Enam Macam Karamah untuk Manusia Pilihan

Karamah adalah sesuatu yang keluar dari adat kebiasaan, tidak diiringi dengan pengakuan kenabian, dan juga bukan muqaddimah kenabian. Keluar dari adat kebiasaan: menyelisihi yang biasa terjadi dan biasa dialami manusia.
Karamah bertujuan sebagai bantuan, dukungan, dan pertolongan kepada hamba tersebut, atau untuk mengokohkannya dalam keimanan.

Karamah bertujuan sebagai bantuan, dukungan, dan pertolongan kepada hamba tersebut, atau untuk mengokohkannya dalam keimanan. Karamah bisa terjadi dalam urusan agama atau duniawi, Ibnu Taimiyyah mengatakan: Di antara prinsip Ahlus Sunnah adalah mempercayai adanya Karamah para wali dan hal-hal luar biasa yang Allah munculkan pada mereka berupa beraneka ragam ilmu, Mukasyafah/ kemampuan memandang, dan berbagai kemampuan serta pengaruh lainnya. (Al-’Aqidah Al-Wasithiyyah syarah Al-Harras, hal. 119)

» Read more

Alih Generasi

sumber gambar : Erci Jogja

Kepemimpinan selalu menarik untuk dibahas. Kepemimpinan terlalu sayang untuk ditinggalkan. Pepatah mengatakan, meskipun anggotanya banyak tapi kalau kepemimpinannya lemah akan dikalahkan oleh orang yang beranggota sedikit, tetapi kepemimpinannya solid. Seorang pemimpin harus dimunculkan agar sebuah komunitas dapat melakukan gerakan atau kegiatan.

Alih generasi adalah sebuah kepastian. Tidak mungkin seseorang akan terus menerus menjadi pemimpin. Di masa-masa kedinastian atau kerajaanpun, seorang raja pasti menyiapkan penggantinya. Apalagi saat demokrasi semakin mekar dan dijunjung tinggi sebagai sebuah sistim yang terbaik. Pergantian pimpinan atau pengurus adalah sebuah kepastian. Karena warga butuh penyegaran. Komunitas membutuhkan suasana yang baru. Sesuai dengan laju perubahan yang setiap saat pasti berubah.

» Read more

Car Free Day

Car Free Day (CFD) di Klaten telah berumur sekitar 6 tahun. Sebagaimana kota lain, CFD dimaksudkan untuk kegiatan publik tanpa kebisingan kendaraan. Dimungkinkan untuk olah raga dan seni budaya. CFD di pusatkan di Jalan Pemuda yang merupakan jalan protokol. Pejalan kaki adalah yang mendominasi kerumunan, dan diikuti oleh penggemar sepeda. Sepeda motor dan mobil dilarang melintas di jalan satu arah yang membujur utara selatan.

Sebenarnya Klaten termasuk agak terlambat bila dibandingkan dengan kota Yogyakarta dan Surakarta. Mereka telah lama membuka akses jalan untuk kegiatan olah raga dan refreshing, pada jam tertentu. Tak ada kata terlambat, bagi orang yang ingin menggapai sesuatu. Sekarang warga Klaten bebas untuk menggunakan jalur utama sebagai ajang untuk unjuk diri.

» Read more

Idul Fitri Nan Ceria

sumber gambar : antvklik.com

Tradisi Idul Fitri yang telah menasional dapat dipastikan (hanya) milik Indonesia. Di Negara lain, memang ada kebiasaan mudik, seperti di China bila Gong Xi Fat Choi. Mudik adalah milik rakyat. Namun tidak semeriah seperti di Indonesia. Siapapun ikut pulang kampong meskipun mereka tidak beragama Islam. Bahkan ritualnya ikut kecipratan juga. Seperti libur, dagangan laris. Penyelenggara Negara, mulai dari Lurah hingga Presiden harus turun tangan langsung menangani mudik lebaran.

Kebiasaan yang patut disyukuri sebagai forum kekerabatan masal, meski bukan perintah agama, namun tradisi ini telah menyatu dengan ritual agama. Aktifitas masyarakat menjadi semarak. Forum ukhuwah kian meningkat. Membumikan perintah agama kian merata.

» Read more

Fluktuatif Ekonomi

Membaca status face booknya Prayitno Ramelan selalu menarik. Beliau adalah seorang pensiunan Angkatan Udara bergelar Marsda TNI Purna. Seorang pengamat politik, terutama masalah intelijen. Topik yang beliau angkat lebih banyak bidang politik ditinjau dari sisi intelijen. Saya kenal dengan beliau lewat sosial media terutama jalur literasi : kompasiana. lebih jauh tentang beliau, baca saja di http://ramalanintelijen.net/profile. Berikut ini salah satu tulisannya.

Tadi pagi Pray dan team mengundang Dr. Aviliani, seorang pakar Ekonomi untuk berdiskusi masalah kondisi perekonomian Indonesia yg akhir2 ini dikhawatirkan oleh beberapa pihak akan memburuk, dengan indikasi terjadinya gejolak nilai tukar rupiah terhadap US dolar.

Dr. Aviliani SE, MSi adalah profesional dan ekonom Indonesia yang menjabat sebagai Sekretaris Komite Ekonomi Nasional. Ia juga menjabat sebagai ekonom INDEF.

Dalam intelstrat, komponen ekonomi harus terus dimonitor, karena memburuknya perekonomian akan berpengaruh thd stabilitas polkam. Fakta mencatat, penyebab turunnya Pak Harto dan Gus Dur terutama disebabkan pengaruh negatif perekonomian Indonesia saat itu. Intelstrat terus melakukan pulbaket, juga dari penjelasan Menku di DPR RI.

» Read more

Kucing

Ahli hadits. Seorang cendekiawan, ulama, dan menjadi guru yang ternama. Dialah Bukhari. Beribu-ribu khadits telah diseleksi, dan dibuang karena sudah tercemar iklim politik, gurita ekonomi, keditaktoran penguasa. “Shahih Bukhari” inilah judul buku karya beliau yang belum tergantikan. Dia manusia biasa. Uniknya penyuka kucing.

Helly Barry, seorang artis kulit hitam mencuat namanya setelah ia berperan dalam filmnya “Cat Women”. Pernah mendapatkan piala Oscar, sebuah pengakuan yang supremasi dalam dunia film. Tidak jelas pasti, mengapa ia mau mengambil peran sebagai seorang wanita yang dapat berubah menjadi seekor kucing. Film Cat Women pun sebenarnya pernah dibuat di Industri Film Mandarin. Bahkan jauh telah diproduksi, sebelum Cat Women-nya Hally Barry.

Cat Stevens. Seorang musisi dari Inggris, yang masuk Islam dan berubah nama menjadi Yusuf Islam, pun tidak tahu menahu, mengapa ia diberi nama “cat: – kucing. Toh pemberian nama oleh orang tuanya pastilah bermaksud baik. Pelantun lagi “Morning Has Broken”, yang sekarang bermukim di Australia, lebih menekuni dakwah. Sekalipun duania tarik suara masih menjadi bagian dari hidupnya.

» Read more