Mengenalkan Tata Kelola Keuangan

Yogyakarta yang semalam diguyur hujan. Beberapa celah jalan tergenang air yang menimbulkan sedikit banjir. Sebaliknya pagi ini, matahari begitu bersahabat. Jogja yang beberapa hari silam disengat panas, membuat aktifitas masyarakat agak tersendat. Kemalasan terlihat disana-sini utamanya di pojok-pojok kerumunan. Hanya orang tertentu saja yang masih menggeliat, sibuk dengan pekerjaannya dan tak menghiraukan cuaca.

Aktifitas keluarga besar SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta (SMP Moepat) sibuk dengan kegiatan market day. Pelaksanaan market day kali pertama diselenggarakan, dan akan dibuat even untuk tahun-tahun mendatang, pada akhirnya melibatkan orang tua juga. Keterlibatan keluarga turut membantu kemeriahan market day.

Pencanangan market day tak lepas dari gelegat ekonomi Negara. Banyak informasi dan juga petuah-petuah dari keberhasilan seseorang dalam bidang ekonomi. Akhirnya gelora enterprenership berimbas juga ke bidang pendidikan. Tak dipungkiri, bila terbitan buku kesuksesan yang mencapai seseorang sehingga mencapai taraf booming, turut member andil dalam pengambilan keputusan di pendidikan. Sebut saja Dahlan Iskan, Chairul Tanjung, Jusuf Kala dll.

Disamping itu, acara-acara infotainment yang digelar beberapa stasiun televisi turut mengangkat hasrat orang lain untuk melakukan usaha. Bukan saja dari angkatan yang sudah tua, namun keberhasilan kawula muda semakin mendapat gairah untuk segera melakukan bisnis. Sudah banyak kalangan dari usia dini telah berhasil dan mengispirasi untuk melakukan ekspansi usaha.

Market day bukalah kegiatan utama dalam pendidikan di sekolah kami. Bimbingan karakter serta prestasi dalam bidang akademik menjadi prioritas utama. Market day bisa dikatakan sebagai pemicu dan penanaman wawasan dalam menghadapi masa depan. Enterprenuer dalam arti yang luas tetaplah harus dikenalkan, tapi bukan yang utama, agar tujuan pendidikan di sekolah dapat dicapai.

Disamping market day, Try Out jelang ujian SD juga dipadu padankan. Seputar 400 siswa kelas 6 yang tersebar dari berbagai Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah turut mengambil bagian dari kegiatan ini. Buakan tanpa sebab bila try out semacam ini dilaksanakan oleh sekolah lain. Sebab, untuk memasuki jenjang ke SMP di lingkungan kota Yogyakarta semakin ketat.