Apa yang ada di Gawai

Gadget atau gawai adalah sebuah istilah yang artinya seperangkat elektronika kecil yang memiliki kemampuan khusus. Ciri khususnya adalah selalu baru. Artinya dari detik ke detik selalu terjadi perkembangan. Munculnya teknologi baru inilah, yang membius masyarakat untuk memiliki, karena berfungsi membantu aktifitas.

Kebiasaan yang menguras fisik, sudah ditinggalkan. Bermain kelereng, bermaian-layang-layang, gobak sodor, atau petak umpet di kampung. Olah fisik sirna seketika, kalah dengan segenggam alat yang bernama gadget. Akibatnya badan menjadi mekar, tak seimbang dengan pertumbuhan.

Ada 7 alasan mengapa orang tertarik gawai.

Pertama, adalah untuk hiburan. Meskipun hanya Whatsapp (WA), tapi dari sinilah orang merasa terhibur. Informasi datangnya seketika. Apa yang kit acari tinggal klik. Tidak harus menunggu esok hari. WA menjadi istri atau suami kedua, atau bahkan pertama. Mengabaikan pasangan hidup sesungguhnya.

Kedua, gaul. Tanpa menggenggam gadget rasanya kita berada didunia lain. Ada yang kurang, bila tidak memegang HP. Mulai dari bangun tidur, sampai menjelang tidur tak pernah lepas dari tangan. Sebaliknya ada juga orang yang merasa tidak nyaman bila menenteng gadget. Seakan gadget itu menelikung kehidupannya.

Ketiga, Modern. Dianggap bahwa gadget adalah simbol gaya hidup modern. Penemuan teknologi yang mungil ini mampu menyulap manusia biasa menjadi manusia modern, katanya. Kehidupannya menjadi serba diatur.

Keempat, Kesepian. Benar bahwa dengan adanya gadget, manusia menjadi kesepian. Terasing dari lingkungannya. Tiba-tiba saja gelak tawa renyah dari tetangga tak terdengar lagi di teras rumah. Kampung menjadi sunyi, setelah penduduk mengungsi di rumah atau di kamarnya masing-masing dan bersendau gurau dengan gawai.

Kelima, Stress. Berkurangnya interaksi sosial bersama tetangga menyebabkan tidak ada orang mau mendengarkan keluh kesah. Tak ada lagi orang yang mau memperhatikan keberhasilan, kesuksesan yang kita peroleh. Mereka juga sama seperti kita. Tak membutuhkan kepedulian kita.

Keenam, Mudah. Ada indikator lain yang bisa diserap dari gadget. Kemudahan memperoleh informasi. Hanya dengan memainkan jemari, apa yang kita butuhkan telah tersedia. Kemudahan ini memacu langkah berikutnya. Ditengah kompetisi seperti sekarang ini, bergerak cepat adalah rumus utamanya. Formula yang harus dipenuhi dalam bekerja.

Ketujuh, Cepat. Tentu, faktor kecepatan menjadi pertimbangan orang memilih gadget. Dengan dukungan seperangkat alat lainnya, gawai menjadi partner dalam berbisnis, berkorespondensi, bekerja bahkan sampai bersantai.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *