Laut Mati

Laut mati merupakan titik terendah di permukaan bumi, yaitu berada sekitar 430,5 meter di bawah permukaan air laut. Laut mati, sering disebut juga: Laut Lot, Laut Garam, Laut Timur, Laut Arava, Laut Zoar atau Laut Asphaltites. Ada tujuh nama, orang menyebut nama Laut Mati. Mungkin, karena Laut Mati menyimpan sejumlah sejarah, legenda ataupun mitos bagi yang telah bersama hidup dengan Laut Mati. 

Laut Mati sebenarnya bukanlah air laut, tetapi sebuah danau yang dikelilingi daratan Israel, Palestina dan Yordania. Menyebut tiga negara tersebut, saat ini dapat menimbulkan bulu kuduk berdiri. Ketiga negara tersebu, sampai sekarang masih beradu konflik dan saling mengklaim sebagai tanah leluhur, terutama tanah Palestina. 

Kadar garam Laut Mati tertinggi di muka bumi ini. Airnya begitu padat, sehingga kalau ada orang berenang, tidak akan dapat tenggelam. Bila dibandingkan dengan Laut Tengah yang kadar garamnya hanya sekitar 3,5 %, maka kadar garam Laut Mati dapat mencapai 34 persen. Hampir sepuluh kali lipat.

Ada sebuah cerita cukup menarik, yang terkait dengan Laut Mati, yang terhubung juga dengan nabi utusan Allah. Diceritakan, dahulu kala, Nabi Luth AS telah memberi bimbingan kepada kaum Sodom, agar mengakhiri kehidupan yang menyimpang. Sekarang sering disebut LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender). Ajakan Nabi Luth tak pernah diindahkan, bahkan mereka melawan arahan dari Nabi Luth. 

Akibat perbuatannya yang melampaui batas, kaum Nabi Luth mendapat azab yang dahsyat. Allah Ta’ala membalikkan tanah yang berada di negeri itu sehingga tanah yang berada paling bawah terbalik menjadi berada di paling atas. 

Para ulama mengatakan, lima desa itu diangkat ke langit dunia kemudian dilempar batu. Sehingga meninggalkan Itulah azab yang diberikan Allah akibat perbuatan keji tersebut, tempat kaum Nabi Luth ini adalah Laut Mati.