Radio

Di tahun 1873, andai James Clerk Maxwell tidak menulis perambatan gelombang elektromagnetik, mungkin kita tidak mengenal radio. Teori tentang dinamika medan. Radio yang ditemukan saat itu adalah teknologi untuk mengirim sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik, atau gelombang elektromagnetik. Gelombang ini merambat, dari satu tempat ke tempat yang lain atas bantuan udara. Heinrich Rudolf Hertz membuktikan teori Maxwell pada tahun 1865, untuk menguatkan bahwa udara dapat difungsikan sebagai jalan untuk transportasi.

Sedangkan istilah radio siaran atau siaran radio menitik beratkan pada penyampaian informasi kepada masyarakat yang beruapa suara satu arah. Memanfaatkan gelombang radio sebagai medianya. Melalui radio siaran suatu komunikasi yang akan disampaikan oleh komunikator kepada khalayak, dapat berlangsung dalam waktu yang singkat. Komunikan akan menerima komunikasi secara bersamaan walaupun di tempat yang berbeda dan terpencar.

Gelombang radio digunakan untuk memancarkan siaran berita atau sebagai sarana informasi, atau gelombang radio Ini menjadi bukti bahwa teknologi dengan ditemukannya radio memberi berbagai manfaat dan keguanaan hingga saat ini. Misalnya, gelombang radio untuk memancarkan siaran berita atau gelombang radio yang digunakan untuk menyambungkan percakapan antara dua orang. Atau juga untuk alat microwave dan keperluan radar GPS (Global Positioning System).