Keseruan pemanfaatan Microsoft Office 365

Harus diakui bahwa piranti Microsoft Office 365 (MO 365) adalah power full. Mereka menyediakan sarana untuk segalanya. Mulai dari kebutuhan person, Pendidikan sampai bisnis. Segala urusan hajat hidup orang telah disediakan. Tinggal kita sendiri, apakah bisa memanfaatkan atau hanya dianggap angin lalu saja.

Sesuatu diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Orang yang menciptakan pastilah tidak mungkin setiap orang terpuaskan. Sesuatu diciptakan hanya berlaku umum. Andai seseorang menggunakan, Ia hanya bisa memanfaatkan fitur yang ada. Oleh karenanya, tidak mungkin sang penemu membuat segalanya. Pasti ada lubang yang luput tertutupi.

Lubang inilah yang dimanfaatkan orang lain untuk menambal. Maka munculah fitur-fitur lain yang dianggap sebagai competitor. MO 365 pun sama. Ada pesain lain yang akan mencuri perhatian. Baginya, pesaing itu bukanlah sesuatu yang harus berhadapat face to face. Malah, di momen tertentu harus dianggap kolaborasi. Saling menutup lobang. Bahkan dikemudian hari, dengan menutup lobang bisa menjadi produk unggulan.

Google for Education, adalah pesaing dari MO 365. Mereka berdua menyediakan sarana segala urusan. Apapun keingin user, mereka berdua mampu selalu menjawab dengan teknologi kekinian. Bahkan melebihi dari keinginan user itu sendiri. Sebagi contoh, google telah membuat gmail untuk segala urusan. Dengan satu gmail (satu akun), dapat menjelajah kemanapun pengguna sukai.

Tanpa menyampingkan google, tulisan berikut membahas tentang MO 365. Microsoft Office 365 bisa dibilang menjadi rekan kerja terbaik saat ini. Selain sesuai dengan kebutuhan, ada banyak keuntungan yang ditawarkan. Terlebih lagi cara menggunakan MO 365 begitu simpel.

Seiring dengan mudahnya mendapatkan akses internet, maka MO 365 memberikan layanan yang berbasis internet, yaitu cloud. Sebuah piranti untuk menyimpan data di udara (demikian istilahnya), daerah kekuasaannya Gatot Koco. Pengguna tak perlu repot menggunakan flash disk sebagai alat simpan. Tidak memerlukan lagi hard disk yang besar. Cukup disimpan di cloud. Makanya sekarang ada sebuah komunitas yang namanya cloud community. Sebuah perkumpulan yang memiliki niat yang mulia, yaitu berbagi tempat untuk menyimpan data.

Satu nilai plus yang ditawarkan Office 365 adalah memberikan akses ke cloud tool seperti OneDrive, Skype for Business, dan Microsoft Teams. Dengan teknologi komputasi berbasis awan, pengguna memanfaatkan data dan kolaborasi dengan rekan kerja di mana pun berada dan dari perangkat apa saja.

Produktivitas seperti ini amatlah penting, mulai dari pegawai kantoran, pebisnis, hingga kalangan profesional. Soalnya hal itu bisa lebih mengoptimalkan pekerjaan mereka agar tertangani dengan baik dan cepat.

Pembaca (terutama guru) jangan terperangkap dengan sistim kelas saat ini. 3 – 5 tahun lagi, bisa jadi sistim kelas dapat berubah. Bisa bentuknya, bisa siswanya, bisa sekolahnya sendiri. Demikian pula bagi pebisnis dan juga pegawai kantor, baik negeri maupun swasta. Makanya jangan heran kalua ada wacana bahwa pekerjaan bisa dilakukan dimanapun, termasuk di rumah. Pegawai kantor cukup masuk 3 hari saja.

Waktu 2 hari tak cukup untuk mengeksplore fitur-fitur yang dimiliki oleh MO 365. Masih banyak yang harus digali lagi, agar berdaya guna. Beruntung SMP Muhammadiyah 4 bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah Kemdikbud, 14 – 15 Desember 2019 menyelenggarakan Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office 365 untuk Pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.