Filsafat

Kata yang satu ini kerap membuat takut seseorang. Sebagian yang lain berujar itu kan pekerjaan orang lain aja. Tak perlu digagas. Padahal akar katanya dari filo ama sofia. Filo berarti cinta, sofia dimaksudkan bijaksana. Di lahan yang lain, ada yang menamakan ingin mengetahui secara mendalam, atawa cinta kepada kebijaksanaan. Itu menurut batasan arti kata. Kalau batasan makna, wah…. Luas sekali. Bagi kamu yang ngebet banget ama grup SO7 tentu hafal dengan salah satu lagunya sephia. Nadanya begitu mendayu-dayu, harmoninya selaras nian, penjiwaannya yahud, cintanya demikian menggelora.

Saat kamu ngobrol ama temen, atau kala sohibmu curhat. Dapat dipastikan kamu mengeluarkan jurus-jurus dengan kata yang menenteramkan, menyejukkan. Nah…. Saat itu sebenarnya kamu sedang berfilsafat. Secara praktis, berfilasafat itu adalah bagaimana suasana menjadi seimbang, menyenangkan. Bukan dalam arti menekuk-nekuk logika, yang keliatan sok canggih. Tidak pula dalam arti kata semakin rumit susunan kalimat, semakin hebat, cara berfilsafat. Menurutku itu salah. Salah persepsi. Buat apa kita belajar sesuatu, semakin mendalam malah tidak menambah pengetahuan.

Manusia berusaha mengetahui sesuatu, bila keinginannya tercapai maka puaslah ia. Sejak kecil, jika ingin bicara, gejala ingin tahu nampak sekali. Karena muncullah bermacam-macam pertanyaan: apa ini? Apa itu? Mengapa demikian? Mengapa begitu dst. Makin berkembang, maka makin banyak yang ditanyakan. Tidak sekedar tahu aja apa yang ia ketahui, akan tetapi ia ingin tahu yang benar.

Orang yang tahu, disebut mempunyai pengetahuan.  Melalui inderanya ia kenal hal-hal di dunia sekitarnya, ia tahu terbit dan tenggelamnya matahari, ia ngerti kenapa kincir angin bisa berputar, ia bisa membedakan musim hujan dan kemarau. Intinya, ia tahu akan hal-hal yang berubah-ubah, bergerak dll. Setelah ia mengetahui bahwa susuatu bisa bergerak, berikutnya ia dapat dipastikan ingin mengetahui hukum atau aturan yang menyertai susuatu itu. Sebagai contoh. Bila benda dipanasi maka akan memuai, bila didinginkan akan menyusut, dan seterusnya