Geometri Bukan Hitungan

Apakah judul diatas benar? Benar, menurut proses. Begitu Anda ketemu dengan benda geometri, persepsi yang pertama adalah bentuknya. Bagi yang sampai saat ini masih alergi terhadap hitung-menghitung, maka geometri menjadi penawar untuk sekedar intermezzo. Dalam matematika geometri itu bukan hitungan, tapi bayangan.  Anda yang suka membayangkan pasti mahir geometri. Membayangkan adalah suatu peristiwa saat pikiran melayang-layang tanpa pijakan. Transformasikan energy ilmu mengangan-angan untuk mewujudkan bahwa geometri itu gampang, semudah membayangkan.

Manusia purba, sebelum mengenal hitungan telah memanfaatkan benda-benda geometris. Dalam perkembangan berikutnya, mereka bahkan sudah membuat benda geometris.  Saat mempertahanan hidup yang harus dilakoni dengan berjibaku melawan alam, manusia mampu untuk mendesain tempat tinggal yang mirip kubus, membikin tombak yang ujungnya seperti kerucut. Juga mampu menyimpan air dalam batu yang berbentuk tabung. Jadi tidak salah, bila ada yang beranggapan bahwa geometri lebih dulu dimanfaatkan daripada hitungan. Hitungan terlahir saat manusia sudah mencapai peradaban tempat tinggal yang menetap. Aktifitas yang dapat dilakukan berkali-kali ditulis dalam bentuk symbol.

Jadi mengapa geometri (ada juga yang mengatakan ilmu ukur) yang semestinya semudah membayangkan, kemudian kabur, hilang tak berkesan? Nah, agar supaya bayangan bisa diwujudkan atau divisualkan, maka dibuatlah alat bantu untuk memperagakan bentuk geometris. Pikiran akan digiring dengan benda yang realita, yang dapat diraba. Bagi, pengajar yang  malas menggunakan alat peraga, maka diciptakanlah software untuk membantu dari persepsi bayangan  menjadi realitas. Sangat disayangkan bila guru hanya mampu menguasai Microsoft office atau sejenis.

Software yang sekarang beredar sangat banyak. Ada yang  berbayar ada yang gratis. Menggambar dengan tiga dimensi sangat membantu orang lain dapat memahami benda secara terperinci. Bahkan, software yang tersedia telah menghidangkan menu yang spesifik. Seorang arsitek pastilah kenal dengan 3Dmax, desainer pasti hafal corel draw. Anda seorang guru matematika, atau sebagai orangtua, program apa yang fasih digunakan untuk membantu anak memahami geometri?

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.