Lomba Matematika Nasional di Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Dokumen pribadi

Dokumen pribadi

Untuk kali ke-3 ini saya mengantar anak-anak mengikuti Lomba Matematika tingkat Nasional  (LMN) di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Even yang selalu hadir setiap tahun bernuansakan kompetisi. Wajar bila peserta utusan dari sekolah merupakan anak yang terpilih. Ada sekitar 800 anak siap bertempur untukmendapatka yang terbaik, mulai dari jenjang SD sampai dengan SMA.
Penyelenggaranya Fakultas Mipa, khususnya jurusan Matematika. Kata orang, matematika ini sulit, pelajaran yang bisa memusingkan. Itu katanya. Jangan mengikuti jargon ini sebelum membuktikan bagaimana nikmatnya belajar matematika. Matematika selalu hadir di setiap relung kehidupan. Jadi bersahabatlah dengan dia. Semakin dibenci, matematika akan semakin menemuimu di setiap saat.

Penyelenggaraan tahun ini jauh lebih baik bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kalau boleh saya katakan, grafik pelaksanaannya seperti cekungan. Saya dokumen selama tiga tahun terakhir. Awalnya, tahun pertama cukup bagus. Mulai dari soasialisasi sampai pada tahap pengumuman. Ada beberapa catatan yang sempat saya rekam. Pertama sosialisasi. Tahun ini, panitia melibatkan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah di setiap Daerah untuk membantu program LMN. Kerja yang sinergis ini menghasilkan sebuah informasi yang menyeluruh dan terkoordinir. Terbukti bahwa panitia selalu kontak dengan sekolah apabila ada hal-hal terbaru mengenai lomba.
Kedua registrasi. Sudah ada pemilahan antar jenjang. Untuk tingkat SD di tempat tersendiri, demikian pula SMP dan SMA. Pendaftaran on-line sangat membantu kelancaran bidang administratif. Data yang terkirim sudah jauh hari disimpan oleh panitia. Kelengkapan form lomba tertata rapi.
Ketiga pra pembukaan. Mulai dari penyambutan tamu yang hadir lebih rapi. Biang keladi kesemrawutan biasanya pada pengaturan kendaraan roda empat. Bila awalnya pengaturan jalur acak-acakan dapat diduga rentetan acara akan semrawut. Kali ini, pengatur alur kendaraan lebih sigap dibanding tahun lalu. Ada ruas jalan yang harus bebas dari parkir kendaraan. Ada tempat penampungan yang dikhususnya untuk mengumpulkan kendaraan. Demikian pula pemilahan jenis kendaraan sudah tertata rapi. Panitia tahu benar tentang prinsip himpunan. Dengan penerapan himpunan, tata letak dan tata kelola akan selaras dengan rencana. Gab nya tidak terlalu jauh.
Keempat pembukaan. Peristiwa satu akan berpengaruh dengan peristiwa yang lain. Bila kejadian awal sudah tidak bisa dikendalikan, jangan harapkan mata rantai acara akan berjalan dengan baik. Pembukaan kali telah dilaksanakan jauh lebih baik. Ketepatan waktu masih sangat ditoleransi. Karena jedanya tidak begitu jauh. Penempatan peserta dengan pendamping atau pengantar telah terpisah cukup jauh. Sehingga susunan acara mengalir sangat rapi. Peserta maupun non peserta bisa mengikuti dengan penuh hikmat.
Kelima, pembagian tugas. Saya tentu tidak mengikuti koordinasi mereka (panitia). Saya juga tidak tahu pembagian tugasnya. Tapi saya dapat melihat kerapian dan keseimbangan kerja yang jelas. Ini tidak saya temui tahun kemarin. Panitia dapat menempati dirinya sesuai dengan job yang diamanatkan. Setiap panitia dapat memberi informasi yang jelas kepada setiap tamu yang butuh informasi.
Kalau harus memberi saran. Pertama. Musik penyambutan hendaknya diganti. Sudah 2 tahun ini, tamu disuguhkan musik tradisional yang sama. Bukankah Banyumas gudangnya musik tradisional? Seperti Ronggeng yang fenomenal. Even ini sangat mahal. Sungguh sayang dilewatkan begitu saja bila tak mengenalkan budaya setempat. Kedua, penggunaan Teknologi Informasi. Penyelenggaraan LMN ini hendaknya lebih memanfaatkan TI. Baik untuk manajemen penyelenggaraan ataupun pelaksanaan lomba. Fakultas mipa khususnya jurusan Matematika tentu sangat berkepentingan. Apalagi tahun ini dicanangkan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Apakah berarti UMP harus menyediakan sarana komputer? Tidak harus. Peserta biar membawa sendiri saja. Bisa lap top, net book ataupun android. Bila masih gamang sebaiknya uji coba dulu dengan melibatkan sekolah di lingkungan UMP. Boleh dilihat link ini : www.matematikastudycenter.com saya telah mencoba cukup bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *