Pisa-Like Problems

PHOTO_20170417_090544

Bertempat gedung southeast Asian Minister of Education Organization Regional Centre for Quality Improvement of Teachers and Education  Personal in Mathematics (SEAMO : QITEP in Mathematics) yang satu lokasi dengan PPPPTK Matematika Yogyakarta, workshop on Development PISA-LIKE PROBLEMS and HOTS ITEM FOR MATEMATICS akan berlangsung 3 hari sejak tanggal 17 hingga 19 April 2017. Peserta uang datang bukan hanya dari lingkungan Kota Yogyakarta, tapi dari kota seputar turut hadir dan mengikuti pelatihan.
Pelatihan ini sesungguhnya untuk melatih guru matematika agar pembelajaran sesuai dengan standar PISA (Program for International Student Assessment). Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Drs. H. Edi Suasana, M.Pd. bahwa DIY bersama dengan NTB (Nusa Tenggara Barat) Ditunjuk oleh Mendikbud menjadi sempel untuk mengikuti ajang PISA. Apa sesungguhnya PISA?

PISA merupakan sistem penilaian secara internasional yang menitikberatkan pada kemampuan anak usia 15 tahun dalam bidang literasi membaca, literasi matematika dan literasi di bidang sains. Khusus bidang matematika,  PISA juga  dapat mengukur kemampuan seorang siswa dalam problem solving.
PISA diadakan pertama kalai tahun 2000 danbergulir setiap 3 tahun sekali. Pada tahun 2000, penelitian PISA difokuskan pada kemampuan membaca, sementara dua aspek lainnya menjadi pendamping. Barulah pada tahun 2003 aspek matematika menjadi fokus utama hingga sekarang.
Dikalangan guru, bentuk soal hots bukan pertama kali menjadi tranding topic. Namun akhir-akhir ini 6menjadi gejala umum, sejak diberlakukannya kurikulum 2013. Soal jenis hots memang menuntut seseorang harus berpikir kritis, mengandalkan logika, dan mampu menghubungkan antar materi pelajaran. Cara berpikir integral menjadi dasar untuk menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan soal berbasis hots.
R. Haryo Jagad Panuntun, M. Kes. Sebagai fasilitator sekaligus wakil Direktur mengharapkan bahwa work shop kali ini bukan hanya sebagai ajang pengenalan keberadaan PISA tapi mampu dikembangkan di satuan pendidikan masing-masing terutama terhadap koleganya. Langkah pasti yang ditempuh oleh seameo mampu menjunjung derajad matematika sehingga swjajar dengan negara lain terutama Singapura.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *