Bilangan Bulat

BILANGAN BULAT

  • 1. Mengenal Bilangan Bulat

Bilangan merupakan bilangan yang terdiri dari bilangan cacah dan negatifnya. Yang termasuk dalam bilangan cacah yaitu 0,1,2,3,4… sehingga negatif dari bilangan cacah yaitu -1, -2, -3, -4…  dalam hal ini -0 = 0 maka tidak dimasukkan lagi secara terpisah.

Bilangan bulat dapat dituliskan tanpa menggunakan komponen desimal atau pecahan.

Bilangan bulat terdiri dari

a. bilangan asli: 1, 2, 3, …

b. bilangan nol: 0

c. bilangan negatif: …, -3, -2, -1

Bilangan Bulat dinotasikan dengan: B = {…, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, …}

Lihat video berikut

 

  • 2. Mengenal Bilangan Desimal

Bilangan desimal adalah bilangan yang terdiri dari bilangan bulat dan bilangan pecahan, yang dalam penulisannya antara bilangan bulat dan pecahan dipisahkan dengan tanda koma, yang disebut dengan koma desimal.

Pada bilangan bulat kita mengenal istilah bilangan ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan. Namun, bilangan tersebut masih dapat berlanjut pada angka yang lebih kecil, yakni persepuluhan, perseratusan, perseribuan, dan seterusnya. Pada bilangan desimal, bagian yang nilainya lebih kecil dari bilangan satuan diletakan disebelah kanan tanda koma, dengan ketentuan bahwa bilangan yang berada di sebelah kanan desimal merupakan bilangan persepuluhan, dan setiap bilangan yang berada disebelah kanannya menjadi sepersepuluhan lebih kecil dari sebelumnya.

 

  • 3. Operasi pada Bilangan Bulat

latihan bilangan bulat 1 uraian

  • 4. Sifat-sifat Operasi pada Bilangan Bulat

  • KPK dan FPB