Mukjizat Nabi Isa

Jum’at Berkah

Secara bahasa mukjizat berasal dari kata mukjiz yang berarti melemahkan atau mengalahkan. Mukjizat berarti kejadian yang luar biasa dan terjadi pada diri Nabi atau Rasulullah. Pengertian mukjizat itu diberikan oleh Allah kepada orang-orang yang dipilih dan ditetapkan oleh-Nya menjadi Nabi dan Rasulnya. Sejak mereka diangkat menjadi Nabi dan Rasul sampai mereka wafat, kecuali sebagian mukjizat Nabi Muhammad yang berlaku sampai akhir zaman.

Bagi umat muslim, mempercayai pengertian mukjizat yang terjadi pada para Nabi dan Rasul merupakan kewajiban. Itu adalah bagian dari Iman seorang muslim. Sesungguhnya seorang Nabi dan Rasul pun tidak bisa menampakkan mukjizat tanpa izin dari Allah SWT.

Tujuan dan manfaat diberikannya mukjizat kepada Nabi dan Rasul adalah untuk menguatkan seruan dan pendakwaan mereka membawa agama Allah SWT. Diperuntukkan kepada umat mereka masing-masing, terutama orang yang belum atau tidak percaya terhadap kenabian dan kerasulan mereka.

Selain itu, adanya mukjizat adalah untuk menebalkan kepercayaan dan meneguhkan keyakinan orang-orang yang telah percaya. Sedemikian hebat keberadaan mukjizat untuk hidup beragama.

Ciri-ciri dari mukjizat sebagai berikut:

  • Mukjizat hanya diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi atau Rasulnya
  • Mukjizat adalah kejadian di luar batas kemampuan manusia
  • Mukjizat merupakan bukti atas kekuasaan Allah SWT
  • Mukjizat adalah bukti kenabian maupun kerasulan
  • Mukjizat bertujuan untuk memperlemah orang kafir atau menjadi jalan keluar permasalahan bagi kaum muslimin.

Berikut ini mukjizat yang diberikan kepada Nabi Isa a.s.

  1. Lahir tanpa adanya seorang ayah
  2. Dapat berbicara sewaktu masih bayi, untuk menerangkan bahwa ia seorang nabi yang diutus untuk bani Israil
  3. Dapat mengetahui Taurat asli Musa, yang disembunyikan dan telah mengalami banyak perubahan yang dilakukan oleh orang-orang cerdik dari kaum Yahudi
  4. Membentuk tanah seperti burung kemudian meniupkan roh, lalu tanah itu menjadi burung
  5. Menyembuhkan orang buta
  6. Menyembuhkan orang yang berpenyakit sopak Menghidupkan kembali yang telah mati
  7. Diberi kemampuan untuk melihat hal-hal yang ghaib melalui panca inderanya meskipun ia tidak menyaksikannya secara langsung
  8. Menurunkan makanan dari langit karena permintaan Hawariyun