Pencerminan (Refleksi)

Transformasi sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya pada saat kita menggeser benda dari satu tempat ke tempat lain, atau pada saat kita bercermin. Transformasi juga bisa muncul dari proses atau pola benda-benda di sekitar kita, misalnya proses perputaran jarum jam serta pola sayap sebelah kiri dan kanan pada kupu-kupu.

Transformasi geometri merupakan perubahan suatu bidang geometri yang meliputi posisi, besar dan bentuknya sendiri. Jika hasil transformasi kongruen dengan bangunan yang ditranformasikan, maka disebut transformasi isometri. Transformasi isometri sendiri memiliki dua jenisya itu transformasi isometri langsung dan transformasi isometri berhadapan. Transformasi isometri langsung termasuk translasi dan rotasi, sedangkan transformasi isometri berhadapan termasuk refleksi.

Pencerminan (Refleksi)

Refleksi merupakan transformasi geometri berupa pergeseran atau pemindahan semua titik pada bidang geometri kearah sebuah garis atau cermin dengan jarak sama dengan dua kali jarak titik kecermin. Ada dua sifat penting dalam refleksi:

  • Jarak titik kecermin sama dengan jarak bayangan titik ke cermin.
  • Geometri yang direfleksikan berhadapan dengan petanya.

Contoh :

Refleksi atau pencerminan merupakan salah satu jenis transformasi yang memindahkan setiap titik pada suatu bidang (atau bangun geometri) dengan menggunakan sifat benda dan bayangannya pada cermin datar. Perhatikan gambar di bawah. Apakah kamu ingat saat bercermin?

Pada saat mendekati cermin, tampak bayanganmu juga akan mendekati cermin. Ketika kamu bergerak menjauhi cermin, bayanganmu juga akan menjauhi cermin.

Lihat video berikut : video1, video2, video3

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *