Sagisandro

Apa itu Sagisandro? Sagisandro makhluk ciptaan JIS – IGI  Propinsi DIY. JIS adalah Jaringan Informasi Sekolah, IGI merupakan Ikatan Guru Indonesia. Sebuah organisasi profesi yang bergerak dalam peningkatan mutu pendidikan. Sagisandro adalah sebuah pelatihan atau workshop untuk pembuatan media pembelajaran berbasis android dan videoscribe.

IGI Propinsi DIY yang belum lama dilantik langsung tancap gas untuk merealisasikan visi dan misinya. Pertama kali yang dilakukan dengan menyelenggarakan workshop Sagisandro. Pelatihan ini diikuti oleh kurang lebih 80 orang yang tergabung dalam guru pemula untuk pembuatan aplikasi android. Dari data pendaftaran, tercatat bahwa latar belakang guru tidak didominasi TIK. Mereka datang dari berbagai basik keilmuan. Karena tujuan pelatihan ini adalah pembuatan media pembelajaran untuk semua mata pelajaran.

Patut diapresiasikan, keberadaan SMK Negeri 4 Yogyakarta, sebab disinilah IGI bermula dan berkembang. Pelantikan IGI Prop. DIY dan pelatihan kali ini juga bertempat di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Acungan jempul juga layak ditujukan pada peserta. Kehadiran mereka bukan hanya dari Kota Yogyakarta, namun dari pelosok yang jauh seperti Kulon Progo, Sleman atau Gunung Kidul. Bahkan ada peserta yang datang dari Blitar Jawa Timur. Terlebih disaat bulan Ramadhan, dihari minggu yang sebenarnya untuk acara keluarga.

Dalam sambutannya ketua panitia sekaligus ketua IGI DIY mengharapkan agar pelatihan ini ada 3 hal yang harus diperoleh. Pertama bahwa peserta Sagisandro ini, diharapkan menjadi pembangkit dalam pembuatan materi pelajaran berbasis android. Ingat, IGI berobsesi menciptakan 1 juta guru pionir dalam pembelajaran on line. Kedua, hasil pelatihan bisa di upload di play store, sehingga ada banyak orang yang down load. Ada jiwa yang terbuncah bahwa JIS-IGI ingin sekali up load dari pada down load. Karena up load itu aktif.  Sehingga sharing and growing together dapat terwujud. Dan yang ketiga, diharapakan bukan hanya up load semata, tetapi menjadi yang terbaik diantara pilihan yang lain.

Pelatihan ini di siarkan langsung via you tube atau vicon (video converence). Kegiatan siaran langsung bagi JIS-IGI bukanlah barang baru. Namun dibalik semuanya, bahwa JIS-IGI sadar bahwa masih banyak teman-teman di luar sana yang ingin juga mengikuti namun kendala keterbatasan waktu dan kesempatan. Semoga aktifitas yang dilakukan tidak sia-sia.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *