Ketiga Kalinya ke Lampung

PHOTO_20171026_171511

Untuk yang ketiga kalinya saya berkesempatan mengunjungi Lampung. Tepatnya Bandar Lampung. Provinsi Lampung adalah Provinsi yang terletak di paling Selatan Pulau Sumatera dengan letak geografisnya berada diantara 103° 40′ – 105° 50′ Bujur Timur dan 6° 45′ – 3° 45′ Lintang Selatan.

Provinsi Lampung berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu disebelah Utara. Sedangkan di sebelah Barat dan Selatannya berbatasan dengan Selat Sunda, di sebelah Timur Provinsi Lampung berbatasan dengan Laut Jawa.
Didirikan pada tanggal 18 Maret 1964 berdasarkan dasar hukum Peraturan Pemerintah No. 14 tahun 1964. Luas wilayah Provinsi Lampung adalah sebesar 34.623,80 km persegi.
Saat ini saya sedang mendampingi tim Olympiade Ahmad Dahlan untuk bidang mata pelajaran Matematika dan IPA. Dua siswa diutus untuk mewakili sekolah yaitu ananda Raihan dan Naufal.
Olympiade Ahmad Dahlan atau Olympicad terakhir dilaksanakan di Malang, yaitu yang keempat. Saat ini sedang berlangsung OlympicadV di Bandar Lampung. Pelaksanaannya dipusatkan di perguruan Muhammadiyah Lampung. Olympicad yang kelima, 26-29 Oktober 2017. Perguruan Muhammadiyah Lampung berlokasi di Bandar Lampung. Tepatnya jalan ZA Pagar Alam no.14 Kedaton Bandar Lampung.
Mengapa dinamakan komplek perguruan Muhammadiyah? Padahal bukan hanya perguruan tinggi semata? Karakter sekolah Muhammadiyah, dibeberapa tempat memang bernaung di satu atap. Di Yogyakarta sudah ada sejak dulu. Yang terkenal adalah Purwodiningratan ada ABA sampai dengan SMA Muhammadiyah. Sedangkan di Kapas mulai dari SD sampai perguruan Tinggi.
Demikian pula di Bandar Lampung. Komplek perguruan Muhammadiyah dihuni ABA, SD, SMP, SMA, SMK dan Perguruan Tinggi. Luas lahan yang digunakan juga tidak begitu lapang. Selama ini mereka akur-akur saja. Tidak ada gejolak. Salah satu faktor perekatnya adalah Masjid. Bila adzan tiba, mereka menuju satu tujuan tanpa memandang asal dan stratanya. Olympicad kelima kali ini mempertandingkan: Mata pelajaran, kreatifitas siswa, kompetisi guru dan kepala sekolah, keagamaan, Tapak Suci, robot, film indie, pidato bahasa inggris dan arab dll. Mereka bertanding di lokasi yang berbeda. Tercatat arena lomba dilaksanakan juga di LPMP Lampung, Asrama Haji Rajabasa, dan Lapangan Garuda. Ribuan peserta dan pendamping lomba mengikuti jalannya kompetisi dengan semangat kebersamaan dan satu tujuan.
Selain konsentrasi di Olympiade, saya juga berkesempatan bertemu dengan kolega. Teman yang dijumpai di media sosial. Sungguh baik teman saya ini. Padahal baru berjumpa untuk pertama kalinya. Dia menyediakan segalanya untuk keperluan pendukung acaraku.
Semula, saya hanya tanya penginapan yang tepat untuk kegiatan olympicad. Namun oleh teman saya tidak diperbolehkan. Sebaliknya dia menyediakan tempat untuk berteduh. Jadilah kami berempat menginap di rumahnya.
Sungguh pengalaman yang sangat berkesan, dengan tidak menafikan yang lain. Karena hampir selalu kalau saya bepergian ke luar kota sebelumnya aku menghubungi beberapa teman. Maksudku hanya mencarikan info, agar yak tersesat. Di Jakarta, Bandung, Malang semua atas bantuan teman-teman. Itu kalau saya membawa rombongan. Nilmat manalagi yang kau dustakan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *