Katana

Masih ingat, saat Tom Cruise memerankan kapten Nathan Algren dalam film “Last Samurai”? Dengan piawai, dia seakan benar-benar menjadi samurai yang hidup pada masa Meiji tahun 1876 – 1877. Kala itu, Kaisar dengan tangan terbuka menerima kebudayaan yang dibawa Amerika, yang mengusung modernitas. Namun, di kalangan samurai menolak. Akhirnya, perang saudara tak terhindarkan dengan kemenangan di pihak samurai. Kaisar, dengan sikap ksatria menerima masukan samurai.

Jimat apa yang dibawa oleh samurai, sehingga mampu menumpas senjata modern Amerika. Pertama dan utama tentu saja rasa memiliki tanah air. Samurai dikenal sebagai prajurit yang cinta tanah air harga mati. Lebih baik nyawa melayang dibandingkan dengan segenggam tanah tapi diinjak orang asing.

Kedua, senjata. Orang Jepang memiliki Nihonto (senjata) yang sangat digdaya. Salah satunya adalah Katana. Senjata ini dibikin dari besi Tamahagane. Logam yang terkenal liat tapi sangat keras. Proses pembuatannya hatidak hanya sehari atau dua hari, namun dapat berminggu-minggu bahkan bulanan. Hal ini dikarenakan proses penempaan besinya yang lama.

Pemerhati sejarah Barat mengatakan, bahwa katana Jepang adalah salah satu senjata pemotong terbaik dalam sejarah militer dunia. Hal inilah yang membuat katana masih dikagumi dan dihormati sampai hari ini.