Ketika menemui momen yang unik, orang akan mengenangnya sepanjang masa. Hari kelahiran seseorang yang hanya terjadi sekali. Kemerdekaan sebuah bangsa, adalah peristiwa yang langka, yang dibayar dengan jiwa dan raga. Ketika orang mengingat peristiwa tersebut, orang mengenangnya, menyebutnya dengan ulang tahun.

Dunia matematika banyak sekali ditemui angka maupun simbol yang unik. Manakala menjumpai keunikan yang istimewa, maka pecinta matematika mengenangnya sebagai peristiwa yang langka. Mereka sepakat untuk bahwa angka atau simbol harus terus dikenang. Angka tersebut adalah pi.

Pi adalah sebuah konstanta dalam matematika yang merupakan perbandingan keliling lingkaran dengan diameter. Pi mulai dikenalkan oleh ahli matematika Yunani, Archimedes (sekitar 287 SM – 212 SM). Ia menentukan nilai Pi sekitar 22/7 atau dalam desimal senilai dengan 3,14.

Dalam perkembangannya, orang berburu dan mengembangkan pi. William Jones misalnya mulai mengenalkan simbol pi. Fisikawan Larry Shaw adalah seorang menyelenggarakan hari ulang tahun pi yang pertama di Exploratorium di San Fransisco, Amerika Serikat. Uniknya Ia menentukan hari pi sama seperti pi yang biasa tertulis dalam matematika, 3/14 (dibaca 14 maret).  

Kita sering menulis bahwa nilai pi 22/7 atau 3,14. Seberapa besar harga pastinya? Sebelum abad ke-15, para matematikawan seperti Archimides dan Liu Hui menggunakan Teknik-teknik geometris yang didarkan pada polygon untuk memperkirakan nilai pi. Mulai abad ke-15, cara perhitungannya menggunakan deret tak berhingga. Cara ini digunakan oleh Madhava, Isaac Newton, Leonhard Euler, dan lain-lain.

Perhitungan paling mutakhir menggunakan Chudnovsky algoritma. Metode cepat untuk menghitung pi, berdasarkan formula Ramujan. Derbitkan oleh Chudnovsky bersaudara pada tahun 1988, digunakan dalam perhitungan rekor dunia 2,7 triliun digit pi. Berkembang lagi pada tahun 2009 telah mencapai 10 triliun. Terkhir ditemukan pada tanggal 29 Jnauari 2020 dengan jumlah 20 triliun digit.

Apa manfaat yang bisa dipetik dengan mengenang pi? NASA (Badan Penerbangan dan Atariksa Amerika Serikat) mengungkapkan beberapa cara penggunaan pi. Pertama, pi bisa digunakan untuk menghitung ukuran parasut yang diperlukan untuk dikirim ke Mars. Kedua, pi digunakan untuk mencari tahu berapa banyak gambar kamera persegi panjang yang dibutuhkan untuk memetakan permukaan planet. Ketiga, pi digunakan untuk perhitungan pembuatan pesawat ruang angkasa agar bisa mengerem pada saat yang tepat.

Sumber data

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Pi
  2. https://tirto.id/kenapa-hari-pi-dirayakan-setiap-14-maret-cF8E
  3. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Chudnovsky_algorithm
  4. https://teknologi.bisnis.com/read/20190315/84/900098/ini-fungsi-pi-untuk-kehidupan-manusia

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *