Menjaring Tenaga Profesional

Anda diberi amanah untuk menjadi seorang manajer. Anggaplah Anda akan membangun sebuah team work yang solid. Tim ini direncanakan untuk melaksanakan program yang telah dicanangkan, dan akan menuju titik sasaran. Sebuah perjalanan yang tidak biasa, tapi perjalanan yang akan dilewati, memerlukan proses yang unggul di setiap lini. Sehingga hasil yang dicapai, bukan saja memproduksi barang yang biasa, namun hasil produk yang memiliki nilai lebih bila dibandingkan dengan produk lain yang sejenis.

Anggaplah perencanaan, sarana dan finansial (yang cukup, tidak berlebihan) telah siap digunakan. Pembaca hanya diberi keleluasaan untuk mendapatkan sumber daya manusia. SDM pun juga sudah siap untuk menjadi team work. Berarti kejelian Anda sebagai seorang menajer untuk memilih orang yang tepat sesuai dengan kebutuhan pekerjaan.

Berikut ini ada 7 macam bidang profesi, yang bisa dijadikan referensi untuk mendapatkan SDM yang unggul

Number Aptitude

Tipe manusia model ini adalah mereka yang memiliki kemampuan hitung yang cepat tanpa menggunakan alat bantu. Baginya angka seperti oksigen untuk bernafas. Kemampuan mengelola numerik diatas rata-rata. Akuntan adalah tipe orang yang memiliki kemampuan number aptitude.

Verbal Comprehenship

Manajer, jurnalis, pengambil keputusan, penerjemah adalah beberapa contoh orang dengan kemampuan mengidentifikasi hal-hal yang dibaca, didengar dan menghubungkan antar kata. Kemampuan ini bisa ujudkan lewat kata-kata ataupun tulisan tangan.

Perceptual Speed

Orang yang mampu mengetahui persamaan sekaligus perbedaan suatu obyek secara cepat dan tepat, orang itu digolongkan pada kemampuan inductive reason. Secara teknis golongan ini termasuk diantaranya : jaksa, penyidik, juru taksir. Mereka mampu mengidentifikasi sebuah obyek dengan cara melakukan perbandingan dengan obyek lain.

Inductive Reason

Deductive reason adalah kemampuan berfikir logis dalam menemukan dan memecahkan masalah. Kemampuan ini bisa mengungkap lewat media fakta, kasus, kejadian ataupun pengalaman. Sesuai dengan keahliannya, orang yang masuk katagori ini seperti : peneliti, analis kebutuhan dan penyediaan.

Deductive Reason

Kemampuan untuk menggunakan logika dalam memecahkan masalah atau untuk membuat argumen dalam berpendapat dan memecahkan masalah. Kerangka kerjanya berdasarkan teori atau hukum yang telah diyakini kebenarannya. Orang yang masuk rahan ini seperti : supervisor, analis, teoritis.

Spatial Visualization

Dekorator, seniman instalasi, arsitek, seni bangunan adalah orang yang dapat dikatagorikan dengan kemampuan spatial visualization. Daya imajinasi yang kuat untuk menata posisi obyek dalam sebuah ruang tertentu, sehingga enak dipandang dan menyenangkan.

Memory

Sesuai dengan namanya. Ingatan. Kemampuan untuk mengingat-ingat dalam masa tertentu. Orang jenis ini memiliki daya ingat diatas rata-rata. Bahkan sampai detil peristiwa, ia paham. Ahli sejarah, penyimpan dokumen, sekretaris adalah orang yang tergolong memiliki memori yang tajam.