Mengendalikan Diri

Jum’at Berkah

Ciri terpenting kemerdekaan adalah lepas dari ketergantungan pada apapun yang ada di luar dan bergantung pada diri sendiri. Benar Anda mandiri secara fisik tetapi belum tentu secara mental dan emosional.  Ada cerita menarik tentang tukang sulap yang bisa menyulap anda menjadi orang yang ia inginkan. Ia mengucapkan mantra tertentu dan sekejap Anda menjadi senang dan bahagia. Iya bisa juga mengucapkan mantra menjadi sedih dan gundah gulana pesulap seperti ini ada di sekitar Anda Persoalannya Andalah yang mengijinkan mereka untuk untuk menjadi pesulap Andalah yang mengizinkan mereka mengendalikan Anda.

Begitu ada orang memuji Anda senang dan Bahagia. Tetapi begitu dikritik kita tersinggung.  Begitu ada yang mencaci, kita sedih sepanjang hari. Begitu orang membantah kita marah dan sakit hati itu artinya Anda mengizinkan orang lain menentukan apa yang Anda rasakan. Kan anda memberikan orang lain membawa remote control dan menekan control sekehendak hati dengan demikian orang lain menentukan apakah Anda bahagia atau gundah gulana.

Yang perlu dicermati ketergantungan dan kelekatan pada segala yang Anda miliki, kita sering bahagia karena memiliki harta rumah mobil dan sebagainya. Tapi Anda lupa bahwa apapun yang Anda miliki bisa hilang dalam sekejap. Lantas apa yang akan menjadi apa yang akan terjadi kalau manusia itu hilang. Anda dapat putus asa dan kehilangan pegangan. Jangan lupa bahwa kita ini hanyalah milik Allah karena semuanya bisa hilang. Kalau yang memiliki memintanya memintanya Kembali.

Oleh karena itu jangan pernah menggantungkan diri pada apa yang anda miliki. Ini tidaklah berarti bahwa berarti bahwa Anda tak perlu mencintai apa yang dimiliki. Silakan terus mencintai harta benda pasangan anak keluarga tapi jangan sampai kebahagiaan bahagiaan mengganggu kehidupan Anda. Apa yang Anda miliki penting tapi kalau pun hilang itu sama sekali tak mengganggu kebahagiaan

Begitu juga dengan peran-peran yang kita miliki menjadi direktur, pejabat, manajer dan lain-lain suatu ketika ia akan hilang dari diri Anda. Jadi jangan pernah mengidentifikasi diri dengan peran-peran Anda kalau orang yang mengkritik peran Anda biarkan. Kelak suatu Ketika akan kelihatan dengan sendirinya. Yang perlu diperhatikan adalah kebergantungan Anda pada konsep pemahaman asumsi dan paradigma. Sebagai kebenaran kadang-kadang konsep itu dipaksakan begitu saja atau orang-orang ini bagaikan robot yang melakukan segala sesuatu tanpa disadari.

Ketergantungan pada perasaan apakah yang mengendalikan perasaan ataukah perasaan kah yang mengendalikan Anda. Kemerdekaan berarti kemampuan Anda mengendalikan perasaan terutama perasaan rasa takut karena rasa takut sebagai sumber segala bencana di dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published.