Histrionic

Apakah pembaca pernah menjumpai teman yang sering merasa ingin selalu menjadi pusat perhatian? Si Dia, dengan segala cara, gemar memperlihatkan perilaku untuk menjadi pribadi yang tenar? Atau mungkin pembaca sendiri selalu genit kepada orang lain, apalagi kawan sendiri.

Ingin selalu menjadi pusat perhatian, senang mendramatisir keadaan yang sebenarnya, berperilaku genit atau melebih-lebihkan, sok akrab merupakan penyakit kepribadian. Para ahli menyebut Histrionic, yaitu gangguan yang membuat penderitanya senang atau menjadi sorotan bak selebriti.

Histrionic sendiri memiliki arti dramatis atau teatrikal. Kepribadian ini masuk katagori cendrung memiliki emosi yang tidak stabil, disertai dengan citra diri yang memutar balikkan fakta. Kepercayaan dirinya bergantung dari persetujuan orang lain dan tidak datang dari diri sendiri.

Gangguan kepribadian ini terbilang sulit untuk didiagnosis karena kebanyakan orang merasa tidak ada masalah tentang perilaku dan cara berpikirnya. Saat mendapatkan bantuan, seringnya disebabkan kecemasan atau depresi akibat gangguan mental yang diidapnya, sehingga masalah utamanya tidak teratasi.

Penyakit psikologi seperti ini sering menyerang pada masa remaja atau fase dewasa muda.

Penyebab utamanya belum ditemukan secara ilmiah. Namun faktor keturunan, pengaruh lingkungan, mengalami trauma pada masa kecil dan pola asuh yang salah, sangat besar kontribusinya.