangan, tepatnya  sebelah timur Stasiun Kereta Api. Berhadapan dengan kantor DPD Golkar Kota Yogyakarta atau Warung Ijo langgananku. Warung hijau yang legendaris menyediakan makanan tradisonal. Lokasinya cukup  luas. Fasilitas pendukung cukup tersedia. Dengan kode 41 menandakan bahwa usaha menjual bahan bakar minyak tersebut milik pemerintah.

» Read more

Pendidikan : Pilar Utama Pembangunan

sumber gambar : tabloidjubi.com

sumber gambar : tabloidjubi.com

Dari manakah dimulainya pembangunan? Adam Smith seorang ahli ekonomi mengemukakan bahwa pembangunan berawal dari tersedianya sumber daya alam, penduduk, dan barang modal. Ia melihat bahwa kekayaan alam, jumlah penduduk serta modal untuk perputaran roda ekonomi penyumbang utama dari tegaknya pembangunan. Dari ketiga tiang pembangunan itu yang paling penting adalah sumber daya alam, kilahnya. Dia mengabaikan peran teknologi dalam memacu laju pembangunan. Padahal teknologi sudah terbukti sangat efisien dalam menggerakkan dinamika masyarakat.

Inilah salah satu kelemahan model pemikiran tradisional. Bisa jadi, Adam Smith dan juga yang lain, belum pernah merasakan perkembangan dan manfaat teknologi. Akan sangat berbeda bila Ia menikmati laju keunggulan teknologi.

» Read more