Sapi

Sapi atau lembu termasuk dalam keluarga famili Bovidae dan subfamily Bovinae. Hewan ini dipelihara untuk dimanfaatkan tenaga, susu, dan daging. Semua yang melekat pada sapi dapat dimanfaatkan untuk keperluan manusia. Kulit, jeroan, tanduk bahkan air seni dan kotorannya. Sapi dapat berlari sampai dengan 40 km/jam, kecuali di Madura yang dapat melaju cepat untuk keperluan karapan sapi

Beberapa komunitas, sapi sebagai simbul masyarakat atau simbol agama. Agama Hindu terutama di India, Sapi betina dilambangkan sebagai Ibu, kemudian dilambangkan juga sebagai kemakmuran (bumi) dan ibu dari segala ternak, demikian kitab suci Weda mengabarkan. Konflik yang belum berkesudahan antara India dan Pakistan, antara lain karena masalah sapi.

Masyarakat Bali yang mayoritas menganut agama Hindu tidak menyembelih Sapi, karena sapi merupakan hwean suci atau kendaraan Dewa Siwa. Sebagai gantinya, masyarakat memilih hewan seperti babi, ayam dan hewan laut. Kesakralan sapi di Bali untuk meningkatkan sradha (keimanan dan keyakinan), menumbuh-kembangkan dan tetap terpeliharanya nilai seni dan budaya, serta memupuk rasa kebersamaan di kalangan umat Hindu.