Melalui Perbaikan RPP Berharap Pembelajaran Lebih Baik

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi

Bertempat di SMP Negeri 15 Yogyakarta, MGMP SMP untuk mata pelajaran : Matematika, IPA dan Bahasa Inggris telah melakukan kegiatan berupa pelatihan Pembinaan dan Pengembangan Mutu SMP. Kegiatan ini merupakan follow up dari kegiatan sejenis yang diselenggarakan oleh Dikpora DIY. Dari hasil evaluasi oleh peserta, dirasa perlu dan penting untuk diteruskan pada tingkat kabupaten dan kota, karena masing-masing daerah memiliki karakteristik dan spesifikasi yang berbeda-beda.
Musyawarah Guru Mata Pelajaran Matematika dan juga IPA serta Bahasa Inggris menyelesaikan pekerjaan pembuatan RPP untuk masing-masing pelajaran yang berlangsung 3 hari dari tanggal 8 – 10 September 2016. RPP diharapkan se,mua sekolah yang bernaung di Kota Yogyakarta akan seragam tanpa mengurangi keragaman sekolah masing-masing, Namun pembuatan RPP ini sebagai langkah awal dalam memulai kurikulum 13 (kurtilas). Kurikulum yang syarat dengan perubahan yang berbasis pada kreatifitas siswa.

Bukan hanya pembuatan RPP saja. Semua aktifitas dalam pelatihan ini di support oleh pengawas antara lain : Bapak Drs. Rudi Darmawan, M.Pd yang memberikan materi Dinamika Perkembangan Kurikulum dan Penilaian. Ibu Bremaniwati, S.Pd. yang memberikan materi Kompetensi Paedagogik dan Profesional Guru Pembelajar. Ibu Endang Triningsih, M.Pd juga mempresentasikan Analisis Keterkaitan SKL, KI dan KD serta Penilaian.

Sebelumnya, dalam memberi sambutan, Bapak Drs. Sugeng Mulso Subono juga memberikan arahan tentang kebijakan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Dalam sambutannya, beliau mengisyaratkan bahwa pekerjaan pendidikan semakin berat. Tantangan yang dihadapi oleh seorang pendidik semakin beragam. Pengaruh globalisasi sangat dirasakan oleh semua pihak, baik keluarga, masyarakat ataupun insan pendidik. Karena nilai-nilai yang telah tertanam oleh orang tua, saat semakin pudar. Nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat semakin beragam dan tidak mengikat pada akar budaya kita.
Pak SMS demikian beliau sering dipanggil menawarkan kepada pendidik khususnya yang ada di Kota Yogyakarta untuk selalu mengikuti pelatihan baik yang diselenggarakan oleh Dinas maupun lembaga lain sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi sebagai guru sekaligus sebagai masyarakat yang diharapkan menjadi panutan untuk generasi muda.
Sesi akhir dari pelatihan ini, masing-masing mata pelajaran membuat tugas yang telah digariskan oleh Dikpora dengan bimbingan langsung oleh pengurus MGMP. Dalam komunitas ini diskusi semakin intens karena pesertanya homogen. Materi yang dibahas juga sama. Silang pendapat tak mungkin dihindari, karena peserta datang dari beberapa sekolah yang memiliki karakter dan sifatnya yang berbeda. Demikian pula idealisme seorang peserta juga sering menonjol. Mereka termotivasi agar nantinya kerangka dasar atau konsep pembelajaran yang terdokumen dalam RPP dapat berjalan dengan baik sesuai dengan angan-angan guru.

photo_20160909_132023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *