Siswa Belajar Birokrasi

sumber gambar : dokumen pribadi

Saya cukup terusik dengan kegiatan Technical Meeting (TM) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta terkait dengan pelaksanaan Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) yang sedang digalakkan oleh pemerintah. Olimpiade Literasi ini termasuk baru jika dibandingkan dengan olympiade matematika atau IPA, misalnya. Yang cukup menarik adalah kegiatan TM dihadiri oleh siswa. Bukan hanya guru. Padahal sebelumnya, setiap kegiatan yang melibatkan siswa hanya guru yang terlibat mulai dari administrasi hingga teknis pelaksanaan lomba.

» Read more

Mengenal Maria Agnesi

Genetika atau keturunan tidak berbanding lurus dengan kecerdasan. Keturunan sangat mungkin untuk kemiripan fisik, tapi bukan pada kepandian, ketrampilan apalagi perilaku. Anak seorang professor belum tentu menjadi orang yang cerdik pandai. Pun demikian anak seorang abang becak tidak linier akan menjadi pengayuh becak.

Andai genetika berlaku hukum perbandingan senilai untuk segala sifat keturunannya, alangkah tidak adilnya dunia ini. Pepatah “siapa menanam, dialah yang mengetam” menjadi pegangan bagi siapapun yang ingin meraih kesuksesan. Berakit-rakit kehulu, beranang-renang ketepian, adalah pepatah yang manjur.

Genetika juga tak mengenal jenis kelamin untuk segala sifat keturunannya. Namun ada pemeo yang belum diuji kebenarannya, bahwa seorang pria mewarisi sifat nalar. Sedangkan wanita lebih cenderung ke ranah perasaan. Suatu ketika pasti ada pengecualiannya. Demikian yang dialami oleh Maria Gaetana Agnesi. Seorang yang dilahirkan sebagai matematikawati.

» Read more

Tips Pembuatan Soal Pilihan Ganda

Saya pikir, lebih baik saya bagikan bagimana caranya membuat soal jenis pilihan ganda. Dari pada saya dituduh menjadi “tukang protes” tanpa memberi solusi. Sebab tuduh menuduh pada bulan ramadhan tidak baik.

Seperti yang sudah saya tulis kemarin, bahwa melakukan evaluasi dengan membuat soal berbentuk pilihan ganda, ada positip dan negatipnya. Sisi ini tergantung dari mana kita melakukan evaluasi terhadap siswa.

Tips ini saya dapatkan dari rekan kerja, setelah beliau mengikuti pelatihan penulisan soal. Sifatnya hanya rangkuman semata. Tidak semua harus saya bagi disini. Bagi kompasioner yang kebetulan pernah mengikuti pelatihan yang sama, bisa untuk mengingat kembali cara-cara penulisan soal.

» Read more

Manajemen Partisipatif

Rapat kerja, Musyawarah Daerah (Musyda) atau rapat-rapat lain yang semakna, tentu memiliki tujuan yang mulia nan baik. Itikadnya adalah mengevaluasi kinerja yang telah dilakukan dan merancang kegiatan berikutnya. Sasarannya agar sekelompok orang yang menjadi obyek garapan menjadi lebih baik.

Dalam musyawarah, tidak hanya keputusan yang menjadi perhatian utama, namun bagaimana sebuah keputusan dapat direalisasikan sesuai dengan harapan. Oleh karenanya pembagian tugas menjadi sangat penting untuk mengurai hasil keputusan.

» Read more

10 Kesalahan Orang Tua terhadap Anak.

sumber gambar : pasarsemarang.com

Membimbing anak, gampang-gampang susah. Atau kalau dibalik susah-susah gampang. Jaman sekarang sudah tentu berbeda dengan saat kita masih kanak-kanak. Perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap psikologi anak. Berikut ini hasil rangkuman tausiyah yang disampaikan oleh Bapak Sadam, S. Ag, yang mengambil dari blognya isdaryanto.

1. Kurang Pengawasan. Robert Billingham menulis “Anak terlalu banyak bergaul dengan lingkungan semu diluar keluarga, dan itu tragedy yang seharusnya diperhatikan oleh orang tua”. Menitipkan anak, atau anak sekolah, kunjungilah secara rutin atau antar dan jemputlah anak bila kegiatan sekolah telah selesai.

» Read more