Sering mendengar tapi tidak tahu artinya. Sering memakai tapi tidak tahu namanya. Itulah gambaran dunia Teknologi Informasi (TI) saat ini. Perkembangannya begitu cepat, sehingga belum memahami secara menyeluruh istilah-istilah yang digunakan dalam dunia TI.

Cloud computing (kumputasi awan), adalah istilah yang termasuk baru, setidaknya menurut saya. Meskipun sebenarnya kata cloud sendiri sudah lama saya dengar. Apa sebanarnya cloud computing, yang sering dimanfaatkan dalam dunia internet.

Cloud Computing merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Cloud Computing memudahkan penggunanya untuk menjalankan program tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu dan memudahkan pengguna untuk mengakses data dan informasi melalui internet.

Kata kunci disini adalah penyimpanan. Penyimpanan dalam bentuk database, server, jaringan dan perangkat lunak. Pengguna tidak perlu menyimpan aplikasi dalam computer atau gadgetnya. Sebagaimana layaknya era sekarang. User tidak perlu repot-repot memiliki wadah untuk menyimpan pemrograman atau aplikasi. Karena aplikasi yang dipakai rata-rata sudah tersimpan di cloud. Kita tinggal memakai sesuai dengan kebutuhan.

Menyimpan di cloud computing memiliki banyak keuntungan antara lain : irit biaya, meningkatkan produktivitas, kecepatan, efisiensi, performa dan keamanan. Maka dari itu, perusahaan besar, lembaga-lembaga, atau bahkan pribadi lebih memilih cloud dalam beraktivitas.

Bagaimana cara kerja cloud computing (CC). Untuk bekerja dengan menggunakan CC, harus memiliki sepasang roda, yaitu data (ada di awan) dan internet untuk mengakses. Server yang untuk menampung data, harus memiliki daya yang besar. Karena data ini kumpulan dari berbagai macam platform yang siap melayani aplikasi secara virtual. Contoh dari CC antara lain, gmail, PDF, Google Drive, Zoho dan lain-lain.

Apa fungsi dari CC. Hampir setiap hari kita menggunakan CC. Karena keseharian, kita sebenarnya sudah bekerja lewat online. Kita tidak perlu menyimpan data yang kita butuhkan. Cukup CC yang menyediakan.

Adapun manfaat CC anatara lain, pertama penyimpanan terpusat. Teknologi CC memudahkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server. Kedua, keamanan data. Setiap pengguna pasti tidak ingin datanya hilang hanya karena computer rusak, atau memori gadget tidak dapat menampung. Teknologi CC memberi solusi. Penyimpanan data akan lebih aman.

Ketiga, murah dan tahan lama. CC tidak memerlukan media penyimpanan storage pada hard disk eksternal karena sudah otomatis tersimpan pada server pusat. CC juga mengklaim, bahwa data akan tersimpan lebih lama dan biaya lebih murah. Disamping itu, data tersimpan lebih fleksibel dan efisien.

Sagasitas memberi solusi.

Sagasitas adalah sebuah komunitas yang berkonsentrasi dalam pengembangan dan pembimbingan penelitian siswa di DIY. Kegiatan yang dilakukan antara lain, sosialisasi kegiatan penelitian, pembimbingan dan penerbitan jurnal yang memuat hasil penelitian-penelitian siswa. Anggota Sagasitas terdiri dari para mantan juar kompetisi serupa yang saat ini sedang melanjutkan di berbagai bidang studi universitas di Indonesia serta orang-orang dan atau para pakar keilmuan yang memiliki kesamaan tujuan yaitu memasyarakatkan kegiatan penelitian sedini mungkin pada siswa.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *