Menjaring Tenaga yang Handal

Manusia memiliki dua sisi yaitu fisik dan psikis. Dua sisi ini tidak bisa dipisahkan, dalam keadaan yang normal. Namun dalam kondisi tertentu, psikis dapat bertahan lama. Sementara kondisi fisik sangat tergantung dari umur.

Beberapa waktu yang lalu, saya menulis bagimana cara mendapatkan sumber daya manusia yang handal. Namun kajiannya hanya dibahas masalah kemampuan psikis (soft skill). Kali ini saya mencoba mengupas sedikit, bagaimana cara memperoleh tenaga yang handal dari segi fisik.

Sebuah tujuan akan dapat dicapai dengan memanfaatkan sarana yang efektif dan efisien, manakala menggunakan organisasi. Pengertian organisasi bukan mengacu pada banyaknya orang yang terlibat, namun seberapa besar waktu dan tenaga yang digunakan untuk mencapai tujuan. Disinilah peran SDM dalam mengorganisir potensi yang ada.

Ada 4 macam kekuatan (secara fisik), agar tujuan dapat diraih dengan meminimalkan sarana dan potensi yang dimiliki

Strengh (Kekuatan)

Kekuatan fisik sangat diperlukan dalam menghadapi berbagai tugas pekerjaan. Bukan hanya jenis pekerjaan yang menguras tenaga saja, namun berfikir keras untuk meraih cita-cita, juga membutuhkan kehandalan fisik yang prima. Mengatur strategi agar dapat memenangkan tender dibutuhkan tenaga fisik yang tangguh. Membuat taktik dan strategi dalam memepresentasikan makalah juga butuh tenaga.

Flexibility (Kelenturan)

Menggerakkan badan atau anggota badan diperlukan energy yang lentur dan luwes. Konon kabarnya, untuk meraih juara karate dibutuhkan kelenturan tubuh. Meraih rangking 1 dalam berbagai kejuaraan adu fisik, memanfaatkan kelenturan tubuh. Analoginya, bila negoisasi akan berjalan sukses juga diperlukan kelenturan tubuh. Orang lain akan paham maksud kita, dengan cara membaca bahasa tubuh.

Stamina (Ketahanan)

Tidak mungkin sebuah kesebelasan sepak bola akan mendapatkan kemenangan, bila seluruh pemain berperan menjadi penyerang. Harus ada sekelompok pemain yang memiliki keahlian bertahan. Seorang pebulutangkis yang professional, memiliki kemampuan menyerang sekaligus bertahan.

Ketahanan tubuh dalam melakukan aktifitas yang lama sangat dibutuhkan. Dengan menghemat energy, maka ketahanan tubuh akan berlangsung lama. Mengikuti workshop berhari-hari diperlukan ketahanan tubuh.

Speed (Kecepatan)

Cepat membaca peluang, berarti kemungkinan mendapatkan kesuksesan semakin besar. Meraih peluang harus diikuti pula dengan kecepatan bergerak. Akan sia-sia, manakala peluang sudah didapatkan tetapi lamban dalam pergerakan. Ketrampilan bergerak cepat sangat berpengaruh dalam menyemai kesuksesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *