Perbedaan Kurikulum Pendidikan Indonesia dan Kurikulum Pendidikan Belanda (4)

Oleh Ponco Handayawati

Sistem pendidikan yang diterapkan di Belanda berbeda dengan sistem yang diterapkan di Asia dan sebagian besar di wilayah Eropa. Hal ini berarti sistem pendidikan di Belanda saat ini memiliki banyak perbedaan dengan kurikulum pendidikan Indonesia. Sistem pendidikan ini hampir sama dengan sistem yang diterapkan di Jerman dan Swedia. Hal yang paling menonjol dari sistem pendidikan di Belanda adalah program penjurusan yang sudah dimulai sejak dari tingkat pendidikan dasar. Program penjurusan ini mempertimbangkan minat dan kemampuan akademis siswa yang bersangkutan.

Kategori program penjurusan di Belanda yaitu : pendidikan tingkat dasar dan lanjutan (primary en secondary education), pendidikan tingkat menengah kejuruan (senior secondary vocational education and training), dan pendidikan tingkat tinggi (higher education). Setiap jenjang pendidikan memiliki program penjurusan yang berbeda. Hal ini disesuaikan dengan usia dan minat peserta didik pada setiap jenjang pendidikan tersebut.

Pendidikan tingkat dasar di Belanda dimulai sejak peserta didik berusia 5 tahun dan berlangsung selama kurang lebih 8 tahun (7 tahun di antaranya merupakan wajib belajar). Pada tahun terakhir para peserta didik sudah dianjurkan untuk memilih pendidikan lanjutan yang akan mereka jalani. Pendidikan lanjutan dimulai sejak peserta didik berumur 12 tahun dan diwajibkan sampai umur 16 tahun. Pendidikan lanjutan ini diberikan dalam beberapa tingkatan: VMBO program (4 tahun) memberikan pendidikan yang merupakan gabungan dari pendidikan umum dan kejuruan.

Peserta didik dari pendidikan lanjutan tersebut bisa melanjutkan ke pendidikan tingkat menengah kejuruan (senior secondary vocational education and training). Sedangkan 2 jenis tingkat pendidikan yang memberikan akses langsung ke sistem pendidikan tingkat tinggi (higher education) adalah HAVO (5 tahun) dan VWO (6 tahun) yang merupakan pendidikan selektif. Peserta didik yang lulus dari VWO bisa mendapatkan akses langsung ke universitas, sedangkan lulusan HAVO bisa mendapatkan akses langsung ke HBO (hogeschool/universities of profesional education). Dua tahun terakhir di HAVO atau tiga tahun terakhir di VWO merupakan tahun penjurusan untuk memilih bidang pilihan mereka. Pada program penjurusan ini mereka dapat memilih satu di antara empat jurusan yaitu: science and technology (ilmu teknologi/fisika), science and health (ilmu kesehatan), economic and society (sosial ekonomi), dan culture and society (sosial dan budaya)

Pendidikan tingkat menengah kejuruan dikenal dengan tingkatan MBO (4 tahun) mempunyai beberapa program jurusan, antara lain: ekonomi, teknik, kesehatan, perawatan diri, kesejahteraan, dan pertanian. Program MBO diberikan dalam 4 tingkatan (1-4 tahun) dan hanya lulusan dari tingkat 4 MBO saja yang dapat memiliki akses ke HBO.
Pendidikan tingkat tinggi (higher education) Pendidikan tingkat tinggi di Belanda terdiri atas 2 bagian, yaitu HBO (hogeschool/universities of profesional education) dan WO (research universities). (bersambung)