OLYQ

sumber gambar : uhamka.ac.id.

sumber gambar : uhamka.ac.id.

The International Olympiad of Qur’an and Technology (OLYQ) merupakan program bersama sekolah Muhammadiyah Indonesia bersama dengan sekolah-sekolah di Asia Tenggara. Kegiatan ini sebagai ujud apresiasi dalam bentuk silaturrahmi dan kompetisi. Siswa, guru dan Pimpinan Muhammadiyah berkumpul untuk beraktifitas yang dibalut dalam forum silaturrahmi sekaligus kompetensi. Bagi Muhammadiyah sendiri, silaturrahmi adalah  bentuk real dalam beraqidah dan akhlaqul karimah, sedangkan kompetensi lebih mengarah pada unjuk ketrampilan dalam apresiasi terhadap ayat-ayat kauniyah.

Muhammadiyah tak pernah akan lekang untuk bersilaturrahmi. Saling tukar pengalaman, share wawasan adalah sarana untuk memperbaiki diri. Evaluasi yang selalu di daur ulang menjadikan Muhammadiyah makin dewasa dalam setiap mensikapi perkembangan jaman. Amal usaha yang senantiasa selalu berdiri di depan, sebagai ujung tombak untuk ber fastabiqul khairat senantiasa untuk menjadi insane pembelajar. Namun demikian untuk uji kelayakan sangat dibutuhkan kompetensi, baik secara individual maupun kelompok.
Ide dasar pelaksanaan OLYQ merupakan pangejawantahan dari apresiasi seni dan skill seseorang yang tidak lepas dari fitrah sebagai manusia. Pemberian akal dari Allah adalah anugerah yang tak ternilai harganya. Ayat-ayat Allah yang berserakan di setiap saat dan setiap jengkal jagat raya ini patut disyukuri untuk dimanifestasikan dalam bentuk kemaslahatan. Makanya sistim pendidikan yang dilaksanakan Muhammadiyah mengkolaborasikan antara dzikir dan pikir. Duniawi dan ukhrawi.

Olyq tahun ini merupakan kegiatan kedua yang dilaksanakan di Univetsitas Muhammadiyah Jakarta (Uhamka). Berlangsung pada tanggal 27 – 28 Mei 2016. Kegiatan serupa di tahun yang lalu terlaksana di Cilacap. Hasilnya cukup membangggakan bagi pelajar Indonesia pada umumnya.
Cabang yang dilombakan meliputi dua bagian yaitu Ilmu-ilmu al-Qur’an dan sains. Al-Qur’an : Musabaqah, tartil, hifzil, kaligrafi, adzan dan musikalisasi terjemah al qura’an. Ranah Teknologi meliputi : robot, roket air, toys desain, majalah, web dan prestasi kepala sekolah serta guru.  Jenis lomba ini dipertandingkan karena memang membutuhkan skill yang tinggi dan harus memiliki apresiasi seni.
Selama ini, antar guru berkomunikasi lewat media sosial. Mengungkapkan ide dan gagasan juga lewat media sosial. Pada kesempatan yang baik seperti ini? Gagasan, ide dan inovasi dalam pendidikan akan dipresentasikan baik oleh guru maupun kepala sekolah. Kesan yang akan dibangun bahwa Muhammadiyah sebagai sekolah swasta tidak kalah pentingnya dengan sekolah yamg lain sebagai salah satu komponen untuk membentuk peradaban bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *