Peranan Admin dalam Pengelolaan Webside

Beberapa waktu lalu, sebuah situs Pendidikan Kembali kecolongan konten gambar dewasa. Tanpa sengaja seseorang kebetulan akan mencari bahan pembelajaran. Ketemulah situs tersebut. Betapa kagetnya, ternyata di halaman tertentu muncul gambar yang tak layak dilihat. Anehnya lagi, gambar itu di share diberbagai media sosial. Jadilah viral, sampai di WAG MGMP Matematika Kota Yogyakarta.

Sebagaimana biasanya, apabila ada yang aneh maka ramailah grup itu. Ada yang menyayangkan mengapa web berbasis Pendidikan dapat kemasukan iklan rendahan. Menghakimi tanpa mengetahui permasalahan. Ada pula yang menganalisa bahwa situs tersebut terkena virus. Beberapa orang mencoba menerawang, bahwa web tersebut kena hack.

Hacker atau peretas adalah orang yang ahli komputer dan trampil secara teknis untuk mengatasi masalah. Peretas ini lebih merujuk pada pragramer. Jadi sesungguhnya hacker ini adalah mereka yang terampil dalam bidang pemrograman. Namun dalam perjalanan, istilah hacker dianggap sebagai orang yang mengganggu program komputer orang lain.

Motifnya bermacam-macam. Dari mengganggu atau usil sampai kepada pembobolan keuangan perorangan maupun perusahaan. Masih ingatkah web Departemen Pertahanan dan Keamanan pernah kena Hack? Atau belum lama ini Bank Republik Indonesia (BRI) pernah kacau. Secara tiba-tiba saldo penabung membumbung sangat tinggi, atau berkurang banyak.

Perlu diketahui pembaca bahwa setiap menit ada sekitar 90 ribu serangan hacker ke wordPress. Itu baru WordPress. Padahal ada banyak penyedia platform sejenis. Seperti blogspot, wix, dan lain-lain.

Bagimana cara mengamankan web baik pribadi maupun kelembagaan agar terhindar serangan hack secara bertubi-tubi? Sebab ancaman terhadap dunia cyber terkadang sulit dikendalikan. Bahkan, kini hacker mulai menggunakan cara-cara baru untuk membajak website agar tak disadari oleh pemiliknya dan penggunanya.

Cara sederhana berikut ini mudah-mudahan sedikit membantu, minimal pertahanan web terhadap serangan hacker: Melakukan backup data sesering mungkin, Menggunakan firewall, Menggunakan protocol Secure Socket Layer (SSL), Selalu update software dan aplikasinya, dan memilih penyedia layanan cloud hosting yang terpercaya.

Cara-cara tersebut di atas masih bersifat software. Akan lebih aman bila memiliki admin yang handal. Admin adalah orang yang memiliki pekerjaan mengelola dan mengoperasikan segala kegiatan administratif yang berbasis internet. Ada tugas amat berat yang dipikul oleh seorang admin, yaitu menjaga kerahasiaan data.

Tugas ini tak hanya menuntut komitmen dan integritas pada sebuah pekerjaan. Seorang admin harus memiliki kepekaan terhadap perkembangan dunia digital, yang hampir setiap hari selalu berubah. Seorang admin tidak boleh ditugasi sambilan. Ia harus penuh konsentrasi pada bagian yang telah ditentukan.

Sedemikian penting tugas seorang admin, sudahkah pembaca menempatkan admin di tempat yang semestinya? Sudah layakkah pemberian jasa kepada seorang admin?