Struktur Al-Qur’an

koleksi pribadi

Al-Qur’an sebagai kitab suci kaum muslimin tentu menjadi pegangan dalam segala aktifitas. Semua yang dilakukan oleh orang Islam harus merujuk kepadaNya. Maka, mestinya kitab ini mudah dipahami. Gampang untuk melaksanakan semua yang diperintahkan dan meninggalkan yang dilarang. Oleh karenanya ulama-ulama telah membimbing cara memahami Al-Qur’an dengan membuat struktur atau sistem. Struktur ini terdiri dari :
A. Surah
Al-Qur’an terdiri dari 114 surah. Masing-masing memiliki sebuah nama yang mencetminkan isi atau kandungannya. Namun ada juga surah-surah yang memiliki lebih dari satau nama, yaitu :
1. Al-Fatihah dinamakan juga ummul Qura’an san as-Sab’ul Matsani.
2. at-Taubah atau Bara’ah
3. al-Isra’ dinamakan juga Bani Israil
4. Fatir disebut juga al-Mala’ikah
5. Gafir atau al-Mu’min
6. Fussilat disebut juga Ha Mim Sajdah
7. al-Ihaan atau ad-Dahr
8. al-Muthaffifin dinamakan juga at-Thaif
9. al-Lahab atau al-Masad.

B. Ayat
Ayat adalah bagian terkecil yang terdapat dalam al-Qur’an yang merupakan komponen dasar dari surah. Dari ke 144 surah dalam al-Qur’an terdapat 6263 ayat berdasarkan perhitungan ulama-ulama Kufah yang bersumber dari Abdurrahman Abdullah bin Habib As-Sulami dari Ali bin Abu Thalib. Jumlah ayat inilah yang digunakan pada mushaf al-Qur’an yang paling banyak beredar di Indonesia termasuk mushaf The Golden Al-Qur’an ini.
C. Juz
al-Qur’an dibagi menjadi 30 juz yang berdekatan agar mudah dibaca dalam dalam satu bulan. Pembagian ini dilakukan sesuai dengan perinyah Rasulullah agar umatnya membaca atau menghatamkan Al-Qur’an tidak lebih dari satu bulan. Abdillah Bin Amru menuturkan bahwa Rasulullah bersabda :”Bacalah Al-Qur’an itu dalam satu bulan”. Abdullah berkata :”Sesungguhnya aku mampu lebihdari itu”. Beliau Bersabda :”Kalau begitu, bacalah (khatamkanlah) ia dalam tujuh hari dan janganlah melewati batas itu”.
D. HIZB

Hizb artinya kelompok. Hizb dalam al-Qur’an berfungsi untuk memudahkan orang dalam menghafal ayat-ayat Al-Qur’an. Hizb terdiri atassetengah juz. Setiap hizb terdiri atas empat bagian yang disebut dengan seperempat hizb. Setiap hizb dalam al-Qur’an terdiri dari 60 hizb. (bersambung)

disadur dari : Ar-Rahman The Inspire Al-Qur’anul Karim.

4 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *