Tanya-Jawab Manajemen Mutu

  1. Apa yang mendasari munculnya manajemen mutu terpadu?

Mutu terkait langsung dengan pelanggan. Sebuah perusahaan hidup dari pelanggan. Pelanggan yang merasakan langsung hasil produk dari perusahaan. Oleh karena itu, apabila perusahaan ingin berdiri tegak, salah satu syaratnya dengan meningkatkan mutu produksi. Tidak heran apabila IBM (perusahaan computer berskala Internasional mendefinisikan bahwa “mutu sama dengan kepuasan pelanggan”

  1. Apakah berbicara mutu hanya sekedar inisiatif?

Bila membicarakan mutu hanya sekedar inisiatif, maka akan tertinggal dengan organisasi lain. Orang lain sudah memakai standar Internasional. Berawal dari The Citizen’s Charter, The Parent’s Charter sampai pada International Standard ISO 9000, merupakan bagian penghargaan dan standar mutu yang telah diperkenalkan untuk mempromosikan mutu dan keunggulannya.

  1. Total Quality Management (TQM) dikatakan sebagai sebuah metode juga filosofi. Jelaskan

Metode adalah cara. Esensi TQM adalah perubahan budaya. Institusi memerlukan perubahan jikalau tidak akan mendapat tekanan baik dari dalam maupun dari luar. TQM adalah cara yang menghilangkan tekanan ekonomi sehingga mereka mampu bersaing lebih baikdengan cepatnya pertumbuhan ekonomi.

Bila TQM merupakan cara, sehingga mampu merubah budaya, maka TQM bisa akan berubah ujud menjadi sebuah filosofi. Anturan permainan yang dipakai oleh institusi itu menjadi filosofi institusi.

  1. Apa perbedaan antara kontrol mutu, jaminan mutu dan mutu terpadu?

Menurut sejarah, kontrol mutu merupakan konsep tertua. Ia melibatkan deteksi dan eliminasi komponen-komponen atau produk gagal yang tidak sesuai dengan standar. Kontrol mutu biasanya dikerjakan oleh pekerja-pekerja yang dikenal sebagai pemeriksa mutu. INspeksi dan pemeriksaan adalah metode-metode umum dari control mutu.

Jaminan mutu berbeda dengan kontrol mutu, baik sebelum maupun proses tersebut berlangsung. Jaminan mutu didesain agar proses produksi menghasilkan produk yang memenuhi spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Jaminan mutu adalah cara untuk memproduksi produk yang bebas cacat dan kesalahan. Tujuannya menciptakan produk tanpa cacat (zero defects).

Dalam konsep mutu terpadu pelanggan adalah raja. TQM merupakan perluasan dan pengembangan dari jaminan mutu. TQM adalah tentang usaha menciptakan sebuah kultur mutu, yang mendorong semua personal untuk memuaskan pelanggan.

  1. Apa yang dimaksud “ mutu merupakan konsep yang absolut”?

Definisi absolut, sesuatu yang bermutu merupakan bagian dari standar yang sangat tinggi yang tidak dapat diungguli. Produk yang bermutu adalah sesuatu yang dibuat secara sempurna dengan biaya yang mahal.

  1. Apa yang dimaksud dengan “mutu bersifat relatif”

Berbeda dengan absolut. Mutu yang bersifat relatif, memandang bahwa mutu bukan sebagai sesuatu yang dianggap berasal dari produk atau layanan, tetapi dianggap sesuatu yang berasal dari produk atau layanan tersebut. Mutu dapat dikatakan ada apabila sebuah layanan memenuhi spesifikasi yang ada. Produk atau layanan tersebut tidak harus special, tapi harus asli, wajar dan familiar. Sehingga mutu harus mengerjakan apa yang seharusnya dikerjakan, dan mengerjakan apa yang diinginkan pelanggan. Dengan kata lain, ia harus sesuai dengan tujuannya.

  1. Bagaimana TQM menurut pendidikan?

Peningkatan mutu menjadi semakin penting bagi institusi pendidikan. Lembaga pendidikan harus mampu menegelola dan memberikan pendidikan yang bermutu pada peserta didik. Hasil produk suatu pendidikan akan mendapat apresiasi dari masyarakat. TQM dapat dijadikan sebagai alat ukur untuk mendapatkan produk pendidikan. Sehingga masyarakat akan memberikan perhatian khusus untuk institusi.

  1. Apa yang dimaksud dengan kaizen?

Dalam bahasa Jepang kaizen berarti terus-menerus. Dalam bahasa sehari-hari bisa diartikan perbaikan sedikit demi sedikit (step by step by improvement). TQM merupakan pekerjaan yang besar, inspirasional dan menyeluruh, namun implementasi praktisnya justru dalam lingkup kecil.

Berjalan sedikit demi sedikit dan terus menerus merupakan jalan terbaik dalam meraih cita-cita yang besar. Makanya, prinsip prinsip manajemen harus diterapkan sesuai dengan kondisi dan sumber daya manusia. Rencana dan langkah yang besar dan muluk-muluk tidak akan menimbulkan kemajuan, sebab hal yang demikian sering terjebak pada kurangnya sumber daya, dan buntunya sumber daya bisa mengakibatkan sinisme dan ketidak puasan.

  1. Untuk apa semangat kaizen?

Semangat kaizen dibentuk untuk memilah-milah menjadi bagian yang kecil-kecil. Dengan kelompok yang kecil, gerak menjadi leluasa, proses tidak berbelit dan tujuan cepat terealisir.

Metode yang paling baik untuk mengerjakan proyek besar adalah dengan memisahkannya ke dalam kelompok-kelompok kecil. Karena perubahan yang solid dan bertahan lama didasarkan pada kontinuitas rangkaian proyek yang kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *