Lesson Study

Lesson study adalah sebauh ilmu yang mempelajari bagaimana mengajar. Menyampaikan informasi kepada siswa yang disesuaikan dengan kondisi riil di kelas. Pelaksanaan Lesson Study (LS) tidak boleh sendiri. Ini harus dibantu dengan teman yang lain, lebih simpelnya kolaborasi. Sistem kolaborasi ini yang menjadi salah satu tonggak abad ke-21

Materi yang disampikan oleh Dr. Sugiman menarik untuk dikaji lebih dalam dalam komunitas tertentu. Meskipun di daerah yang sama, belum tentu antar sekolah memiliki kesamaan. Karena setiap lembaga pendidikan memiliki ciri khas dan karakter tersendiri. Sangat tepat dijadikan salah satu model untuk mencari pembelajaran.

Diikuti oleh sekitar 40 guru SMP se-Kota Yogyakarta, acara ini digelar di laboratorium Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.Tidak mengganggu jalannya pembelajaran di sekolah masing-masing, karena kegiatannya dimulai pukul 13.00 higga menjelang 17.00

Lesson study harus memiliki empat syarat yaitu : 1. Masing-masing komunitas harus aktif. LS memerlukan punggawa yang aktif. Tidak diam menunggu. Setiap anggota harus aktif dan kreatif. Ide sekecil apapun harus dimunculkan. 2. Partisipasi Koheratif. Dalam ilmu fisika korerasi adalah gaya tarik menarik antar molekul yang sama. Salah satu aspek yang mempengaruhi gaya koherasi adalah kerapatan dan jarak antar molekul dalam satu benda. LS mememliki syarat koheratif. Satu dengan yang lain harus saling mempengaruhi dan saling berdekatan.

3. Fokus pada materi matematika atau konten. Saat berkolaborasi semua harus fokus pada permasalahan. Karena LS memerlukan kajian yang mendalam. 4. Alokasi waktu. Menentukan waktu dan tempat menjadi prasyarat untuk berlangsungnya LS. Meskipun di satu lokasi yang sama, harus sepakat menentukan waktu yang bersamaan. LS memerlukan perhatian yang mendalam. Tidak sekedar pengisi waktu ataupun memenuhi target administratif tertentu pula.

Target yang hendak dicapai dalam LS adalah :

  1. Menambah materi lebih dalam lagi
  2. Meningkatkan materi
  3. Komunikasi antara guru dan kurikulum
  4. Keterbukaan antar guru (guru senior dan guru baru)
  5. Meningkatnya kualitas media pembelajaran
  6. Perbaikan proses kualitas pembelajaran siswa

Lesson Studi sangat disarankan untuk menghadirkan nara sumber. Mereka akan memberikan informasi yang mutakhir tentang pembelajaran terkini atau beberapa kebijakan yang terkait dengan pendidikan. Nara sumber dapat bisa terdiri dari : Dosen, guru inti, atau nara sumber lain yang terkait dengan kajian.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *