Ramadhan tahun 1441 H hari ketiga

Suda menjadi kewajiban seorang Muslim sehari-hari untuk menjalankan segala bentuk ibadah yang diperintahkan oleh Allah swt dan Rasulullah Muhammad saw. Tiada alasan bagi seorang Muslim untuk dengan sengaja meninggalkan ajaran agamanya. Hal ini karena Allah swt telah menegaskan bahwa tujuan diciptakannya manusia di bumi ini adalah untuk beribadah kepada-Nya. Surat Adz Dzariyat 51:56, artinya “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku”.

Menilik ungkapan di atas, sepintas terlihat bahwa Islam adalah agama yang ketat, kaku. Seolah tergambar bahwa Islam adalah yang penuh tuntutan, tidak peduli bagaimana pun keadaan serta situasi dan kondisi umatnya. Islam, seakan-akan adalah agama yang beratuntuk dijalankan.

Padahal, tidak demikian agama Islam itu. Justri sebaliknya, Islam adalah agama yang longgar, lentur, sangat mengerti keadaan umatnya. Islam adalah agama yang ringan dan mudah untuk dijalankan.

Kemudahan Islam ini, secara lebih spesifik dapat dikelompokkan menjadi dua bagian. Pertama, adalah kemudahan yang diberikan secara langsung oleh Allah swt dan Rasul-Nya, yang termaktub dalam Al-Qur’an maupun Hadits. Contohnya : kemudahan bagi mereka yang sedang dalam perjalanan dapat melaksanakan shalat dengan cara jamak dan atau qasar.

Kedua, adalah kemudahan yang bersumber dari hasil ijtihad manusia karena dalam al-Qur’an maupun hadits, tidak ditemukan petunjuk yang tegas. Sehingga memerlukan penalaran mendalam serta pencurahan daya yang maksimal untuk mengetahuinya. Contohnya : Kemudahan dalam cara menentukan awal Ramadhan dan Idul fitri, Ketika Rukyat (melihat hilal secara langsung) dirasa sulit untuk dilakukan karena berbagai hal , maka digunakan cara hisab (memperhitungkan posisi hilal) yang lebih sederhana dan mudah dilakukan.

Sumber tulisan : 30 Hari Meraih Taqwa jilid 2, diterbitkan oleh : Suara Muhammadiyah dan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DIY.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *