Bilangan Pecahan

Pengertian Bilangan Pecahan

Secara singkat, bilangan pecahan dapat diartikan sebagai sebuah bilangan yang memiliki pembilang dan juga penyebut. Pada bentuk bilangan ini, pembilang dibaca terlebih dahulu baru disusul dengan penyebut. Ketika menyebutkan suatu bilangan pecahan, diantara pembilang dan penyebut harus disisipkan kata “per”. Misalkan untuk bilangan 3/5 maka kita dapat menyebutnya dengan “tiga per lima” begitu juga dengan bilangan 1/4 kalian bisa membacanya “satu per empat” atau “seperempat”.

Macam-macam Bilangan Pecahan

Ada beberapa macam bilangan pecahan, antara lain:

  1. Bilangan Pecahan
  2. Bilangan Desimal
  3. Bilangan Pecahan campuran
  4. Bilangan Persen
Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan

Untuk menjumlahkan atau mengurangkan dua buah bilangan pecahan, maka syarat utama dari kedua bilangan tersebut adalah harus memiliki penyebut yang sama. Sedangkan untuk menjumlahkan bilangan pecahan yang memiliki bilangan penyebut berbeda, maka penyebutnya harus disamakan dengan cara mencari kpk dari kedua bilangan.

Lihat video berikut

Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan

Untuk mengalikan dua buah bilangan pecahan, cukup dengan mengalikan pembilang dengan pembilang lalu penyebut dengan penyebut. Pada pembagian bilangan pecahan dapat dilakukan dengan mengalikan pembilang dengan penyebut secara bertukar. Contohnya:

Lihat video berikut 

Latihan

Membandingkan Bilangan Pecahan

Lihat tabel berikut ini

Lihat video berikut

Mengurutkan Bilangan Pecahan

Lihat video berikut

Menentukan Pecahan diantara Dua Pecahan

Lihat video berikut

Latihan Uraian

1. Banyaknya penduduk di kota A pada tahun 2021 adalah 1.800.000 orang. Bila setiap tahun bertambah 2%, tentukan banyaknya penduduk kota A pada tahun 2023 dan 2024

2. Pak Karto memiliki lahan seluas 360m². 1/3 (sepertiga) bagian dibuat untuk kolam ikan, 1/4 (sepertempat) bagian untuk tanaman obat dan sisanya untuk taman bermain. Tentukan luas tanah untuk : kolam ikan, tanaman obat dan taman bermain.

3. Emas 22 karat mengandung 22/24 emas murni dan sisanya adalah campuran logam lain.

a. Berapa bagiankah campuran logam lain dalam emas tersebut

b. Dari 48 gram emas 22 karat, berapa gram campurannya

4. Mana yang lebih banyak. 3/4 dari 5 ton atau 5/6 dari 5 ton. Buktikan dengan hitungannya.

5. Dalam sebuah kejuaaraan lompat jauh, seorang juara I mampu melompat sejauh 4/3 meter. Juara II ternyata hanya mampu melompat 3/4 nya dari juara I. Berapa meter hasil lompatan juaran II?

6. Seorang Ibu menerima gaji tiap bulan Rp3.000.000,00. Untuk biaya sekolah Ibu mengeluarkan 4/5 nya. Untuk belanja dapur Ibu mengeluarkan 3/2 nya. Berapa besar uang yang diperlukan untuk belanja dapur?

 

Ulangan bilangan bulat dan pecahan