Menjadi Konsumen yang Cerdas

Sudah sering, bahkan terlalu sering mendengar keluhan dari konsumen yang dikecewakan oleh pihak produsen (toko, terutama yang menerapkan pembayaran dengan sistim mesin). Mereka mengeluhkan harga yang tertera di label berbeda dengan harga yang ada di kasir. Harga pasti lebih mahal. Mereka inilah yang teliti dalam membeli. Jumlahnya lebih sedikit dari pembeli yang lain. Bagi yang kurang teliti, terkadang uang kembalian tidak pernah dihitung. Langsung masukkan ke saku atau dompet.

» Read more

Model Pembelajaran

Untuk kesekian kalinya saya mengikuti work shop tentang Lesson Studi. Sebuah model pembinaan profesi pendidik yang berbasis kolaborasi. Model kerja sama yang dibangun antar sesam pendidik. Karena memang (mungkin) hanya itu yang dapat dilakukan. Tanpa kehadiran dari profesia lain.

Berbeda dengan Lesson Study yang dikembangkan di negeri asal, yaitu Jepang. Di Jepang, ilmu ini lahir dan berkembang, Siswa belajar di kelas bukan lagi monolog. Bahkan bukan saja dialog. Siswa sebagai subyek benar-benar dioptimalkan dalam mendapatkan pengalaman belajar.

Lesson Study tidak hanya melibatkan guru dan siswa. Metode yang dikembangkan merambah hingga melibatkan orang tua siswa. Orang tua, guru dan mungkin juga pakar pendidikan terlibat langsung dalam pembelajaran.

» Read more