Bahasa Arab itu Istimewa

Ada seseorang ahli bahasa yang mengatakan bahwa Bahasa Arab tidak mungkin punah. Ia beralasan bahwa bahasa arab adalah salah satu unsur untuk mendalami atau mempelajari Al-Qur’an. Al-Qur’an sendiri dijamin oleh Allah merupakan kitab yang terakhir sampai akhir zaman. Kesimpulan ini diungkapkan oleh orang yang bukan beragama Islam. Sudah banyak bahasa yang dikenal oleh manusia punah ditelan perputaran waktu. Jangankan bahasa, kebudayaannya saja juga hilang.

Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan secara luas di planet ini. Bahasa Arab merupakan bahasa utama dari 22 negara, digunakan oleh lebih dari 250 juta orang. Bahasa ini juga merupakan bahasa kedua pada negara-negara Islam karena dianggap sebagai bahasa spiritual Islam – salah satu agama-agama besar dunia (kita membicarakan tentang lebih dari 1 miliar orang!). Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa tetap di organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Mengapa bahasa arab begitu istimewa?

  • Bahasa Arab adalah induk dari semua bahasa manusia. Analisa yang sering digunakan adalah bahwa sejak manusia pertama, Nabi Adam as, menjejakkan kaki di atas bumi, beliau sudah pandai berbicara. Dan karena sebelum beliau adalah penduduk surga, di mana ada keterangan bahwa bahasa penduduk surga adalah bahasa Arab di dalam suatu riwayat, maka otomatis bahasa yang digunakan oleh Nabi Adam as itu adalah bahasa Arab.
  • Bahasa Arab adalah Bahasa Tertua dan Abadi. Sejarah membuktikan bahwa sejak zaman Ibrahim as. di muka bumi yang diperkirakan hidup pada abad 19 sebelum masehi, mereka tercatat sudah menggunakan bahasa Arab. Itu berarti bahasa Arab paling tidak sudah digunakan oleh umat manusia sejak 40 abad yang lalu, atau 40.000 tahun
  • Bahasa Arab adalah Bahasa yang Paling Banyak Diserap. Bahkan serapan dari bahasa Arab nyaris terdapat di hampir semua bahasa yang ada saat ini.Bahkan bahasa ilmiyah di dunia sains pun tidak lepas dari pengaruh serapan kata dari bahasa Arab. Istilah alkohol, aljabar, algoritme dan lainnya adalah bagian dari serapan dari bahasa arab.
  • Bahasa Arab Memiliki Jumlah Perbendaharaan Kata yang Paling Banyak. Sebagai contoh, salah satu peneliti bahasa Arab mengemukakan bahwa orang Arab punya 80 sinonim untuk kata yang bermakna unta. Dan punya 200 sinonim untuk kata yang bermakna anjing.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.