Lesson Study

Lesson study adalah sebauh ilmu yang mempelajari bagaimana mengajar. Menyampaikan informasi kepada siswa yang disesuaikan dengan kondisi riil di kelas. Pelaksanaan Lesson Study (LS) tidak boleh sendiri. Ini harus dibantu dengan teman yang lain, lebih simpelnya kolaborasi. Sistem kolaborasi ini yang menjadi salah satu tonggak abad ke-21

Materi yang disampikan oleh Dr. Sugiman menarik untuk dikaji lebih dalam dalam komunitas tertentu. Meskipun di daerah yang sama, belum tentu antar sekolah memiliki kesamaan. Karena setiap lembaga pendidikan memiliki ciri khas dan karakter tersendiri. Sangat tepat dijadikan salah satu model untuk mencari pembelajaran.

» Read more

kalkulator

sumber gambar : pugam.com

Orang bilang sebagai mesin hitung. Kalkulator sangat membantu dalam melakukan perhitungan. Kejadian yang semula dilakukan secara manual, memakan waktu dan tenaga. Dengan adanya kalkulator pekerjaan hitung menghitung menjadi lebih ringan. Lebih efisien dan efektif.

Kalkulator sebagai hasil dari teknologi belum banyak dimanfaatkan dalam
dunia pendidikan, khususnya penggunaannya sebagai alat bantu. Salah satu sebabnya adalah masih banyaknya pendapat yang pro dan kontra mengenai dampak penggunaan kalkulator terhadap ketrampilan berhitung siswa.
Sekarang kalkulator masih lebih banyak dipakai dari segi kepraktisan. Petugas statistik, pedagang, bendahara dll. Penggunaan kalkulator dalam proses belajar mengajar masih dibayangi rasa takut karena termakan mitos. Masih banyak orang tua yang menyangsikan penggunaan kalkulator dalam pelajaran. Mitos itu hanyalah bayangan, yaitu sebuah kisah yang berlatar belakang masa lalu namun mengandung kebenaran. Mitos seperti ini berkebalikan semangat keilmuan. Ciri keilmuan adalah mengungkap fakta yang sebenarnya.

» Read more

Workshop on STEM and Integrating Scientific Calculator in Mathematics Education

STEM merupakan pendekatan model pembelajaran interdisiplin antara Science, Technology, Engineering and Mathematics. Berbagai model pembelajaran yang telah dipelajari dan dilaksanakan berbaur menjadi sebuah magnet yang namanya STEM. Cara ini diperlukan saat ini dan yang akan datang.

Pola STEM bisa diuraikan secara singkat. Sains : mengkaji tentang fenomena alam yang melibatkan observasi dan pengukuran. Teknologi : inovasi untuk memodifikasi alam agar memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Enginering : Pengetahuan dan ketrampilan untuk mendesain dan mengkonstruksi mesin, material, dan proses yang bermanfaat bagi manusia. Matematika : Ilmu tentang pola-pola dan hubungan-hubungan, dan menyediakan Bahasa bagi teknologi, sains dan engineering.

» Read more

Shalat di Masjid Siti Aisyah Solo

Sesaat setelah saya mengambil hasil belajar siswa (rapot) anak, kebetulan punya waktu agak longgar. Saya manfaatkan untuk jalan-jalan di seputar stadion Manahan Solo. Stadion yang sekarang masih dalam tahap pemugaran. Di stadion ini pula beberapa pertandingan berskala nasional sering digelar. Karena bertepatan dengan hari Jum’at, saya keliling stadion sambal mencari Masjid untuk melaksanakan sholat Jum’at.

Secara kebetulan, di sekitar stadion ada sebuah masjid yang arsitekturnya agak unik. Bentuknya kotak. Tidak lazim untuk model masjid di Kota Surakarta. Arsitek masjid di Kota keris ini rata-rata sudah gabungan antara Budaya Arab dan Budaya Jawa. Masjid dengan desain modifikasi ini dibangun secara turun terumun sejak Islam masuk di Jawa. Peninggalan nenek moyang yang cukup monumental. Letaknya disebelah selatan stadion dan bersebelahan dengan kantor PLN.

» Read more