Membuka Pintu Rizki

Hari kelimabelas ramadhan 1442 H

Dan Allah melebihkan sebahagian kamu dari sebagian yang lain dalam hal rezeki.” (an Nahl : 71)

Salah satu cabang dalam asmaul husna adalah “ar Rozzaq”, artinya Maha Pemberi Rizki. Allah adalah satu-satunya pemberi rizki. Rizki disini sifatnya masih umum, yaitu segala sesuatu yang diingankan manusia. Allah memberi rizki berupa makanan dan lain-lain setiap saat. Namun, mengapa sebagian orang lain sulit mendapatkan rizki.

Bagaimana agar rizki terus mengalir ?

Pertama, Menjalin hubungan dengan orang tua. Setiap hari, bahkan setiap selesai melaksanakan sholat, kita diajarkan untuk mendoakan kepada orangtua. Bahkan, setelah kedua orangtua tiada, kita tetap untuk mendoakan kepadanya. Sebab doa anak shalih merupakan doa yang terus mengalir untuk orangtuanya.

Berbahagialah orang yang masih memiliki orangtua. Dari sanalah pintu rizki akan terus mengalir. Dari sanalah pintu surga akan tetap terbuka. Silaturahmi kepada orangtua bukan hanya melepas kerinduan, bukan hanya darma bakti kepada mereka, namun ruh iman dan ketakwaan akan selalu terjaga.

Kedua, Memperbanyak sedekah. Teori ini berbanding terbalik dengan teori kapitalisme. Semakin banyak menabung, maka akan semakin banyak harta yang akan diperoleh. Secara matematis benar adanya, karena penambahan dapat dihitung secara nyata. Namun matematika Allah berbeda. Islam mengajarkan agar memperbanyak sedekah, niscaya Allah akan melipat gandakan infaknya.

Ketiga, Menikah. Allah menganjurkan agar setiap Muslim yang telah mencapai kedewasaan, supaya segera menikah. Anjuran ini ditujukan kepada manusia agar kehidupannya menjadi tenang, rizkinya melimpah. Jaminan Allah tertera dalam surat an Nuur : 32. Allah telah berjanji pada setiap manusia yang telah menunaikan ibadah pernikahan untuk mencukupkan rizkinya.

Keempat, Sholat Dhuha. Sholat dhuha merupakan kunci dalam meraih kesuksesan. Sholat dhuha juga merupakan alternatif ibadah sebagai wujud dari rasa syukur kepada Allah dan sebagai jalan untuk memudahkan rizki. Karena sholat dhuha sebagai aktivitas untuk mengontrol jiwa agar selalu dekat dengan Allah swt.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *