UKIN (Uji Kinerja) PPG (Program Profesi Guru)

sumber gambar : koleksi pribadi

Semua profesi yang ada di negara Indonesia dituntut untuk menjadi professional. Tidak terkecuali untuk menjadi guru. Karena menjadi guru yang professional pada masa kini sangatlah berbeda. Kompetensi yang harus dicapai tidak sedikit. Bahkan boleh dikatakan kompleks. Salah satu yang harus dipenuhi adalah mengikuti Program Profesi Guru (PPG).

PPG adalah tahap akhir untuk menciptakan guru professional dan menjaga kualitas guru. Dengan uji kinerja dan uji kemampuan, kompetensi guru menjadi terukur dan terarah. Untuk lulus uji kompetensi di akhir program PPG, peserta harus melalui dua tahap yaitu uji pengetahuan dan uji kinerja. Jadi uji kompetensi mengharuskan seluruh pendidikan profesi wajib melalui proses ujian seperti ini sesuai kebijakan dan aturan yang ada.

Tahun ini, saya berkesempatan untuk menguji peserta uji kinerja (ukin) yang diselenggarakan oleh Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa Yogyakarta (UST). UST ditunjuk oleh Pendidikan Tinggi (Dikti) untuk menyelenggarakan PPG Bersama dengan Universitas lainnya.

Sebagai seorang guru, sayapun mengalami uji kompetensi melalui beberapa tahap. Namun saat itu berbeda dengan sekarang. Setiap tahun mengalami perbaikan, baik penyelengaraannya maupun isi kompetensinya. Sekarang, saya berkesempatan mendampingi 2 mahasiswa dalam melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), yang ditempuh dalam 2 kali pertemuan.

Dari sisi administrasi sudah mengalami peningkatan. Dari disiplin ilmu jauh lebih berkembang. Dari sisi pengalaman mengajarnya, juga mengalami peningkatan terutama penggunaan media pembelajaran.

Bagi calon guru ada PPG Prajab yang bersifat scholarship maupun semi mandiri. Keduanya harus melalui serangkaian kegiatan yang sangat menyita waktu, energi dan juga fikiran. Diawali dari bagiamana mendapatkan Nomor Unik Pendidik Tenaga Kependidikan (NUPTK ) kemudian Uji Kompetensi Guru ( UKG ), Workshop daring, PPG sampai Ukin dan terakhir Uji Pengetahuan. Semuanya harus dilewati untuk mendapatkan pengesahan sebagai guru profesional yang berserfifikat.

Penguji Ukin berasal dari dosen penguji dan guru penguji yang sudah memiliki NRP ( Nomor Register Penguji ). NRP ini berlaku nasional. Jadi dosen dan guru penguji bisa menguji dimanapun. Namun dianjurkan untuk guru adalah dimana dia ditempatkan mengajar.

Apabila saya membandingkan dengan PPL antara mahasiswa dengan PPL PPG, jauh berbeda. Dari segi persiapan administrasi sudah bias ditunjukkan perbedaannya. Mahasiswa, mungkin baru pertama kali harus membuat administrasi yang harus dipresentasikan. Sedangkan PPL PPG, karena mereka datang dari kalangan guru, minimal pengalaman administrasi di sekolah akan sangat membantu kelancaran latihan mengajar.

Ukin memang sangat menjanjikan untuk menjadi guru yang professional. Karena, sebelumnya telah dilakukan beberapa kegiatan yang menunjang pelaksanaan ukin. Sehingga, kualitas lulusan ukin untuk tahun ini semoga lebih meningkat disbanding dengan tahun sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *