Teman Setia

Ramadhan 1443 H – Hari Keempatbelas

Mencari teman memang mudah
Pabila untuk teman suka
Mencari teman tidak mudah
Pabila untuk teman duka
Banyak teman di meja makan
Teman waktu kita jaya
Tetapi di pintu penjara
Disana teman tiada
Mencari teman memang mudah
Pabila untuk teman suka

Mencari teman tidak mudah
Pabila untuk teman duka

Rhoma Irama

Teman adalah seseorang yang sangat dekat dan selalu ada ketika suka maupun duka. Teman bukan hanya dekat secara fisik, namun dia tahu keinginan kita, mengerti keluhan kita. Meskipun jarak memisahkan, teman sejati selalu ingat dan mendoakan yang terbaik buat sahabatnya.

Hadirnya seorang teman selalu memberi ketenangan, seakan hidup lebih indah. Sahabat Ali bin Abi Thalib pernah mengakatan “Manusia yang paling lemah adalah orang yang tidak mempu mencari teman. Namun yang lebih lemah dari itu adalah orang yang mendapatkan banyak teman tetapi menyia-nyiakannya”.

Jika sudah memiliki teman yang telah memercayaimu, maka jangan sampai mencederai kepercayaan terhadapmu. Karena teman yang baik tidak dapat dibeli dengan harga seberapapun. Seleksi untuk memilih teman adalah tindakan bijaksana. Jangan sampai punya teman, tapi malah justru menyengsarakan. Rambu-rambu berikut sangat bermanfaat bila akan bersahabat sejati dengan teman.

Orang yang pitar dan berani mengoreksi kesalahan kita. Orang yang senantiasa melakukan standar perilaku agama dan masyarakat. Hidup dituntun oleh kitab dan rambu-rambu kebijakan daerah setempat. Apabila tidak diingatkan oleh orang lain, penyakit ujub mulai kambuh. Padahal tanpa disadari banyak kesalahan yang dilakukan. Beruntung memiliki teman seperti ini.

Rendah hati dan tidak takabbur. Sikap rendah hati dan lemah lembut kepada kawan akan melanggengkan pergaulan dan menguatkan ikatan persahabatan. Sedangkan sikap takabbur, angkuh dan tinggi hati akan menyebabkan keretakan dan menjadi pertanda lepasnya ikatan persahabatan.

Saling menopang dalam segi apapun. Bersahabat tidak hanya berta’aruf. Lebih dari itu, yaitu meraih takafful. Bersahabat tidak cuma saling kenal, saling memperhatikan. Apabila salah satu sedang merasa kesulitan ekonomi, maka temannya akan berbagi. Perilaku ini telah dicontohkan oleh Rasulullah saw. Beliau tak segan turun tangan secara langsung untuk membantu teman yang sedang kekurangan.

Bermanis muka dan bersikap lemah lembut terhadap semua makhlukNya. Binatangpun memiliki perasaan. Bahkan ada beberapa hewan perasaanya sangat halus. Seorang kawan akan selalu bermuka manis, ibarat menyebar kedamaian. Berita yang disampaikan pastilah kabar gembira. Orang yang lemah lembut adalah orang yang pandai menyimpan informasi jika sekiranya yang akan mendengarkan akan merasa terganggu.