Peluang

BANYAK ORANG MENGANGGAP PELUANG SEBAGAI SESUATU YANG TIDAK NYATA. TETAPI ADA JUGA ORANG, SEPERTI PAK SADI DARI LAMONGAN, SURABAYA, MELIHAT PELUANG SEBAGAI SESUATU YANG NYATA. PELUANG MENJANJIKAN KEMUNGKINAN-KEMUNGKINAN.

                  oleh : Bondan Winarno

if you run, you might lose

if you don’t run

you are guaranteed to lose

(Jesse Jackson)

JESSE Jackson adalah seorang Amerika berkulit hitam. Banyak orang menyemangati pendeta ini agar ikut berkampanye memperebutkan kursi empuk di Oval Office. Dan ia memang lantas dipilih sebagai wakil Partai Demokrat. Huh? Seorang berkulit hitam legam bakal menjadi presiden Amerika Serikat? Seorang berkulit putih saja diragukan keberhasilannya hanya karena ia bernama Lee Iacocca – nama yang berbau spaghetti.

Lalu, adakah peluang buat Jesse? Peluangnya memang kecil. Tetapi peluang kecil bukan berarti tidak ada peluang. Sejarah telah membuktikan banyak.

» Read more

Wasilah

Wasilah dalam bahasa arab berarti jalan atau perantara. Kata padanannya wasithah yang artinya jalan tengah dan pendamai. Dengan mengartikan wasilah menjadi orang tengah (perantara), kemudian timbul pengertian bahwa untuk sampai kepada Allah harus dengan perantara. Sedang perantara itu adalah ruh-ruh orang yang dianggap suci. Misalnya nabi, wali, para syuhada’, dan orang-orang shaleh. Kepada ruh mereka yang telah meninggal itu orang-orang berwasilah tersebut memohon bantuan agar dapat menyampaikan do’a kepada Allah swt.

Penulis pernah mendengar kata wasilah sejak dari kecil. Tapi tidak tahu inti sari dari wasilah. Yang sering didengar, kata wasilah itu diakitkan dengan kata Nabi Muhammad saw. Tak heran kalau dulu, sering mendapat kata “dapat wasilah dari Nabi”. Ternyata kata wasilah itu adalah perantara. Biasanya wasilah ini dipakai kalau seseorang akan menunaikan sesuatu. Akan ujian, mantu, mendirikan rumah dll. Aktifitas itu dimaksudkan agar mendapat wasilah. Artinya agar yang diidamkan dapat tercapai dengan perantara. Apakah yang demikian itu ada tuntunan dari Rasulullah? Al-Fairuzabadiy dalam Tanwiirul-Miqbaas Min Tafsiir IbniAbbaas menyatakan bahwa wabtaghuu illaihil-wasilah diartikan dengan carilah ad-darajah ar-rafi’ah(derajat yang tinggi). ”Carilah kedekatan dengan-Nya (Allah) dalam derajat (yang_tinggi)_dengan_amal-amal_yang_shalih.” Jadi, wasilah (perantara) yang dapat menyampaikan pada taqarrauh (dekat) dengan Allah adalah amal-amal shaleh. Lalu, apakah amal shaleh itu? Tidak lain adalah ath-th’ah fiimaa binahum wabaina rabbihim Artinya_ketaatan_melaksanakan_apa-apa yang telah ditentukan antara mereka dengan Tuhannya. Apa saja, yang diperintahkan atau tidak dilarang oleh Allah dilaksanakan dengan  ikhlas, itulah amal shaleh.

Dalam Q.S. Al-isra’ (17) ayat 56-57, Allah menegaskan bahwa kandungan ayat itu memiliki makna bahwa pengertian wasilah adalah jalan pendekatan diri kepada Allah, dengan mengingkari panggilan kepada selain Allah. Sebab selain Allah itu tidak memiliki kemampuan menyingkap marabahaya maupun mengalihkannya dari para pemanggil (yang minta bantuan kepadanya).

Konsep Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel

Konsep Persamaan

Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV ) adalah kalimat terbuka yang dihubungkan dengan tanda sama dengan “=” dan hanya mempunyai satu variabel berpangkat satu. Bentuk umum persamaan linear satu variabel : ax + 8 = 0

Lihat video berikut ini

Contoh :

 

Kalimat Terbuka dan Kalimat Tertutup

Kalimat terbuka adalah sebuah kalimat yang belum dapat ditentukan nilai kebenarannya, karena ada unsur yang belum diketahuinya. Unsur yang belum diketahui tersebut disebut variabel. Contohnya yaitu 2x +1 = 11. Kalimat tersebut belum dapat ditentukan kebenarannya karena kita belum tahu berapa nilai x nya. x inilah dinamakan variabel.

Kalimat tertutup adalah sebuah kalimat yang sudah dapat dinyatakan nilai kebenarannya (bernilai benar atau salah). Maksudnya kalimat tersebut mengandung maksud yang benar atau juga bisa kalimat yang mengandung maksud salah.

Konsep Pertidaksamaan

Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (PtLSV) merupakan suatu kalimat terbuka yang hanya memuat satu variabel  berpangkat  satu dan dihubungkan dengan lambang pertidaksamaan seperti: <, >, ≤, dan ≥

Lihat video berikut ini

contoh :

Latihan

untuk latihan : klik disini