Penyembuhan diri atau Healing

  • Apakah Anda sering kali merasakan seperti ini?
  • Sering kebingungan dan sulit berkonsentrasi, mudah marah dan mengalami perubahan suasana hati.
  • Merasa tak berdaya dan sedih.
  • Kehilangan semangat dan merasa banyak kekurang dan kesepian.
  • Sering merasakan kecemasan yang menganggu aktivitas sehari-hari. Cenderung terjebak dalam pemikiran negative.
  • Kesulitan bersimpati dan menunjukkan kepercayaan terhadap orang lain.
  • Sering tersulut emosi bila melakuakan kontak dengan orang lain.

Dalam batas tertentu adalah kewajaran. Karena hati itu adalah Qolbun (yang artinya bolak-balik). Namun bila frekwensinya meningkat maka gejala penyakit hati segera menyerang. Itu tanda-tanda stress telah menghinggap. Maka, bila Anda mengalami yang demikian itu, sebaiknya segera healing.

Healing adalah bahasa gaul yang artinya penyembuhan atau pengobatan. Penyembuhan yang merujuk pada pengobatan secara psikologis dengan berbagai cara yang dapat menyenangkan dirinya sendiri. Misalnya melakukan olah raga ringan, jalan santai, gowes atau berwisata.

Pada saat merasa jenuh, sedih ataupun terpuruk biasanya seseorang melakukan istirahat atau beraktivitas untuk melupakan pikiran, agar menjadi tenang dan segar kembali. Tiap orang, melakukan healing berbeda-beda. Ada yang cukup ngobrol dengan sahabat disebuah tempat terbuka. Ada yang pergi berolah raga, menguras energi dengan harapan berbagai macama masalah yang melekat dalam pikiran ikut hanyut dibawa keringat.

Apa sebenarnya tujuan healing.

Pertama, sejenak melupakan aktivitas rutin yang mengendap dalam pikiran sehingga hati akan kembali riang. Setelah agak fresh, melakukan pekerjaan dengan penuh semangat karena gembira.

Kedua, belajar mengatasi dan menyesuaikan reaksi emosiaonal. Mengelola pikiran perlu belajar. Tingkat kerunyaman pikiran harus diurai kembali mulai dari yang ringan hingga yang berat. Mengontrol emosi, dilakukan dengan tahapan-tahapan tertentu dan membutuhkan jaringan yang tepat.

Ketiga, Meningkatkan kekebalan tubuh dan kualitas tidur. Kekebalan tubuh tidak harus berupa obat atau vitamin. Ungkapan hati yang gembira adalah obat, sangat tepat. Menyembukan diri sendiri dengan healing perlu dilakukan secara rutin, agar dalam melakukan aktivitas dalam keadaan bugar.