Lagu Cinta Terbaik

Saat saya masih kecil, saya paling suka mendengarkan acara tangga lagu di sebuah radio. Saya ingat betul lagu “Lagu Untuk Sebuah Nama” yang dinyanyikan oleh Ebiet G Ade demikian lama bertengger dipuncak. Saya tak ingat benar berapa minggu lagi itu sebagai pemuncak. Kalau tidak salah sampai 14 minggu – 3 bulan. Saingan terdekat adalah lagunya “Jangan Sakiti Hatinya” yang dipopulerkan Iis Sugianto.

Lagu lama, seputar tahun 70 – 80 an, hingga sekarang masih menjadi favorit bagi penggemar. Lirik lagunya sederhana, irama lagunya juga sederhana, tapi penyanyinya punya karakter yang kuat. Penyanyi yang masuk ke dapur rekaman, memang telah diseleksi dengan ketat. Musisi tak akan membiarkan seorang calon penyanyi yang berangkat dari suara biasa-biasa saja. Boleh dikatakan bahwa penyanyi masuk dalam lorong bakat alam, bergulat di ranah alam.

Lagu Untuk Sebuah Nama yang menjadi sound track film “Arjuna Mencari Cinta”, yang diperankan oleh Herman Felani sempat memicu perdebatan. Penggemar wayang tak rela bila Arjuna (tokoh pewayangan) dijadikan sebuah judul film yang diembel-embeli dengan mencari cinta. Seakan-akan bahwa Arjuna itu adalah Don Juan.

Beberapa tahun terakhir ini saya baru mengerti bahwa Lagu Untuk Sebuah Nama adalah lagu yang realistis. Inilah lagu cinta yang terbaik menurut versi saya. Ini bukanlah pengalaman pribadi, tapi saya lagu yang saya pahami lewat liriknya. Bahwa cinta tak harus bertemu, sekalipun hanya lewat bayangannya.

http://www.youtube.com/watch?v=GRuMZcLQWO8.html

Lagu Untuk Sebuah Nama

Mengapa jiwaku mesti bergetar 
 Sedang musikpun manis kudengar 
 Mungkin karena kulihat lagi 
 Lentik bulu matamu 
 Bibirmu dan rambutmu yang kau biarkan 
 Jatuh berderai di keningmu 
 Makin mengajakku terpana 
 Kau goreskan gita cinta 
 
 Mengapa aku mesti duduk disini 
 Sedang kau tepat didepanku 
 Mestinya kau berdiri berjalan kedepanmu 
 Kusapa dan kunikmati wajahmu 
 Atau kuisyaratkan cinta 
 Tapi semua tak kulakukan 
 Kata orang cinta mesti berkorban 
 
 Mengapa dadaku mesti bergoncang 
 Bila kusebutkan namamu 
 Sedang kau diciptakan bukanlah untukku 
 Itu pasti tapi aku tak mau perduli 
 Sebab cinta bukan mesti bersatu 
 Biar kucumbui bayanganmu 
 Dan kusandarkan harapanku 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *