Idul Fitri Nan Ceria

sumber gambar : antvklik.com

Tradisi Idul Fitri yang telah menasional dapat dipastikan (hanya) milik Indonesia. Di Negara lain, memang ada kebiasaan mudik, seperti di China bila Gong Xi Fat Choi. Mudik adalah milik rakyat. Namun tidak semeriah seperti di Indonesia. Siapapun ikut pulang kampong meskipun mereka tidak beragama Islam. Bahkan ritualnya ikut kecipratan juga. Seperti libur, dagangan laris. Penyelenggara Negara, mulai dari Lurah hingga Presiden harus turun tangan langsung menangani mudik lebaran.

Kebiasaan yang patut disyukuri sebagai forum kekerabatan masal, meski bukan perintah agama, namun tradisi ini telah menyatu dengan ritual agama. Aktifitas masyarakat menjadi semarak. Forum ukhuwah kian meningkat. Membumikan perintah agama kian merata.

» Read more

Fluktuatif Ekonomi

Membaca status face booknya Prayitno Ramelan selalu menarik. Beliau adalah seorang pensiunan Angkatan Udara bergelar Marsda TNI Purna. Seorang pengamat politik, terutama masalah intelijen. Topik yang beliau angkat lebih banyak bidang politik ditinjau dari sisi intelijen. Saya kenal dengan beliau lewat sosial media terutama jalur literasi : kompasiana. lebih jauh tentang beliau, baca saja di http://ramalanintelijen.net/profile. Berikut ini salah satu tulisannya.

Tadi pagi Pray dan team mengundang Dr. Aviliani, seorang pakar Ekonomi untuk berdiskusi masalah kondisi perekonomian Indonesia yg akhir2 ini dikhawatirkan oleh beberapa pihak akan memburuk, dengan indikasi terjadinya gejolak nilai tukar rupiah terhadap US dolar.

Dr. Aviliani SE, MSi adalah profesional dan ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Sekretaris Komite Ekonomi Nasional. Ia juga menjabat sebagai ekonom INDEF.

Dalam intelstrat, komponen ekonomi harus terus dimonitor, karena memburuknya perekonomian akan berpengaruh thd stabilitas polkam. Fakta mencatat, penyebab turunnya Pak Harto dan Gus Dur terutama disebabkan pengaruh negatif perekonomian Indonesia saat itu. Intelstrat terus melakukan pulbaket, juga dari penjelasan Menku di DPR RI.

» Read more

Kucing

Ahli hadits. Seorang cendekiawan, ulama, dan menjadi guru yang ternama. Dialah Bukhari. Beribu-ribu khadits telah diseleksi, dan dibuang karena sudah tercemar iklim politik, gurita ekonomi, keditaktoran penguasa. “Shahih Bukhari” inilah judul buku karya beliau yang belum tergantikan. Dia manusia biasa. Uniknya penyuka kucing.

Helly Barry, seorang artis kulit hitam mencuat namanya setelah ia berperan dalam filmnya “Cat Women”. Pernah mendapatkan piala Oscar, sebuah pengakuan yang supremasi dalam dunia film. Tidak jelas pasti, mengapa ia mau mengambil peran sebagai seorang wanita yang dapat berubah menjadi seekor kucing. Film Cat Women pun sebenarnya pernah dibuat di Industri Film Mandarin. Bahkan jauh telah diproduksi, sebelum Cat Women-nya Hally Barry.

Cat Stevens. Seorang musisi dari Inggris, yang masuk Islam dan berubah nama menjadi Yusuf Islam, pun tidak tahu menahu, mengapa ia diberi nama “cat: – kucing. Toh pemberian nama oleh orang tuanya pastilah bermaksud baik. Pelantun lagi “Morning Has Broken”, yang sekarang bermukim di Australia, lebih menekuni dakwah. Sekalipun duania tarik suara masih menjadi bagian dari hidupnya.

» Read more